Manfaat Baby Oil untuk Wajah

Baby oil atau minyak untuk bayi telah lama menjadi produk andalan untuk para orang tua yang mempunyai bayi. Baby oil biasanya digunakan untuk kulit bayi setelah mandi yang bertujuan untuk melembapkan kulit sekaligus memberikan wangi segar pada bayi. Baby oil ini bisa dioleskan pada kulit bayi sebelum dipijat. Tekstur baby oil yang ringan ini dapat membantu melembutkan kulit bayi yang kering, terutama apabila dioleskan ketika kulit bayi sudah basah oleh air, seperti pada saat setelah mandi.

Baby oil inicbiasanya dibuat dari minyak kelapa, minyak alpukat, minyak almond, minyak jojoba, ataupun minyak bunga matahari. Beberapa baby oil juga mempunyai tambahan zat lain, seperti halnya vitamin E, vitamin A, lidah buaya, dan madu. Kebanyakan baby oil yang dijual di pasaran terdiri dari 98% minyak dan 2% parfum. Cara kerja baby oil ini adalah dengan cara membentuk semacam lapisan penghalang pada kulit. Penghalang tersebut dapat berfungsi untuk mengunci kelembapan yang sudah ada pada permukaan kulit supaya kulit tidak kering dan pecah.

Penggunaan dari baby oil tidak hanya untuk bayi saja. Orang dewasa atau remaja juga dapat merasakan manfaat dari baby oil. Ada banyak manfaat dari penggunaan baby oil untuk wajah yang harus Anda ketahui berikut ini.

1.Melembabkan Wajah

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

Baby oil ini bersifat non-comedogenic, artinya baby oil tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit Anda. Jadi, jika Anda mempunyai jenis kulit kering hingga normal, baby oil bisa digunakan untuk melembapkan wajah Anda.Tuangkan beberapa tetes baby oil ini pada tangan kemudian oleskan dengan lembut ke wajah Anda. Baby oil ini dapat menyehatkan kulit kering dengan mengunci kelembapan. Sementara itu, untuk hasil yang lebih baik, oleskan minyak ke wajah Anda segera setelah mandi.

2.Meredakan Gatal Pada Kulit

Para peneliti telah menemukan bahwa bahwa baby oil bisa membantu meringankan ketidaknyamanan kulit, termasuk rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan kondisi kulit kering dan kondisi seperti psoriasis. Menurut sebuah studi dalam tahun 2012 dalam Journal of Clinical Nursing, baby oil ini membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan ketika dipijat ke bagian tubuh yang gatal setidaknya kurang lebih selama 15 menit per hari selama 3 minggu.

3.Menghapus Riasan Mata

Manfaat Baby Oil untuk WajahPecinta riasan wajah bisa menggunakan baby oil untuk menghapus riasan terutama pada bagian mata. Biasanya, eyeliner yang tebal dan anti air bisa sulit untuk dihilangkan. Menggunakan baby oil bisa dengan mudah untuk menghapus riasan mata tersebut. Berikut ini caranya: Rendam bola kapas dengan baby oil kemudian usapkan perlahan pada area kelopak mata untuk menghapus riasan. Ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan eyeshadow dan eyeliner tanpa mengakibatkan iritasi kulit halus di sekitar mata.

4.Menghilangkan Noda di Kulit Wajah

Manfaat baby oil untuk wajah juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan pada noda di kulit wajah. Misalnya, jika wajah Anda tidak sengaja terkena coretan tinta atau spidol. Cara menggunakan baby oil untuk menghilangkan noda di kulit wajah sama halnya seperti langkah menghapus make up dengan baby oil. Cukup tuangkan beberapa tetes baby oil pada kapas. Kemudian, usap noda yang terdapat pada kulit dengan lembut. Bersihkan secara menyeluruh sampai nodanya hilang.

5.Menyamarkan Kantung Mata

Menyamarkan kantung mata yang menghitam dan bengkak juga menjadi salah satu manfaat dari baby oil untuk wajah. Cara menggunakan baby oil untuk samarkan kantung mata yaitu cukup teteskan baby oil secukupnya skitar area bawah mata. Kemudian, pijat secara ringan area bawah mata dengan menggunakan jari-jari tangan Anda selama kurang lebih 2 menit. Kemudian, bersihkan sisa-sisa minyak dengan menggunakan kapas atau tisu.

6.Mengatasi Bibir Kering

Mengatasi bibir kering  juga telah menjadi salah satu manfaat dari baby oil untuk wajah orang dewasa. Bibir kering tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Penggunaan lipstik juga jadi tidak terasa maksimal karenanya. Anda dapat membuat scrub bibir alami dengan mencampurkan beberapa tetes baby oil, perasan jeruk lemon yang segar, dan ½ sendok teh gula pasir dalam mangkuk kecil. Kemudian, aduk merata. Oleskan pada permukaan bibir Anda dan menggosoknya secara perlahan selama kurang lebih 3-4 menit. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan warna bibir pink alami dan lembap. Anda dapat melakukan perawatan ini dengan rutin ketika sedang tidak menggunakan lipstik.

7.Merapikan Alis

Manfaat Baby Oil untuk WajahManfaat baby oil untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat merapikan bulu alis. Jika Anda mempunyai bulu alis yang sulit untuk dirapikan, cara menggunakan baby oil ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Kegunaan baby oil ini bisa membantu Anda untuk membentuk alis sesuai yang Anda inginkan dan membuatnya tampak lebih rapi. Cara menggunakan baby oil untuk merapikan bulu alis sangat mudah yaitu dengan spoolie.

Spoolie merupakan sikat khusus yang digunakan untuk merapikan alis, bentuknya mirip dengan aplikator maskara. Oleskan sedikit baby oil pada spoolie, kemudian aplikasikan sedikit eyeshadow atau maskara. Hal tersebut bertujuan untuk mempertegas warna alis yang Anda inginkan.

8.Sebagai Pengganti Cream Cukur

Ternyata, manfaat baby oil untuk wajah juga dapat digunakan sebagai pengganti cream cukur. Bagi sebagian pria, mencukur rambut pada wajah harus dilakukan dengan rutin agar menjaga penampilan. Namun, mencukur tanpa menggunakan krim cukur dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Jadi, jika Anda kehabisan cream pencukur, cara menggunakan baby oil ini bisa menjadi solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.