Review Oqular aman? Dijual di apotik? Asli / palsu?

Apakah Oqular aman dan dijual di apotik K24 dan Kimia Farma? Benarkah Oqular dapat mengobati katarak seperti yang diklaim dalam promosinya? Banyak sekali penawaran produk yang katanya bisa mengobati penyakit tertentu, diklaim dari hasil penelitian, kemudian dicantumkan juga testimoni sehingga semakin meyakinkan calon pembeli.

Katanya sih Oqular ini adalah hasil penemuan mahasiswa dari Indonesia. Mahasiswa asal Indonesia berhasil menemukan formula permasalahan mata yang sering dideria oleh orang usia 40 ke atas. Sedangkan di bawahnya disebutkan kalau metode yang ditemukan oleh mahasiswa tersebut dapat digunakan bukan hanya ke pasien yang berumur 40 tahun ke atas saja, tetapi ke segala usia.

Disebutkan pula dalam suatu kongres yang disebut Kongres Oftalmologi Asia pada awal tahun 2020, semua orang dalam ruangan memberikan standing ovion selama 10 menit saat seorang mahasiswa menyampaikan pidato. Tidak disebutkan kongres itu terjadi di mana, tanggal berapa, dan tahun berapa, cuma disebut awal tahun 2020. Setelah saya telusuri, tidak ada event yang namanya Kongres Oftalmologi Asia.

Oke lanjut. Nama mahasiswanya adalah Andri Kurniawan, mahasiswa kedokteran dari Indonesia. Lagi-lagi kurang lengkap, tidak disebutkan dari universitas atau perguruan tinggi mana. Kemudian selanjutnya adalah wawancara yang lumayan panjang.

Cerita seperti ini banyak dijumpai dalam penawaran produk-produk kesehatan yang katanya hasil dari penemuan, entah itu mahasiswa, maupun profesor, kemudian menolak untuk mengedarkan produk tersebut di apotik karena katanya apotik bakal menjual dengan harga lebih mahal. Konsep ceritanya sama, ujung-ujungnya penawaran suatu produk herbal dengan harga mahal.

Nah, produk Oqular ini diklaim dapat membuat penglihatan mulai membaik dalam 1-2 hari pengobatan, fokus penglihatan membaik dan penglihatan juga lebih jernih. Oqular juga diklaim tidak menyebabkan efek negatif untuk pembuluh darah bola mata.

Sayangnya, dalam penawaran tersebut, tidak disebutkan apa bahan-bahan Oqular. Padahal ini penting. Tidak bisa dengan alasan formulanya dirahasiakan. Kalau produk yang terdaftar di BPOM itu di kemasannya itu dicantumkan komposisinya.

Harga
Harga Oqular per botol adalah Rp490.000. Harga yang cukup mahal untuk ukuran produk herbal yang dibuat di Indonesia. Itu saja katanya sudah harga diskon 50%.

Kemudian di bagian bawah juga terdapat testimoni yang seolah-olah itu adalah komentar FB, padahal itu bukan.

Terlepas dari penawaran yang begitu meyakinkan, di sini saya mau mengulas seputar produknya, apakah benar Oqular ini bisa mengobati katarak.

Apakah Oqular aman?
Kalau untuk keamanannya, Oqular ini aman, karena sudah terdaftar di BPOM, namun sebagai produk herbal atau jamu. Untuk produk herbal, maka tidak boleh diklaim untuk mengobati suatu penyakit, dan sifatnya sebagai suplemen. Untuk produk yang ditujukan untuk kesehatan mata, biasanya manfaat yang dicantumkan di kemasan adalah membantu memelihara kesehatan mata.

Tapi dalam promosinya seringkali produk-produk seperti itu diklaim bisa mengobati berbagai masalah mata, seperti mengobati masa minus, silinder, katarak, dan sebagainya. Bayangkan kalau penyakit yang secara kedokteran hanya bisa diatasi dengan operasi, tapi ada produk herbal yang diklaim bisa mengobati penyakit-penyakit tersebut. Kalau memang ada produk yang seperti itu, buat apa dokter spesialis mata kuliah mahal-mahal.

Yang lebih parah lagi kalau menuduh pihak dokter cuma cari keuntungan. Ada orang yang tanpa background kesehatan mengatakan kalau suatu produk herbal bisa mengobati mata minus bahkan katarak tanpa operasi, kemudian ada dokter yang mengatakan kalau khasiat produk itu cuma mitos, mana yang Anda pilih?

Nah, untuk Oqular ini sifatnya sebagai suplemen, bukan mengobati. Terdaftarnya produk ini di BPOM tidak menunjukkan kalau produk ini efektif buat mengobati katarak. Klaim manfaat yang disetujui adalah yang tertera di kemasan.

Oqular terdaftar di BPOM dengan nomor TR203314521, pendaftar sekaligus produsennya adalah PT. Saraka Mandiri Semesta, yang beralamat di Kab. Bogor, Jawa Barat. Sedangkan distributornya adalah PT. Ezone Asia Indonesia.

Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan kalau Oqular bisa mengobati katarak. Testimoni tidak bisa dijadikan sebagai bukti ilmiah kalau produk ini benar-benar efektif untuk mengatasi katarak. Adapun produk herbal yang diklaim bisa menyembuhkan katarak, itu sifatnya hanya sebagai suplemen pembantu, bukan untuk mengobati.

Apa itu katarak?
Katarak merupakan gangguan pada mata yang ditandai dengan lensa mata yang keruh sehingga pandangan menjadi kabur. Apabila tidak diatasi, katarak dapat menyebabkan kebutaan.

Penyakit katarak tidak selalu harus dioperasi. Akan tetapi, ketika gangguan penglihatan sudah parah dan tak bisa ditolong lagi dengan kacamata, maka diperlukan tindakan operasi katarak. Operasi ini bertujuan untuk mengganti lensa mata pasien dengan lensa buatan supaya kualitas penglihatan pasien jadi semakin baik. Jika katarak terjadi pada kedua mata, maka operasinya harus satu persatu, tidak bisa langsung keduanya, harus menunggu mata yang satu sembuh dulu baru bisa dilakukan operasi ke mata yang lainnya. (referensi: alodokter.com)

Jadi, Oqular adalah produk herbal yang aman dikonsumsi. Adapun untuk klaim khasiat produk ini untuk mengobati katarak, belum terbukti secara ilmiah. Jadi, kalau Anda sudah mencoba produk ini tapi tak berkhasiat, bukan berarti produknya palsu, karena memang produk ini bukan untuk mengobati, melainkan sebagai suplemen herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.