Review Beauslim apakah aman sudah BPOM? Cek kebenarannya

Review Beauslim apakah sudah BPOM dan aman atau berbahaya? Adakah efek samping minum Beauslim by Clara Shinta? Katanya sih bisa menurunkan badan secara cepat, minum 1 kapsul bisa bikin kenyang 24 jam, dan diklaim aman tanpa efek samping. Benarkah?

Pengen langsing? Jangan sembarang mengonsumsi produk pelangsing. Pastikan kalau produk pelangsing yang kalian pilih itu aman. Jangan sampai berat badan turun, tetapi tingkat kesehatan juga turun, dalam artian produk tersebut membahayakan kesehatan.

Kalaupun setelah minum produk pelangsing, berat badan benar-benar turun, pastikan penurunan itu karena lemak berkurang, bukan karena cairan. Kan banyak produk pelangsing yang menimbulkan efek diuretik, setelah minum produk tersebut, jadi lebih sering buang air kecil. Kalau efeknya seperti itu, memang sih berat badan turun, tapi bukan karena lemak yang terbuang, melainkan cairan. Ini bisa menyebabkan tubuh kurang cairan. Ada juga yang efeknya bikin sering BAB. Kalau efeknya seperti itu, berarti produk tersebut mengandung zat pencahar.

Kali ini Read Beauty akan memabahas produk pelangsing yang dipromosikan oleh influencer TikTok dengan 3,5 juta follower, yaitu Clara Shinta. Adapun nama produknya adalah Beauslim by Clara Shinta. Aku nggak tau dia itu owner-nya atau cuma brand ambassador-nya. Tapi apapun itu, yang penting produknya itu bagaimana, apakah benar-benar berkhasiat atau tidak dalam menurunkan berat badan.

Apakah Beauslim sudah terdaftar di BPOM?
Kalau kalian tanya ke penjualnya, atau bahkan owner-nya, aku yakin bakal dijawab kalau Beauslim ini aman. Tapi, Beauslim ini belum terdaftar di BPOM. Jadi, kalau cuma sekedar klaim aman doang sih aku belum yakin. Bagaimana dengan kalian?

Nah, katanya sih BPOM on process. Maksudnya, masih dalam proses untuk mendapatkan izin edar dari BPOM. Kalau masih proses, berarti ada kemungkinan produk ini disetujui maupun tidak oleh BPOM. Tapi karena belum diseujui, jadi belum memiliki nomor BPOM, sehingga di kemasan Beauslim pun tidak dicantumkan nomor BPOM. Kan mending gitu, ketimbang mencantumkan nomor BPOM palsu.

Tapi, kalau BPOM-nya masih on process, kenapa Beauslim sudah dijual di pasaran? Padahal kan harusnya urus izin edar dulu baru dijual ke pasaran. Namanya saja kan izin edar, berarti izin untuk mengedarkan produk tersebut. Kalau belum ada izin edar, tetapi sudah dijual di pasaran, itu berarti produk tersebut ilegal secara hukum.

Aku cek di toko resminya di Shopee, ternyata akun toko tersebut bergabung sejak 21 bulan yang lalu. Kenapa nomor BPOM-nya belum juga keluar? Apakah benar produk Beauslim ini masih dalam proses pengajuan izin ke BPOM?

Komposisi Beauslim
Untuk membahas manfaat dan efek samping dari Beauslim ini, kita perlu tahu komposisi produk ini. Kabar baiknya, di kemasan Beauslim terdapat informasi komposisi produk ini. Kan banyak tuh produk tak ber-BPOM yang tidak mencantumkan komposisi.

Kalau baca-baca Beauslim sih banyak yang katanya berat badan turun karena minum Beauslim, meski ada juga sih yang tidak berhasil diet dengan mengonsumsi Beauslim. Testimoni hasil positif pemakaian suatu produk dapat meyakinkan calon pembeli. Tapi sebaiknya jangan gampang terpengaruh dengan testimoni tersebut. Tetap gunakan logika.

Oke, apa saja sih bahan-bahan Beauslim?

Murraya paniculata
Kalau di kemasannya tulisannya Murayya, salah ketik itu, yang benar Murraya. Nah, ini adalah nama latin dari kemuning. Daun kemuning dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan berat badan. Namun, karena masih minim penelitian, sehingga belum bisa dipastikan apakah kemuning ini benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan atau tidak.

Cambogia fructus
Ini kalau di Indonesia disebut asam gelugur. Ini merupakan bahan yang kerapkali digunakan dalam produk pelangsing. Berdasarkan artikel yang diterbitkan di healthline.com, buah ini dapat menurunkan berat badan hingga 2 pound (0,88 kg) dalam waktu 2-12 minggu. Tidak signifikan sih memang. Sedangkan dalam penelitian lainnya, buah ini tidak berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan artikel di web WebMD, tidak cukup informasi untuk mengetahui apakah buah ini aman untuk kebanyakan orang. Adapun efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi buah ini yaitu sakit kepala, mual, dan saluran pencernaan tidak nyaman.

Parameriae cortex
Ini merupakan nama latin dari kayu rapet. Bahan herbal ini sering digunakan sebagai jamu untuk mengatasi nyeri setelah melahirkan. Kayu rapet mengandung tanin yang diduga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Herbal pilihan
Hanya ada tiga saja bahan yang disebutkan. Yang keempat adalah herbal pilihan, tapi tak disebutkan herbal apa saja yang dimaksud.

Klaim-klaim Beauslim
Untuk bagian ini, aku mau komentarin klaim-klaim produk Beauslim.

Aman tanpa efek samping -> tapi kok nomor izin BPOM-nya masih on process terus?

Dijamin 100% cocok dengan semua customer -> wah hebat nih bisa jamin konsumen yang mengonsumsi produk ini bakalan cocok. Dokter kalah nih kalau kayak gini mah.

Membuat lidah semakin hambar dan tidak selera makan -> kalau ini benar, siap-siap ya kalau mau konsumsi produk ini nanti makannya jadi terasa tak enak. Tapi harus tetap makan ya, jangan sampai badan jadi kurus karena kurang gizi.

Makan sedikit saja sudah kenyang -> entah bagaimana mekanismenya.

Sebenarnya masih banyak sih klaim-klaim lainnya, tapi cukup segitu aja ya. Oh ya, pihak Beauslim kan juga menerima konsultasi. Jadi, bagi yang kebingungan, atau bagaimana tips menurunkan berat badan dengan Beauslim ini, bisa dikonsultasikan lewat chat.

Tapi, kalau disuruh olahraga dan mengatur pola makan, kemudian berat badan berhasil turun, itu berarti tak sepenuhnya efek dari konsumsi Beauslim. Produk ini sifatnya sebagai suplemenen saja. Bahkan orang bisa menurunkan berat badan tanpa harus mengonsumsi produk pelangsing.

Harga Beauslim
Rp209.000 / botol isi 30 kapsul

Demikian ulasan mengenai Beauslim. Jadi, produk ini tak terdaftar di BPOM, sehingga keamanannya diragukan. Ini bukan menjatuhkan, karena kan faktanya Beauslim belum terdaftar di BPOM. Sedangkan sebagai konsumen, disarankan untuk memilih produk yang terdaftar di BPOM.

Jika ada yang keberatan dengan isi tulisan ini, silakan sanggah dengan argumen ilmiah lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.