Modus Penipuan Scarlett Whitening Murah (Harga Rp200.000 / 7 item, Rp350.000 / 10 item)

ads

Bagaimana cara beli Scarlett Whitening asli agar terhindar dari penipuan? Pernah menjumpai penawaran Scarlett dengan harga Rp350.000 / 10 item, atau bahkan Rp200.000 / 7 item? Buat kalian yang ingin beli produk Scarlett, entah itu serum, body lotion, cream, scrub, facial wash, maupun lainnya, kalian jangan sampai tergiur dengan penawaran Scarlett dengan harga yang tak wajar.

Sudah banyak orang kena tipu karena tergiur dengan akun olshop yang menawarkan Scarlett dengan harga murah, terutama orang yang ingin berjualan Scarlett. Ingin mendapatkan produk dengan harga murah, supaya bisa dijual lagi untuk mendapatkan untung, eh malah ketipu.

Marak Penipuan Scarlett di FB dan IG
Penipu memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk melancarkan aksinya. Biasanya penipu menawarkan Scarlett dengan harga jauh di bawah harga grosir. Misalnya, Rp350.000 dapat 10 item, yang mana ini adalah harga yang tak masuk akal. Penipu beralasan ambil langsung dari pabrik.

Kejanggalan lainnya adalah, penipu itu tidak mau melakukan transaksi lewat marketplace. Padahal kalau dia bisa mendapatkan Scarlett dengan harga segitu, maka tidak susah untuk mendapatkan penjualan dari marketplace. Selain itu, penipu juga hanya melayani pembelian lewat transfer, tidak bisa COD. Ini bukan berarti penjual yang tak menerima COD itu penipu ya.

Maksudnya, kalau memang benar-benar seller, seharusnya tidak keberatan kalau transaksi diarahkan ke marketplace. Kecuali kalau harga yang ia tawarkan lebih mahal ketimbang harga di marketplace, sehingga takut kalau calon pembeli malah membeli di toko lain.

Penipu Memasang Bukti Transfer dan Bukti Pengiriman Palsu
Agar calon pembeli percaya, penipu juga seringkali posting bukti transfer dan bukti pembayaran, yang mana ini bisa direkayasa. Namun, selama harga yang ditawarkan itu tak wajar, maka patut dicurigai. Harga grosir Scarlett itu Rp50.000, dengan minimal order 48 pcs. Jadi, kalau ada seller yang menjual Scarlett Rp35.000 per item kemasan utuh, maka itu adalah penipuan. Bahkan ada juga penipu yang menawarkan Scarlett dengan harga Rp200.000 dapat 7 item (berarti harga per item kurang dari Rp30.000).

Modus Penipuan Scarlett Murah
Penipu menawarkan Scarlett dengan harga yang tidak wajar, bahkan pembeli tak perlu bayar ongkir. Padahal kirim barang itu mesti bayar ongkir. Kalau pembeli tak menanggung ongkir, berarti penjual yang menanggung ongkir. Harga murah ditambah tanpa ongkir, tentu bikin pembeli tertarik.

Penipu memanfaatkan akun media sosial, bahkan tak tanggung-tanggung menggunakan iklan berbayar untuk melancarkan aksinya. Saya tak perlu menyebutkan nama-nama akun penipuan Scarlett, karena ada banyak, cukup kalian pahami saja ciri-cirinya.

Setelah korban melakukan pembayaran, kemudian penipu seolah-olah memproses pesanan. Setalah itu, korban diminta melakukan aktivasi ke nomor WA lain, yang diklaim sebagai nomor tukang paket. Korban menghubungi WA tersebut untuk menanyakan status paketnya, kemudian diminta untuk menyebutkan nomor resi. Kemudian orang yang katanya tukang paket itu memberitahu kalau paket tersebut harus diasuransikan karena termasuk benda cair.

Ujung-ujungnya, korban disuruh transfer ke nomor yang katanya tukang paket tersebut. Barang tak dikirim, korban malah ketipu dua kali. Pertama, transfer untuk pembelian barang. Kedua, transfer untuk membayar asuransi.

Sebenarnya, jika nomor resi sudah keluar, itu bisa dicek status pengirimannya. Kalau paket tidak diasuransikan, berarti pengirim tak perlu membayar asuransi. Kalau paket sudah diproses, kemudian mau diasuransikan, berarti paket harus dibatalkan dulu. Kalau diproses lagi dengan penambahan asuransi, berarti nomor resinya berbeda.

Jika kalian mau memastikan apakah barang pesanan kalian sudah dikirim atau belum, pastikan nomor resi yang diberikan penjual adalah nomor resi yang valid, bisa dilacak di web layanan ekspedisi terkait, atau melalui web pelacakan resi. Pastikan juga nama penerimanya juga sesuai.

Dalam modus penipuan Scarlett tadi, akun WA yang mengaku tukang paket sebenarnya adalah komplotan penipu, atau bisa jadi malah si penipu itu sendiri.

Tips Menghindari Penipuan Scarlett

1. Hindari penawaran Scarlett dengan harga tak wajar
Reseller Scarlett tidak mungkin menjual Scarlett di bawah Rp50.000, kecuali dia mau jual rugi. Harga grosir Scarlett kalau order di pusat, semurah-murahnya Rp50.000. Kalau ada seller yang menjual Scarlett Rp200.000 per 7 item, fix itu adalah penipuan.

2. Gunakan aplikasi GetContact
Dengan aplikasi ini, kalian bisa memasukkan nomor HP penjual Scarlett untuk mengetahui apakah ia penipu atau bukan. Jika ada indikasi penipuan, maka sebaiknya hindari.

3. Membeli Scarlett di marketplace
Ada banyak reseller yang menjual Scarlett di marketplace, dengan harga yang beragam. Meskipun tak sepenuhnya aman, misalnya barang yang dikirim kurang, tidak sesuai, rusak, setidaknya pembeli bisa mengajukan komplain jika ada masalah dalam pemesanan.

Kalian juga bisa membeli Scarlett lewat toko official Scarlett di Shopee, dan karena official, pastinya produk yang dijual adalah produk asli.

4. Pilih seller yang bisa COD
Bagi kalian yang tidak terbiasa belanja di Shopee, kalian bisa membeli Scarlett kepada seller yang berpromosi di media sosial entah itu di Facebook / Instagram. Di FB kan ada fitur marketplace, masukkan kata kunci “scarlett” kemudian set lokasinya sesuai dengan tempat tinggal, untuk mencari penjual Scarlett di wilayah kalian. Kalau ada, kalian bisa melakukan transaksi dengan datang langsung ke penjual, atau minta barang dikirim. Kalau ragu transfer duluan, kalian bisa minta bayar di tempat. Sekarang sudah banyak kok seller yang melayani pembayaran COD.

Demikian pembahasan tentang modus penipuan Scarlett Whitening. Punya pengalaman kena tipu sama penipu yang menawarkan Scarlett murah? Silakan bagi cerita kalian lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *