Penyebab Bokong Jadi Tepos yang Wajib Anda Ketahui

Read Beauty – Tidak hanya bentuk tubuh, bentuk bokong ternyata bisa menyimpan arti tertentu di dalamnya. Mungkin Anda mempunyai bentuk bokong tepos atau malah tebal. Nah, bisa jadi hal tersebut ada makna tertentu yang belum Anda ketahui dengan benar.

Arti Bentuk Bokong yang Belum Anda Ketahui

Penyebab Bokong Jadi Tepos yang Wajib Anda Ketahui

1. Bulat dan Berisi

Anda mempunyai bentuk bokong yang besar dan berisi? Hal ini mungkin menjadi kabar baik untuk kesehatan Anda. Salah satu penelitian di dalam International Journal of Obesity telah menemukan bahwa tumpukan lemak di bokong bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Dari penelitian ini juga telah diketahui bahwa orang yang mempunyai bentuk bokong yang bulat, cenderung mempunyai kadar kolesterol yang normal dan memiliki peluang rendah terkena penyakit kronis seperti diabetes.

Biasanya, bokong yang berbentuk bulat dan berisi ini juga bisa menandakan bahwa otot pada paha belakang dilatih dengan rutin. Sehingga bokong akan naik dan terlihat berisi. Walaupun ada tumpukan lemak di dalamnya, namun otot di area tersebut juga akan terbentuk. Jadi, akan semakin kecil peluang Anda bisa terserang penyakit kronis.

2. Lebar dan Datar

Bokong yang datar atau biasa disebut tepos ternyata mempunyai arti tersendiri. Bentuk bokong yang datar dan lebar bisa menandakan bahwa otot-otot pada area pinggul lemah dan jarang dipakai. Biasanya, orang yang mempunyai bentuk bokong seperti ini biasa duduk dengan sangat lama dan tidak rutin melakukan olahraga.

Bukannya tidak sehat, namun hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan tumpukan lemak di bokong sudah banyak dan otot menjadi semakin lemah jika tidak digunakan. Jika dibiarkan maka dapat membuat Anda mengalami penyakit kronis tertentu.

Apalagi, jika saat ini Anda masih melakukan kebiasaan kurang gerak. Lama-kelamaan, berat badan Anda akan meningkat dan jumlah lemak di bokong bertambah.

Oleh karena itu, usahakan agar tetap aktif menggerakkan otot-otot pada area pinggul. Jika Anda merasa sudah terlalu duduk, Anda dapat berjalan-jalan sebentar lalu melakukan peregangan. Atau Anda bisa luangkan satu sampai dua menit per hari melakukan squat, agar bokong Anda menjadi bulat dan naik.

3. Kecil di bokong, besar di bagian pinggang

Mempunyai ukuran bokong yang kecil sementara pada area perut dan pinggang berukuran besar membuat Anda bisa berisiko besar terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Biasanya, orang yang mempunyai bentuk bokong seperti ini, otomatis akan mempunyai bentuk tubuh apel di bagian dada, lengan, perut tebal yang berisi. Orang yang menyimpan lemak di bagian pinggang mungkin mempunyai risiko harapan hidup yang rendah, bahkan jika dia tidak kelebihan berat badan.

Penyebab Bokong Tepos

Penyebab Bokong Jadi Tepos yang Wajib Anda Ketahui

1. Bokong dinamis

Bokong diketahui terdiri dari tiga kelompok otot yaitu gluteus medius, gluteus maximus, dan gluteus minimus yang disebut dengan glutes. Otot-otot ini elah melekat pada bagian tulang panggul. Bentuk panggul akan menentukan bentuk umum dari bagian bokong Anda.

Wanita mempunyai persentase lemak tubuh yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pria karena kadar estrogen. Hormon ini akan menyebabkan wanita mengumpulkan lemak di bagian pinggul, bokong, dan paha selama sudah melahirkan anak. Lekukan punggung juga akan memengaruhi bentuk bokong.

2. Postur siaga

Coba Anda lihat di cermin bagaimana bentuk tubuh Anda ketika berdiri. Jika bahu Anda membungkuk, dan tidak berdiri tegak, maka postur tubuh Anda tidak benar. Hal itu yang bisa menyebabkan bokong tepos.

Wanita yang memiliki postur tubuh yang baik akan memiliki bokong yang lebih bulat karena kurva alami di bagian punggung bawah yang mengangkat bokong. Untuk bisa memeriksa postur tubuh, maka Anda harus berdiri tegak dengan punggung menempel di dinding.

3. Menopause

Genetika dan penuaan bisa juga menyebabkan bokong tepos. Menopause dapat menyebabkan tingkat estrogen menjadi lebih rendah, sehingga akan menurunkan jumlah lemak yang telah disimpan di bagian bokong.

Membangun otot dan menambahkan bentuk yang cukup besar di bokong Anda. Targetkan glutes Anda dengan melakukan latihan tertentu.

Berjalan menanjak akan membuat glutes Anda bekerja, dan bisa membuat otot-otot Anda berputar dan menghasilkan bokong. Langkah ke depan lalu menurunkan lutut Anda kembali ke tanah. Lakukan dalam 30 menit, selama lima kali seminggu, dengan jumlah total 20 kali.

4. Kegemukan

Makan yang cukup kalori untuk bisa menjaga berat badan yang sehat. Jika tidak, maka Anda memotong 500 kalori sehat untuk bisa mengurangi berat badan sambil meningkatkan latihan sampai Anda mencapai berat badan yang diinginkan.

Wanita yang membutuhkan berat badan yang sehat untuk bisa melakukan distribusi lemak yang cukup di bagian bokong. Terlalu banyak lemak bisa mengurangi kepadatan, maka ciptakan dengan melakukan latihan glutes.

Cara Membesarkan Bokong Tepos

Penyebab Bokong Jadi Tepos yang Wajib Anda Ketahui

Bokong yang kencang jelas bisa menaikan rasa percaya diri. Selain indah, bokong yang kencang juga bisa membuat tampilan tubuh menjadi lebih sexy. Untuk bisa mendapatkan bentuk bokong yang kencang, ada beragam macam cara yang bisa dilakukan. Anda dapat mulai dengan melakukan senam, dan gerakan ringan yang bisa mengencangkan dan memperkuat punggung, otot bokong, dan paha, antara lain:

1. Squat

Gerakan Squat ini berfungsi menguatkan otot di sekitar punggung dan kaki. Saat Anda melakukan gerakan ini, pastikan bahwa punggung Anda dalam posisi lurus ke depan. Jaga berat badan agar posisi tumit dan jari kaki Anda sejajar dan jangan sampai lutut melebihi jari-jari kaki Anda.

2. Angkat Kaki dengan Posisi Terbalik

Target gerakan ini yaitu pada bagian punggung dan kaki. Ketika Anda mengangkat kedua kaki, pastikan kaki Anda berada di posisi yang sejajar dengan punggung. Selama Anda mengangkat kaki, Anda mungkin akan merasakan otot-otot bokong Anda berkontraksi. Sebaiknya Anda menjaga otot perut agar tetap berkontraksi selama latihan.

3. Tendangan satu kaki (One-leg kickbacks)

Latihan ini dapat mengencangkan otot bokong Anda sekaligus punggung Anda dengan cepat. Jika Anda rutin melakukan gerakan ini ketika berolahraga, dalam beberapa hari Anda bisa merasakan perbedaannya. Gerakan ini juga bisa dilakukan dimana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.