Review Sabun Kedas Beauty Menurut dr Richard Lee

ads

Review sabun Kedas Beauty menurut dr Richard Lee? Apakah pernah dokter Richard membahas tentang sabun Kedas Beauty di channel Youtube miliknya? Memang secara terang-terangan tidak. Tetapi, dalam salah satu konten, ia membahas tentang sabun pemutih.

Sabun Kedas Beauty kerap kali dipromosikan sebagai sabun pemutih kulit. Adapun bentuk sabun ini berupa sabun batang berwarna biru muda, dan agak transparan. Banyak yang menggunakan sabun ini dengan dipotong-potong terlebih dahulu. Pertanyaannya, apakah khasiatnya se-wow seperti yang diiklankan? Apa iya wajah bisa putih hanya dengan pakai sabun doang?

Adakah skincare pemutih kulit instan?
Banyak orang yang ingin punya kulit putih instan, pakai skincare dalam hitungan hari langsung putih, bahkan kalau bisa sekali pakai langsung putih. Padahal yang namanya produk perawatan kulit itu hasilnya tidak instan. Perubahan warna kulit memerlukan waktu.

Kalau ada suatu produk, entah itu cream, lotion, maupun sabun, yang diklaim bisa bikin putih dalam sekali pakai, itu bukan warna kulitnya yang berubah jadi putih, tapi karena zat-zat dari produk tersebut yang menempel di kulit. Kalau ada produk yang diklaim sekali pakai langsung putih, maka cek komposisinya, kalau ada kandungan titanium dioksida, berarti itu yang bikin putih. Kalau di kemasannya tidak ada keterangan komposisinya, tidak usah dipakai. Masa komposisi kok nggak dicantumin? Produk legal bukan tuh?

Nah, skincare yang mengandung titanium dioksida memang bisa bikin kulit tampak putih dalam sekali pakai, tapi efeknya cuma sementara. Zat ini biasa digunakan dalam cream dan lotion, kegunaannya adalah sebagai sunblock. Tapi, ada juga sabun yang mengandung zat ini.

Review Sabun Kedas Beauty Menurut dr Richard Lee
Dr Richard Lee dalam suatu video menjelaskan kalau sabun itu untuk membersihkan wajah, bukan buat bikin wajah glowing. Bahkan ia juga bilang kalau sabun juga tidak bisa menghilangkan jerawat dan flek. Menurutnya, tidak ada satupun yang mengatakan kalau sabun bisa mencerahkan wajah.

Dr Richard memang tidak menyebutkan merk Kedas Beauty, karena memang dalam video tersebut, merk-merk produk yang dibahas tidak disebutkan. Mungkin produk yang ditunjukkan dr Richard hanya untuk sampel saja, untuk mewakili produk sejenis, sehingga produk yang dimaksud bukan cuma yang ia tunjukkan saja.

Misalnya, dr Richard menunjukkan sabun Kedas Beauty, itu mewakili sabun-sabun lainnya juga, yang diklaim sebagai sabun pencerah wajah. Saya bisa simpulkan kalau sabun yang dipegang oleh dr Richard dalam video tersebut adalah sabun Kedas Beauty dari segi ciri fisiknya. Kalau ada yang menyangkal itu bukan sabun Kedas Beauty, lalu sabun apa yang berwarna biru muda agak transparan dan lagi viral?

Adapun konteks pembahasan dr Richard pada video tersebut adalah tentang 5 hal viral di dunia skincare yang tidak direkomendasi, salah satunya adalah sabun yang diklaim dapat mencerahkan wajah. Bahkan disebutkan di judulnya kalau sabun seperti itu adalah sabun halu.

Mungkin alasan tidak disebutkan merk juga supaya tidak dianggap menjelekkan produk tertentu. Kalau disebutkan merk-nya bahwa itu sabun Kedas Beauty, bisa-bisa para penjualnya tidak terima. Padahal produk tersebut bukan skincare abal-abal, melainkan sudah terdaftar di BPOM.

Intinya, sabun Kedas Beauty yang ditunjukkan oleh dr Richard dalam video tersebut hanya untuk contoh. Itu juga berlaku untuk sabun sejenis. Kan sekarang banyak sabun wajah yang diklaim sebagai sabun pemutih. Apalagi yang mengklaim suatu sabun bisa bikin putih dalam sekali pakai.

Tapi, lebih baik jika yang dijadikan sampel oleh dr Richard bukan hanya satu sabun saja, supaya tidak dianggap menyerang satu produk. Karena meskipun mereknya tidak disebutkan, bungkusnya tidak ditunjukkan, tampak jelas kalau sabun itu adalah sabun Kedas Beauty?

Setuju atau tidak?
Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju dengan pendapat dr Richard mengenai sabun Kedas Beauty? Kalau saya sih setuju. Dia kan dokter, pemilik klinik kecantikan, lebih ahli ketimbang saya. Nah, kalau kalian tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh dr Richard mengenai sabun pencerah wajah, kalian bisa sanggah dengan menunjukkan bukti penelitian kalau sabun bisa mencerahkan wajah.

Meskipun dalam sabun pencerah wajah terdapat kandungan bahan yang digunakan dalam cream pencerah wajah, tapi tetap saja lebih efektif menggunakan cream, ketimbang sabun kalau tujuannya untuk mencerahkan wajah. Sabun hanyalah bagian dari perlengkapan untuk merawat wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *