Rekomendasi Obat Gatal Selangkangan dan Bokong di Apotek

Ada banyak cara untuk mengatasi selangkangan yang gatal tergantung pada penyebabnya. Obat antijamur biasanya dapat menghilangkan rasa gatal di selangkangan. Namun, beberapa cara yang sederhana seperti menjaga kebersihan juga bisa mengatasi sekaligus bisa mencegah rasa gatal datang lagi.

Rasa gatal pada selangkangan memang bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu untuk menggunakan obat gatal selangkangan untuk mengurangi gejalanya. Simak cara mengatasi gatal di selangkangan dengan beragam obat-obatan yang direkomendasikan.

Obat Gatal Selangkangan di Apotek

Rekomendasi Obat Gatal Selangkangan dan Bokong di Apotek

Gatal di selangkangan bisa disebabkan oleh kondisi area kulit yang lembap dan adanya gesekan antara dua permukaan kulit yang akhirnya menyebabkan iritasi. Alhasil, infeksi jamur dan bakteri akan mudah terjadi sehingga rasa gatal di kulit selangkangan bisa muncul.

Untuk menanganinya dengan tepat, menjaga kebersihan tubuh saja tidak akan cukup. Cara mengatasi selangkangan yang gatal juga harus didukung dengan penggunaan obat-obatan tertentu.

Adapun beragam jenis obat gatal selangkangan di apotek yang sesuai dengan penyebabnya adalah sebagai berikut.

1.Obat Antijamur

Obat antijamur bisa diberikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gatal di selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur (tinea cruris).

Sering disebut sebagai jock’s itch, tinea cruris merupakan suatu kondisi gatal-gatal yang cukup parah pada area selangkangan. Oleh karena itu, tinea cruris ini kerap dikenal sebagai istilah kurap di selangkangan.

Infeksi jamur ini akan lebih sering dialami oleh pria. Tapi, bukan berarti bagi wanita akan terbebas dari incarannya. Biasanya, penderita diabetes dan berat badan yang berlebih mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal di selangkangan. Karena, akibat dari infeksi jamur di lokasi lipatan yang cenderung lembap. Gatal di selangkangan akibat tinea cruris dapat sembuh sendiri dan akan kambuh berulang kali.

Selain adanya rasa gatal, keluhan juga bisa berupa ruam merah pada kedua sisi selangkangan, terutama pada bagian lipatan kulit. Terkadang, ruam dapat meluas sampai ke alat kelamin (penis, skrotum, labia, dan mulut vagina), bagian paha dalam, serta bokong. Obat antijamur sebagai salah satu cara untuk mengobati gatal di selangkangan yang umum digunakan yaitu salep miconazole, clotrimazole, oxiconazole, atau terbinafine.

Obat gatal pada selangkangan antijamur boleh digunakan dalam 2-4 minggu untuk membasmi infeksi jamur. Jika obat gatal selangkangan di apotek ini tidak ampuh mengobati gejala, Anda mungkin bisa menggunakan obat antijamur oral yang sesuai dengan resep dokter yang dosisnya akan lebih kuat.

2.Krim Steroid

Krim steroid ini umum digunakan sebagai salah satu cara untuk mengobati selangkangan gatal akibat psoriasis atau dermatitis kontak. Krim ini harus dioleskan pada area kulit yang gatal dan kemerahan.

Pada keadaan yang bertambah parah dan berulang, dokter mungkin juga bisa meresepkan etanercept dan infliximab. Kedua obat ini dapat mengurangi frekuensi kambuh sekaligus dapat meringankan gejala.

3.Salep Permethrin

Kutu kemaluan juga dapat memicu gejala gatal di selangkangan. Orang Indonesia mungkin akan lebih mengenalnya dengan istilah kudis atau scabies. Kutu penyebab kudis ini dapat hidup di bagian tubuh manusia yang mempunyai rambut, termasuk pada rambut kemaluan yang akhirnya akan memicu gatal di selangkangan.

Rasa gatal akibat adanya kutu kemaluan pada umumnya akan semakin parah di malam hari sehingga akan membuat Anda sulit tidur. Solusinya, Anda dapat menggunakan salep gatal selangkangan yang berupa permethrin. Salep gatal selangkangan ini hanya bisa Anda dapatkan dengan resep dokter.

Jika salep permethrin kurang efektif dan resisten untuk membasmi kutu kemaluan, dokter juga dapat memberikan ivermectin sebagai salah satu obat gatal di selangkangan karena kudis.

Apa pun jenis obat oles yang akan diberikan, dokter akan menyarankan Anda untuk mengoleskan ke seluruh tubuh, kecuali pada bagian wajah. Pasalnya, kutu kemaluan dapat menyebar ke bagian tubuh mana pun yang mempunyai rambut.

Dokter juga nantinya akan menyarankan Anda untuk membiarkan obat ini selama semalaman di tubuh agar bisa bekerja lebih efektif. Harap Anda ingat bahwa pengobatan kudis harus dijalani oleh para penderita serta orang yang melakukan kontak erat dengannya. Misalnya, pasangan ataupun keluarga yang tinggal serumah.

4.Salep Antigatal (lotion calamine)

Obat gatal selangkangan di apotik yang selanjutnya adalah salep antigatal, seperti lotion calamine.  Obat gatal di selangkangan ini dapat digunakan jika Anda mengalami dermatitis kontak karena bersentuhan langsung dengan zat dan benda tertentu. Misalnya, celana dalam atau pewangi di sabun kewanitaan.

Salep yang sering digunakan untuk alergi ini dapat berfungsi untuk menenangkan kulit yang gatal sehingga dapat mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi akan menimbulkan rasa gatal semakin parah.

5.Zoralin

Zoralin adalah obat gatal selangkangan yang memiliki kandungan ketokonazol 2% yang bisa mengobati infeksi yang dikarenakan oleh jamur. Selain bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal di selangkangan, obat ini juga bisa digunakan sebagai obat panu, kurap di leher dan badan, kutu air dan penyakit kulit lain yang disebabkan oleh jamur lainnya.

Penggunaannya juga cukup mudah dengan cara mengoleskan krim Zoralin ini pada area yang terinfeksi dalam 1-2 kali sehari. Obat ini juga tergolong obat keras, sehingga dapat dibeli di apotik wajib menggunakan resep dari dokter.

6.Trosyd

Trosyd adalah salah satu obat gatal selangkangan paling ampuh di apotik yang memiliki kandungan Tioconazole 1%. Obat ini mampu untuk meredakan infeksi kulit yang disebabkan karena jamur seperti rasa gatal dan ruam di kulit.

Obat Trosyd ini tergolong obat keras, sehingga tidak dapat dibeli dengan bebas di apotik. Anda memerlukan resep dari dokter untuk membelinya dan pemakaiannya pun harus sesuai dengan anjuran yang diberikan. Perlu Anda ketahui, obat ini juga tidak dianjurkan digunakan di mata, ibu menyusui, ibu hamil,  dan orang yang hipersensitif lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.