Review body lotion Asfa apakah sudah BPOM 2022?

Ada body lotion yang kemasannya mirip banget sama Scarlett, mereknya adalah Asfa. Lalu, apakah body lotion Asfa aman digunakan dan sudah terdaftar di BPOM? Seperti halnya Scarlett, lotion Asfa juga memiliki sejumlah varian, yaitu heavenly (biru), lovely (ungu), dan beautiful (pink). Apa sih perbedaan ketiganya? Masing-masing memiliki aroma atau wangi yang berbeda.

Bukan hanya produk untuk wajah saja, produk pemutih kulit badan juga diminati banyak orang, sehingga putihnya merata, tidak cuma di wajah saja, tetapi juga di tangan dan kaki. Body lotion bermanfaat sebagai pelembab. Namun, untuk menambah daya tarik konsumen, kini banyak body lotion yang mengandung zat pencerah, seperti niacinamide, alpha arbutin, dan vitamin C. Ada juga lotion yang menganadung collagen.

Tapi, kalau collagen sebenarnya tidak untuk memutihkan. Kolagen diperlukan agar elastisitas kulit tetap terjaga. Kolagen secara alami dihasilkan oleh tubuh, namun produksinya mengalami penurunan dengan bertambahnya usia, sehingga perlu asupan kolagen dari luar, atau juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang memicu pembentukan kolagen.

Review hand & body lotion Asfa
Lotion merk Asfa ini kemasan produknya sangat mirip dengan kemasan lotion Scarlett, mulai dari penggunaan botol pump berwarna putih, hingga desain stikernya yang dibuat mirip dengan Scarlett. Kalau dilihat dari kejauhan, mungkin orang mengira kalau lotion Asfa ini adalah lotion Scarlett.

Lalu apakah Asfa ini meniru Scarlett. Kalau menurut saya sih iya. Scarlett itu kan sekarang lagi laris banget, brand-nya juga sudah dikenal luas. Kalaupun ada yang menyaingi, itu sah-sah saja. Setahu saya, Scarlett juga tidak mempermasalahkan hal ini. Tapi, tidak tahu bagaimana nanti, apakah nantinya bakal dipermasalahkan karena desain kemasannya mirip.

Karena ada merk skincare yang dipermasalahkan gara-gara namanya mirip dengan salah satu skincare yang namanya sudah besar di Indonesia. Kalau lotion Asfa ini kan dari merk-nya saja berbeda jauh dengan Scarlett, hanya saja yang mirip adalah kemasannya.

Seperti halnya lotion Scarlett, lotion Asfa juga memiliki sejumlah varian dengan wangi berbeda-beda. Misal, lotion Asfa varian heavenly dengan warna kemasan biru muda memiliki aroma mirip parfum baccarat. Kalau di Scarlett kan juga ada yang aromanya seperti itu, yang warna ungu, atau varian charming. Lotion Asfa juga ada yang kemasan berwarna ungu, yaitu varian lovely, tapi aromanya jasmine. Sedangkan kalau lotion Asfa varian beautiful dengan kemasan stiker berwarna pink, ini aromanya mirip lotion Scarlett varian romansa.

Apakah lotion Asfa sudah BPOM?
Dalam memilih lotion juga perlu dipertimbangkan keamanannya. Meskipun bukan dipakai di wajah, kulit badan kan juga tetap harus dijaga. Kalau mau menggunakan lotion, pastikan kalau lotion tersebut sudah terdaftar. Hand & body lotion Asfa sudah terdaftar di BPOM. Masing-masing varian memiliki nomor BPOM sendiri-sendiri. Ternyata, di web BPOM ada tujuh varian lotion Asfa yang terdaftar. Selain tiga varian yang sudah saya sebutkan, varian lainnya dari lotion Asfa yaitu beauty, honey, glow, dan blush.

Nomor BPOM handbody lotion Asfa
Beautiful: NA18210100246
Lovely: NA18210101148
Heavenly: NA18210101147

Ketiga varian lotion Asfa tersebut diproduksi oleh pabrik yang sama, yaitu PT. Hayjen Kosmetik.

Lebih bagus mana body lotion Asfa atau Scarlett?
Kalau dilihat dari harganya, lotion Asfa lebih terjangkau ketimbang Scarlett, karena harganya cuma 30 ribuan. Sedangkan lotion Scarlett Rp75.000. Sedangkan kalau dari kandungan bahannya, Scarlett lebih banyak. Kalau ini wajar sih, harganya kan lebih mahal. Dengan zat aktif yang lebih banyak, kualitasnya juga lebih bagus. Sehingga kalau pertanyaannya adalah bagus mana antara lotion Scarlett dan Asfa, menurutku lebih bagus Scarlett. Tapi kalau soal harga, tentu lotion Asfa lebih terjangkau.

Namun, kembali lagi ke kondisi kulit, karena tidak semua orang cocok pakai lotion Scarlett. Karena mau sebagus apapun, kalau tidak cocok di kulit juga buat apa. Bisa saja ada orang yang lebih cocok memakai lotion Asfa ketimbang Scarlett.

Body lotion Asfa dilengkapi dengan titanium dioksida, yang mana ini fungsinya sebagai sunblock, tapi kalau dipakai bisa menjadikan kulit tampak putih. Jadi, kalau setelah pakai lotion Asfa, kulit jadi tampak lebih putih, itu karena zat ini. Bisa dibilang kalau lotion ini bisa membuat kulit tampak putih dalam waktu cepat, tapi efeknya cuma sementara. Namun, kalau dipakai secara rutin juga bisa membantu mencerahkan kulit karena mengandung niacinamide.

Apakah body lotion Asfa bisa untuk wajah?
Ya nggak dong. Namanya saja body lotion, masa mau dipakai ke wajah? Cara pakai body lotion itu bukan dioleskan ke wajah. Mau sebagus apapun lotion tersebut kalau digunakan ke tangan atau kaki, sebaiknya hindari penggunaannya untuk area wajah.

Ulasan tentang lotion Asfa ini bersifat opini. Pembaca boleh setuju atau tidak dengan isi tulisan ini. Penulis tidak dibayar oleh pihak Scarlett maupun Asfa. Jika menurut kalian lebih bagus lotion Asfa ketimbang Scarlett, tak masalah. Kalian juga bisa memberikan review lotion Asfa maupun Scarlett di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.