Manfaat Tomat untuk Wajah, Ampuh Hilangkan Bekas Luka

Tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, manfaat tomat bagi kesehatan kulit wajah juga jangan Anda lewatkan. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui mampu menjaga kelembapan kulit dan mampu mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Banyak orang yang mengenal buah tomat sebagai sumber dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, tidak sedikit juga yang belum mengetahui bahwa buah tomat ini juga baik bagi kesehatan wajah.

Tidak hanya vitamin A, buah tomat juga memiliki kandungan beragam nutrisi lain, seperti protein, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, tomat juga dikenal dengan tinggi antioksidan, seperti likopen dan flavonoid, yang mampu melindungi tubuh dan kulit dari adanya dampak radikal bebas.

Cara Konsumsi Tomat dengan Tepat

Manfaat Tomat untuk Wajah, Ampuh Hilangkan Bekas Luka

Manfaat dari tomat untuk wajah bis Anda peroleh dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Selain itu, tomat juga sering digunakan untuk bahan dasar dalam beragam produk perawatan kulit wajah.

Nah, berikut ini adalah manfaat tomat untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

1. Mampu Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk mengangkat sel kulit mati, Anda harus melakukan eksfoliasi secara rutin. Nah, tomat dapat Anda gunakan sebagai agen eksfoliasi wajah karena memiliki kandungan flavonoid dan pektin.

Karena khasiat tomat ini, Anda dapat menjadikan tomat untuk bahan perawatan wajah alami agar bisa mengangkat sel kulit mati.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan gula secukupnya. Selanjutnya, Anda oleskan ke kulit wajah dan kemudian gerakan memutar secara perlahan.

2. Dapat Melembapkan Wajah

Kandungan vitamin E yang ada di dalam tomat ini dipercaya bisa menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan kalium, yaitu mineral yang dibutuhkan kulit wajah agar tetap terhidrasi. Namun, manfaat tomat sebagai pelembap wajah juga perlu diteliti lebih lanjut untuk bisa memastikan efektivitasnya.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Manfaat dari tomat untuk wajah yang berikutnya adalah bisa mencegah penuaan dini. Manfaat ini bisa diperoleh berkat adanya kandungan vitamin B di dalamnya. Vitamin B diketahui telah berperan dalam perbaikan sel kulit sehingga dapat mencegah munculnya kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dianjurkan mengonsumsi tomat secara langsung. Pasalnya, sampai saat ini, belum ada bukti bahwa adanya penggunaan tomat sebagai masker wajah mampu memberikan manfaat yang serupa saat Anda memakannya secara langsung

4. Bisa Merangsang Produksi Kolagen

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam tomat bisa merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga elastisitasnya sehingga kulit wajah tampak lebih kencang dan awet muda. Tidak hanya itu, asupan kolagen yang tercukupi dengan baik juga mampu menjaga kelembapan kulit wajah.

5. Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat dari tomat untuk wajah yang selanjutnya didapat dari vitamin C. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C untuk wajah bisa membantu meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen ini akan membentuk pertumbuhan jaringan baru dan kemudian menutup jaringan yang luka.

Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan sehingga sangat penting untuk melawan radikal bebas pada sel kulit yang terluka.

Kondisi tubuh yang kekurangan senyawa bersifat antioksidan dapat menyebabkan pembuluh darah rapuh sehingga sangat rentan mengalami perdarahan.

6. Mampu Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan likopen yang ada pada tomat bermanfaat untuk melindungi kulit dari adanya paparan sinar matahari, khususnya dari sinar ultraviolet.

Meski demikian, Anda tetap perlu untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi dengan maksimal.

Cara Menggunakan Tomat untuk Wajah yang Tepat

Manfaat Tomat untuk Wajah, Ampuh Hilangkan Bekas Luka

Sebenarnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa manfaat mengoleskan tomat untuk wajah.

Sebagian besar manfaatnya berasal dari makan tomat dalam keadaan mentah untuk wajah. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, ada beberapa cara perawatan kulit yang dapat Anda lakukan.

1. Mengoleskannya Langsung ke Wajah

Hancurkan tomat mentah sampai halus, kemudian rendam kapas di dalamnya.

Setelah itu, Anda dapat oleskan wajah dengan kapas yang berlumur tomat. Bilas menggunakan air hangat. Anda juga dapat mengoles jus tomat yang telah diblender.

2. Menggunakan Masker Tomat

Anda dapat menambahkan oatmeal atau yoghurt untuk membuat masker wajah dengan bahan tomat. Campurkan semua bahan, oleskan pada wajah dan tunggu dalam 20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari tomat dengan menjadikannya sebagai dari perawatan wajah Anda, maka gunakanlah dengan hati-hati. Hal ini karena sebagian orang dapat mengalami reaksi alergi akibat dari penggunaannya.

Agar meminimalkan terjadinya risiko tersebut, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan sedikit tomat yang telah dihaluskan atau produk kecantikan yang berbahan dasar tomat ke lengan terlebih dahulu. Jangan sampai menggunakannya secara terus-menerus jika muncul reaksi alergi yang berupa rasa gatal, bentol, dan ruam kulit.

3. Perawatan Totol di Wajah

Alih-alih dengan mengoleskan tomat ke seluruh wajah, Anda juga bisa mengolesnya ke bagian tertentu. Gunakan jus tomat pada area yang diperlukan, seperti kulit yang kering atau menggelap (hiperpigmentasi).

Beberapa manfaat dari tomat untuk wajah ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut. Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan tomat sebagai perawatan kulit wajah Anda secara langsung, apalagi jika kulit Anda tergolong dengan kulit sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.