Penyebab Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri Atas Payudara

Read Beauty – Ada banyak penyebab pada payudara menjadi terasa nyeri sebelah kiri. Salah satu hal yang harus Anda waspadai yaitu sakit jantung. Tiap orang bisa mengalami gejala sakit jantung yang berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit yan ringan, tapi ada juga yang merasakan sakit parah.

Biasanya, sakit jantung ditandai dengan adanya rasa nyeri di dada, muncul rasa sakit pada daerah leher, sesak napas, mual, muntah, rahang, dan lengan sebelah kiri, serta pingsan. Jika Anda sedang mengalami gejala-gejala tersebut, maka segera periksakan diri ke dokter. Meski demikian, tidak semua rasa nyeri yang Anda rasakan pada payudara sebelah kiri menjadi tanda sakit jantung. Rasa nyeri tersebut dapat disebabkan karena hal lain, seperti kanker, gangguan paru-paru dan esofagus.

Penyebab Rasa Nyeri di Dada Sebelah Kiri

Penyebab Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri Atas Payudara

Apakah Anda pernah merasakan nyeri pada dada sebelah kiri di atas payudara? Penyebab kondisi ini sering dikaitkan dengan adanya gejala penyakit jantung. Meski hal tersebut memang benar, akan tetapi sakit di dada tersebut bisa juga karena masalah kesehatan lain. Entah itu karena adanya gangguan pencernaan, paru-paru, atau bahkan kondisi psikis.

1. Serangan Jantung

Seperti yang Anda ketahui, serangan jantung sering menjadi penyebab nyeri dada di sebelah kiri hilang dan timbul. Kondisi ini biasanya terjadi akibat tersumbatnya aliran darah sehingga dapat mengganggu kerja otot jantung. Pada umumnya, serangan jantung akan menimbulkan rasa sesak, tekanan, dan layaknya tertindih pada bagian dada. Selain itu, penderita jantung juga disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Batuk-batuk
  • Pusing
  • Mengi
  • Keringat dingin
  • Sesak napas
  • Mual dan muntah
  • Rasa cemas yang luar biasa yang mirip dengan serangan panik
  • Nyeri menjalar sampai lengan kiri, punggung, rahang, leher, dan perut

2. Angina

Angina adalah salah satu gejala adanya penyakit jantung koroner yang akan menimbulkan tekanan, rasa tidak nyaman, dan rasa nyeri di dada. Kondisi tersebut biasanya terjadi saat adanya penyempitan arteri sehingga akan membuat aliran darah menjadi tidak normal.

Kurangnya suplai darah bisa menyebabkan jantung tidak memperoleh oksigen yang cukup. Akibatnya, penderita akan merasakan sesak atau rasa nyeri dada seperti ditusuk-tusuk. Pada umumnya, angina ini hanya terjadi sesaat setelah penderita menjalani aktivitas fisik berat yang bisa memicu jantung bekerja lebih keras.

3. Kanker Paru-paru

Selain kondisi di atas, sakit pada bagian dada sebelah kiri yang tidak kunjung sembuh juga dapat mengindikasikan kanker paru-paru. Penderita penyakit ini akan mengalami batuk yang secara terus-menerus, mengi, dahak berdarah, suara serak , atau peradangan di paru-paru. Meski bisa terjadi pada siapa saja, tapi perokok aktif dan pasif cenderung memiliki risiko tinggi mengalaminya.

4. Masalah Paru-paru

Penyebab nyeri dada di sebelah kiri yang hilang timbul juga dapat dikarenakan masalah paru-paru, mulai dari pneumonia, pleuritis, hipertensi pulmonal, pneumotoraks, dan emboli paru. Pada umumnya, kondisi tersebut disebabkan karena infeksi, peradangan, ataupun gangguan lain yang biasanya akan memicu masalah pada paru-paru.

Adapun gejala-gejala bagi penderita gangguan paru-paru, antara lain :

  • Pusing
  • Lemah dan lesu
  • Sakit dada yang tajam serta menusuk saat bernapas
  • Batuk yang disertai dengan dahak atau darah
  • Napas yang terengah-engah

5. Cedera Tulang dan Otot

Penyebab rasa nyeri pada dada sebelah kiri yang hilang timbul selanjutnya adalah cedera, entah itu tulang dada, rusuk retak, otot tertarik, saraf tertekan, dan memar. Selain itu, cedera pada bagian dada juga akan menimbulkan rasa sakit saat Anda batuk atau sekedar menarik napas.

Bila Anda mengalami kondisi ini, ada baiknya Anda segera diberikan perawatan agar mencegah perkembangan risiko cedera lanjutan pada organ-organ vital dalam tubuh.

6. Gangguan Saluran Pencernaan

Penyebab rasa nyeri dada sebelah kiri atas payudara yang berikutnya adalah gangguan pada saluran pencernaan, seperti penumpukan gas di bagian usus. Kondisi tersebut biasanya akan membuat usus tertekan sampai menimbulkan rasa sakit di dada yang biasanya disertai dengan kentut, bersendawa, dan perut terasa kembung.

Gangguan pencernaan penyebab nyeri dada pada sebelah kiri lainnya yaitu Gastro Esophageal Reflux Disease atau GERD. Hal tersebut merupakan gangguan asam lambung yang bisa merusak kerongkongan dan akan mengakibatkan nyeri pada ulu hati.

Cara Mengatasi Nyeri Dada di Sebelah Kiri

Penyebab Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri Atas Payudara

Jika Anda mengalami rasa sakit dada sebelah kiri, sebaiknya Anda jangan buru-buru cemas dan panik, ya. Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasi nyeri dada di sebelah kiri hilang timbul berikut ini :

1. Gaya Hidup Sehat

Penting juga jika Anda untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat, mulai dari menghindari rokok, berhenti konsumsi alkohol, dan melakukan olahraga rutin. Ya, hal ini merupakan kunci utama jika Anda ingin terhindar dari penyakit serius penyebab nyeri dada.

2. Bawang Putih

Siapa sangka jika bawang putih dapat digunakan untuk cara mengatasi nyeri pada dada sebelah kiri. Journal of Cardiovascular Disease Research juga telah menjelaskan bahwa rempah yang satu ini bisa membantu Anda mengurangi penumpukan plak pada arteri.

3. Es Batu

Cara untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri yang selanjutnya adalah mengompres dengan menggunakan es batu. Kompres dingin menggunakan es batu ini bisa membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan dan menghentikan sakit yang Anda alami.

4. Susu Almond

Tahukah Anda, beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa kacang almond dapat menjadi cara untuk mengatasi nyeri dada di sebelah kiri atas payudara yang efektif, lho. Meski tidak langsung menghilangkan rasa sakit, namun dengan mengonsumsi susu almond sangat baik bagi kesehatan jantung dan menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.