Rekomendasi Masker Wajah Alami, Bisa Menghilangkan Jerawat

Read Beauty – Masker wajah alami bisa menjadi cara alternatif untuk bisa mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Untuk membuatnya, hanya diperlukan beberapa bahan yang sering Anda temui. Masker alami ini tentunya tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi jenis kulit tertentu. Bisa dipakai dengan baik oleh remaja ataupun dewasa. Namun demikian, pastikan juga untuk melakukan tes di kulit terlebih dahulu sebelum Anda mengoleskan masker secara menyeluruh di area wajah.

Masker Wajah dengan Bahan Alami

8 Masker Wajah Alami, Bisa Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Alami Masker wajah alami merupakan masker yang terbuat dari bahan alami, seperti kunyit, timun, madu, dan lain sebagainya. Dihimpun di beragam sumber, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat masker wajah alami dengan mudah.

1. Alpukat

Buah alpukat memang memiliki kandungan bahan-bahan bergizi yang sangat baik untuk tubuh, mulai dari lemak sehat, kalium, sampai vitamin B. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit wajah yang kering.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Campurkan ½ buah alpukat yang sudah matang, 2 sdm oatmeal, 1 butir putih telur, 1 sendok teh air perasan lemon
  2. Aduk semua bahan sampai merata di dalam sebuah wadah. Selanjutnya, Anda oleskan di area wajah dan diamkan dalam waktu 20 menit
  3. Lalu bilas menggunakan air hangat.
  4. Timun

Timun adalah salah satu bahan alami yang dapat Anda pakai untuk memutihkan kulit wajah Anda. Timun diketahui mempunyai kadar air yang tinggi sehingga bisa memberikan kesejukan. Selain itu, buah timun juga memiliki sifat antioksidan yang bisa menjaga sel-sel tubuh dengan baik.

Vitamin K, C, dan serat yang ada di dalamnya dipercaya bisa mencerahkan kulit wajah sekaligus mampu mengurangi kerutan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal Anda harus melakukannya secara rutin

Selain bisa digunakan sebagai masker, Anda juga dapat konsumsi timun secara rutin. Anda bisa mengoleskan parutan timun di permukaan wajah dengan merata, atau bisa menempatkan beberapa irisan timun ke kulit wajah. Diamkan dalam beberapa meni dan bilas dengan air hangat hingga wajah bersih.

3. Oatmeal

Selain bisa dikonsumsi, oatmeal juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan yang bisa mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan bisa membuat wajah Anda menjadi cerah dan tampak halus. Masker ini sangat cocok untuk para remaja aktif yang sering mempunyai masalah kulit kusam dan penyumbatan pori-pori.

Untuk membuatnya sangat mudah yaitu :

  1. Campurkan oatmeal dan air hangat ke dalam wadah atau mangkuk
  2. Aduk sampai menyerupai krim
  3. Jika sudah dingin, oleskan oatmeal di area wajah Anda
  4. Diamkan dalam waktu sekitar 10-15 menit, dan bilas menggunakan air bersih.

4. Madu

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika madu mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Cairan kental yang telah dihasilkan oleh lebah ini bisa menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kusam. Untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, pakai madu jenis manuka dan madu mentah yang tidak dipasteurisasi. Lalu, campurkan madu dengan beberapa tetes air agar teksturnya menjadi tidak lengket. Selanjutnya, Anda oleskan masker wajah alami di permukaan kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

5. Temulawak

Temulawak mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini sangat berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan beragam masalah di kulit waja. Salah satunya adalah jerawat, kerutan, dan noda hitam yang dapat mengganggu penampilan Anda. Pemakaian masker dari rempah yang bercita rasa pahit ini dapat dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Namun, jika setelah pemakaian masker ini muncul tanda dan gejala seperti warna kulit kemerahan, panas, bengkak, gatal, pada wajah. Maka pemakaian sebaiknya harus dihentikan dan segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar bisa mengetahui penyebab dari gejala tersebut.

6. Kopi

Kopi dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah, di antaranya bisa melindungi kulit dari sinar matahari, mampu menenangkan kulit wajah, mampu mengatasi hiperpigmentasi, dan mengobati jerawat. Membuat masker kopi sangat mudah, bisa dicampurkan dengan minyak zaitun.

Caranya :

  1. Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun
  2. Lalu, oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar
  3. Biarkan masker dalam waktu 15 dan 60 menit
  4. Bilas memakai air hangat

Manfaat masker kopi ini akan berpadu dengan minyak zaitun yang mampu melembapkan dan membuat kulit menjadi sehat.

7. Lemon

Masker wajah alami yang terbuat dari lemon bisa mengatasi jerawat dam bekasnya, mampu mencerahkan kulit, membasmi komedo, mencegah penuaan dini, hingga bisa mencerahkan warna bibir. Untuk bisa membuat masker lemon, Anda bisa lakukan dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan campuran madu. Adapun cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat masker lemon dan madu yaitu :

  1. Pertama-tama Anda peras lemon dan masukkan setengah sendok makan air lemon ke mangkuk.
  2. Tambahkan madu dengan takaran sekitar 1 sdt
  3. Aduk madu dan air lemon hingga tercampur
  4. Oleskan di wajah Anda dan tunggu sampai kering
  5. Bilas menggunakan air bersih.

8. Bengkuang

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, bengkuang bisa menunjang penampilan Anda. Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang ada di dalam buah bengkuang cukup tinggi. Dimana bisa membantu Anda menyehatkan kulit.

Adapun manfaat dari bengkuang, di antaranya kulit menjadi tampak lebih cerah, mencegah tanda penuaan dini, mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya, mampu melembapkan kulit, bisa melenyapkan flek hitam, dan mengontrol minyak di wajah. Untuk bisa memperoleh manfaat tersebut adalah dengan membuat masker bengkuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.