Review sabun coklat NaturaWorld bisa untuk wajah?

ads

NaturaWorld Chocolate Soap apakah bisa digunakan ke wajah? Katanya sih produk ini aman untuk wajah. Sabun dengan aroma coklat ini berupa sabun cair, dikemas dalam botol, dengan tutup botol yang bisa dipompa. Kemasan seperti ini bisanya digunakan body wash, bukan sabun wajah.

Dan benar saja, rupanya NaturaWorld Chocolate Soap itu adalah body wash. Sesuai namanya, berarti produk ini untuk membersihkan badan. Terlepas dari itu, coklat memang memiliki khasiat yang bagus untuk kulit, seperti mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah jerawat, memperbaiki sel-sel kulit mati, dan membantu meringankan inflamasi pada kulit.

Apakah NaturaWorld Chocolate Soap aman?
Untuk keamanan tak perlu diragukan lagi, karena sabun coklat ini sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA18170700456. Produk ini diproduksi oleh PT Ekosjaya Lestari. Namun, aman saja tidak cukup. Produk ini diklaim memiliki beragam manfaat seperti mengahluskan kulit, melembabkan kulit, mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan sebagainya. Selain itu, aroma coklat pada sabun ini juga bisa bikin rileks.

Apakah sabun coklat NaturaWorld bisa digunakan ke wajah?
Produk ini termasuk kategori body wash, dan manfaat yang tertera di kemasannya yaitu Namun, manfaat produk ini seperti yang tertera di kemasan adalah membantu membersihkan k*t*ran pada kulit, menjadikan badan bersih, segar, dan harum.

Jadi, karena NaturaWorld Chocolate Soap merupakan body wash, sebaiknya tidak digunakan ke wajah. Meskipun banyak member Natura yang mempromosikan kalau produk ini bisa untuk wajah, tapi yang jelas di kemasan produk juga jelas tercantum kalau produk ini adalah body wash, bukan facial wash.

Apakah NaturaWorld Chocolate Soap mengandung coklat?
Ini juga penting untuk dibahas. Kalau dari nama sabun ini, ada kesan bahwa sabun ini mengandung coklat. Klaim manfaat yang diiklankan juga yang berkaitan dengan coklat. Tapi, setelah saya cek komposisinya, ternyata tidak ada kandungan coklatnya.

Ada salah satu bahan yang tercantum pada label komposisi, yaitu cocamide DEA, saya kira itu ada kaitannya dengan coklat, karena coklat itu kan nama lainnya kokoa atau kakao. Ternyata bukan, sama sekali tidak ada kaitannya dengan coklat. Ternyata cocamide DEA itu salah satu bahan dalam pembuatan sabun yang kegunaannya supaya sabun tersebut berbusa.

Lalu kalau tidak mengandung coklat, kenapa beraroma coklat? Kemungkinan itu karena fragrance (parfum) yang digunakan dalam pembuatan NaturaWorld Chocolate Soap. Dengan kata lain, produk ini adalah body wash pada umumnya, dengan aroma coklat.

Ini juga disebutkan di kemasannya kalau produk ini adalah body wash beraroma coklat. Jadi, tidak usah berlebihan mempromosikan sabun ini. Apalagi dengan mengait-ngaitkan manfaat coklat untuk kulit. Ini sama saja seperti mempromosikan sabun beraroma buah dengan menyebutkan manfaat dari buah yang dijadikan aroma. Apakah kalau tidak disebutkan manfaat secara berlebihan, produk tidak bakalan laku?

Coba lihat contoh sabun yang beraroma buah, sabun Harmony misalnya, ternyata laris. Memang sih dari segi harga kalah jauh. Sabun Harmony tidak sampai Rp5.000, sedangan sabun coklat NaturaWorld harganya Rp125.000.

Kalau cuma aroma coklat, tetapi kenapa NaturaWorld Chocolate Soap berwarna coklat?
Barangkali ada yang bertanya, kenapa sabun ini berwarna coklat kalau tidak mengandung coklat. Sederhana saja, dalam pembuatan sabun seringkali ditambahkan pewarna, tak terkecuali dalam pembuatan produk ini.

Adapun pewarna yang digunakan dalam produk NaturaWorld Chocolate Soap adalah CI 77499, yang menyebabkan produk ini berwarna coklat. Kalian bisa cek di Google tentang pewarna ini.

Kesimpulan
Jadi, NaturaWorld Chocolate Soap merupakan body wash beraroma coklat, bukan mengandung coklat sebagai bahan utamanya. Karena termasuk body wash, sebaiknya tidak digunakan ke wajah. Menggunakan sabun badan ke wajah bisa bikin kulit wajah kering.

Review ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan produk, tetapi untuk meluruskan tentang seperti apa sih produk ini sebenarnya, karena banyak yang salah kaprah dalam mempromosikan produk ini. Lagipula apa yang saya sampaikan juga sesuai dengan informasi yang tercantum di kemasan NaturaWorld Chocolate Soap.

Silakan saja kalau kalian mau mencoba sabun coklat NaturaWorld, kalau tidak keberatan dengan harganya (Rp125.000 / botol). Saya tidak bilang kalau sabun ini berbahaya. Tetapi, sebaiknya sabun ini digunakan sebagaimana mestinya. Kalau body wash, berarti untuk badan, bukan untuk wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *