Review lotion Glow Up aman / berbahaya?

ads

Hand & body lotion Glow Up katanya bisa memutihkan badan, dan juga wajah. Pertaannya, apakah Glow Up aman dan sudah terdaftar di BPOM? Waspada bahaya lotion abal-abal. Efeknya memang bisa bikin putih, tapi efek sampingnya bisa menyebabkan kulit rusak.

Frasa glow up bisa diartikan bersinar. Tapi, dalam istilah kekinian, glow up itu bisa diartikan sebagai perubahan penampilan pada seseorang, yang dulunya biasa-biasa saja, berubah jadi cakep. Misal, seseoang yang dulunya punya kulit kusam, gelap karena sering kena sinar matahari, dekil karena kurang perawatan, kemudian setelah melakukan perawatan sedemikian rupa, penampilannya jadi berubah. Wajah jadi tak kusam lagi. Intinya, penampilannya lebih baik.

Banyak Youtuber Mengulas Lotion Glow Up
Nah, istilah glow up ini dipakai sebagai merk salah satu hand & body lotion pemutih, dan produknya cukup populer. Apalagi banyak Youtuber yang membahas lotion ini. Ada yang murni review, ada juga yang sambil promosi. Nah, kalau yang isinya melebih-lebihkan produk tersebut, kemudian ujung-ujungnya promosi, itu sebaiknya kalian hindari. Apalagi kalau yang disebutkan adalah kelebihannya saja, tanpa menyebut kekurangannya.

Padahal lotion Glow Up ternyata tidak mengandung BPOM. Kemudian di kemasannya juga tidak terdapat keterangan komposisi produk ini. Lalu bagaimana si youtuber itu yakin kalau produk tersebut aman? Sedangkan si youtuber tersebut tidak tahu kandungan dari lotion tersebut.

Tapi, meskipun keamanannya masih jadi tanda tanya, lotion Glow Up cukup laris. Karena masih banyak yang belum paham mana skincare yang aman, mana yang tidak. Banyak yang masih tidak peduli dengan keamanan skincare. Asalkan ada testimoni yang meyakinkan, banyak orang yang tergiur, tanpa mempertimbangkan keamanan produk tersebut.

Apakah Lotion Glow Up aman / berbahaya?
Lotion Glow hingga postingan ini dibuat, belum terdaftar di BPOM, sehingga diragukan keamanannya. Selain itu, yang bikin tambah meragukan lagi adalah di kemasan lotion ini tidak terdapat informasi komposisi produk ini. Padahal pencantuman komposisi adalah sangat penting, supaya orang yang mau mencoba produk ini bisa mengetahui barangkali ada bahan yang membuatnya alergi.

Selain itu, tidak ada keterangan di pabrik apa lotion Glow Up diproduksi. Dengan minimnya keterangan informasi yang dicantumkan di kemasan produk ini, saya tidak menyarankan penggunaan produk ini.

Skincare yang aman kemasannya tidak seperti lotion Glow Up, yang botolnya cuma dicantumkan stiker. Skincare yang aman harusnya mencantumkan nomor BPOM, komposisi, penjelasan seputar produk termasuk cara pakai, tanggal kadaluwarsa, dan produsen.

Bagi yang mengklaim kalau Glow Up ini aman, coba jelaskan di kolom komentar apa alasannya.

Apakah lotion Glow Up bisa digunakan di wajah?
Ada yang mengklaim kalau hand & body lotion Glow Up bisa digunakan untuk wajah. Aduh, ini pemikiran dari mana sih? Kan sudah jelas namanya saja hand & body lotion, berarti lotion untuk tangan dan badan. Jadi, ini bukan produk untuk wajah. Kalau dipakai di wajah, jelas tidak cocok, karena kulit badan dan wajah itu berbeda. Kulit wajah itu lebih sensitif ketimbang kulit badan, sehingga memerlukan skincare yang lebih lembut.

Lagipula, lotion Glow Up ini meskipun dipakai di badan, entah itu di tangan maupun di kaki, itu belum tentu aman. Lotion ini belum terdaftar di BPOM. Komposisinya juga tidak disebutkan. Bagaimana bisa yakin kalau lotion ini aman sedangkan komposisinya saja tidak disebutkan.

Ini bukan masalah produk Glow Up asli atau palsu, kan katanya ada yang palsu. Nah, produk yang aslinya saja tidak jelas, tidak terdaftar di BPOM, komposisinya tidak dicantumkan, nama produsennya juga tidak dicantumkan. Ini termasuk ciri-ciri skincare abal-abal.

Kalaupun lotion Glow Up itu aman, kenapa tidak didaftarkan ke BPOM? Kalau lotion Glow Up sudah terdaftar di BPOM itu kan juga lebih menguntungkan, karena konsumen juga lebih yakin dengan keamanan produk tersebut. Nah ini, cuma diklaim aman tapi komposisinya tidak diketahui. Banyak testimoni itu tidak cukup untuk membuktikan kalau produk ini aman. Dan yang namanya testimoni, apalagi yang dijadikan sebagai bahan promosi, tentu yang ditampilkan yang bagus-bagus saja.

Waspada bahaya lotion abal-abal
Sudah banyak perempuan yang menjadi korban lotion abal-abal, kulitnya jadi rusak, timbul kerutan seperti kulit yang kena stretch mark. Penggunaan body lotion abal-abal dalam jangka pendek mungkin kulit tampak baik-baik saja. Tetapi dalam jangka panjang, kulit bisa rusak.

Saya tidak menuduh kalau Glow Up mengandung bahan berbahaya seperti yang terdapat di lotion abal-abal lainnya, karena saya juga tidak punya bukti. Karena untuk membuktikan kalau Glow Up mengandung bahan berbahaya, itu kan harus dites dulu untuk memastikannya.

Tapi, di atas saya menyebutkan kalau Glow Up itu keamanannya diragukan. Saya tidak memastikan kalau Glow Up itu berbahaya, tetapi saya tidak yakin kalau Glow Up itu aman. Jadi, kalau kalian memang mau menggunakan lotion pemutih, sebaiknya pilih produk lain yang sudah jelas aman, yang sudah terdaftar di BPOM. Kalau produk yang aman banyak, kenapa memilih produk yang keamanannya diragukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *