Review serum Mayra Organik apakah aman sudah BPOM?

Apakah serum Mayra organik aman dan sudah BPOM? Apa perbedaan serum Mayra asli dan palsu? Salah satu merk serum wajah yang cukup menarik perhatian pengguna skincare yaitu Mayra. Sebagai produk baru, sangat wajar apabila banyak yang bertanya tentang produk ini, baikĀ  soal keamanannya, nomor BPOM, produk dari mana, komposisi, cara pakai, hingga efek samping serum ini.

Maraknya skincare pemutih kulit
Ada yang bilang kalau cantik itu tak harus putih. Memang ada benarnya, tapi banyak yang ingin punya kulit putih, agar tampak lebih cantik. Adanya stereotip ini membuat berbagai skincare pemutih kulit laris di pasaran. Baik itu skincare lokal, maupun skincare impor, misalnya dari Korea. Skincare asal Korea menjadi favorit banyak pengguna skincare di Indonesia.

Akan tetapi, tak semua tujuan penggunaan skincare itu untuk memutihkan kulit. Ada juga yang karena mempunyai permasalahan jerawat, flek hitam, komedo, dan sebagainya. Ada juga yang memakai skincare untuk sekedar perawatan saja. Karena yang namanya perawatan itu terus berkelanjutan.

Seperti halnya merawat gigi, supaya gigi sehat dan tetap putih, harus rajin gosok gigi. Begitu juga dengan kulit, supaya tetap sehat, terhindar dari jerawat atau masalah lainnya, juga harus dirawat. Perawatan kulit bisa dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat yang bermanfaat untuk kulit, atau perawatan dari luar berupa menggunakan skincare.

Apakah serum Mayra organik aman?
Mayra Bright and Glow serum belum terdaftar di BPOM. Namun, ada yang mengklaim kalau serum ini aman. Bahkan di kemasannya juga terdapat logo halal (bukan logo halal MUI), yang mungkin untuk meyakinkan bahwa produk ini halal. Namun, setelah aku cek di web BPOM, tidak ada produk dengan merk Mayra. Yang aku temukan adalah produk skincare dengan merk Almayra dari PT Gizi Indonesia, yang mana ini adalah produk yang berbeda. Sedangkan untuk serum Mayra tidak jelas diproduksi oleh pabrik mana, karena tidak ada keterangannya.

Karena di database web BPOM tidak terdapat skincare dengan merk Mayra, maka bisa disimpulkan kalau serum Mayra belum terdaftar di BPOM. Pengecekan saya lakukan pada tanggal 23 Januari 2022. Jadi, setidaknya sampai tanggal tersebut, produk ini belum memiliki nomor BPOM. Jika ada seller Mayra yang mengklaim kalau produk ini sudah ber-BPOM dan membaca postingan ini, silakan sebutkan nomor BPOM-nya di kolom komentar.

Meskipun sekarang status serum Mayra itu masih ilegal (skincare yang beredar di pasaran tapi belum ada izin edarnya termasuk skincare ilegal), bukan tidak mungkin kalau suatu saat serum ini terdaftar di BPOM. Apalagi kalau merk produk ini semakin populer. Kan sayang banget kalau perizinannya tidak diurus, malah justru merugikan brand itu sendiri.

Memang sih meski belum terdaftar di BPOM, belum tentu serum Mayra berbahaya. Saya tidak bisa berasumsi kalau serum Mayra mengandung merkuri, atau zat berbahaya lainnya, tanpa ada bukti. Namun, saya juga tidak bisa bilang kalau serum Mayra ini aman, karena tidak cukup kalau sekedar klaim aman dari penjual. Indonesia punya lembaga BPOM yang mengurusi perizinan kosmetik, yang bisa jadi patokan apakah suatu kosmetik itu aman atau tidak.

Dari pengalaman atau testimoni pengguna serum Mayra yang bilang kalau serum ini aman dan tanpa efek samping juga tidak bisa jadi tolok ukur tentang keamanan produk ini. Pembuktian apakah serum Mayra mengandung bahan berbahaya atau tidak adalah dengan uji lab.

Ada atau tidaknya efek samping itu tak masalah, asalkan bahan-bahannya aman. Lagipula sekalipun suatu skincare dibuat menggunakan bahan organik, itu bukan berarti bebas efek samping.

Kemasan Serum Mayra
Kalau melihat kemasan serum ini, saya jadi ingat serum Somethinc, tampilannya sangat mirip. Tapi untuk kemiripan kemasan, saya rasa tak masalah, yang penting kan mereknya berbeda. Kalau kemasan mirip, merek-nya juga dibuat mirip, cuma diplesetkan sedikit, ini bisa mengecoh konsumen. Namun, apalah arti kemasan yang bagus, kalau keamanan produknya masih diragukan.

Harga
Harga serum Mayra Rp20.000 per botol isi 20 ml. Serum Mayra tidak dijual di Indomaret / Alfamart.

Perawatan wajah menggunakan serum
Salah satu jenis skincare yang populer adalah serum. Kalau ada pertanyaan, penting nggak sih pakai serum, kan sudah pakai cream wajah, ini jawabannya relatif. Pengguna skincare bisa saja menggunakan cream wajah tanpa menggunakan serum. Begitupun sebaliknya, memakai serum tanpa pakai krim wajah. Tentu saja pemakaian serum bukan keharusan. Hanya saja supaya hasil pemakaian skincare lebih maksimal, bisa ditambahkan serum. Dalam skincare yang dijual paketan, biasanya terdiri dari krim wajah, toner, dan facial wash. Adapun untuk serumnya dijual terpisah.

Namun, ada juga brand kosmetik yang lebih fokus ke serumnya, sehingga ketika brand tersebut mengeluarkan krim wajah, tetap lebih laris serumnya. Berbeda dengan skincare yang dijual paketan.

Salah satu serum wajah yang cukup diminati yaitu serum Mayra. Sebagai konsumen yang bijak, maka perlu teliti sebelum memutuskan untuk mencoba suatu produk, seperti misalnya mencari tahu tentang keamanan produk tersebut.

Demikian untuk pembahasan kali ini. Saya rasa tak perlu untuk membahas perbedaan serum Mayra asli dan palsu, karena yang original saja belum terdaftar di BPOM. Lagipula, apakah sudah beredar serum Mayra palsu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.