Kenapa Scarlett tidak dijual di Indomaret / Alfamart?

ads

Kenapa produk-produk Scarlett Whitening tidak dijual di Indomaret / Alfamart? Padahal kalau ada di minimarket tersebut kan lebih gampang belinya, tidak harus lewat online. Banyak skincare yang sudah dijual di kedua minimarket tersebut.

Minimarket menjual berbagai macam keperluan sehari-hari, termasuk kosmetik. Di minimarket ada sabun, shampo, lulur, cream, parfum, masker, deodorant, dan sebagainya. Tak perlu khawatir soal keamanannya, kosmetik yang dijual di Indomaret / Alfamart adalah kosmetik yang legal dan aman. Masa iya minimarket yang memiliki nama besar, menjual kosmetik abal-abal?

Namun, kosmetik yang dijual di Indomaret dan Alfamart hanya kosmetik tertentu saja. Berhubung minimarket ini bukanlah toko kosmetik, maka etalasenya harus dibagi-bagi, bukan untuk produk kosmetik saja. Sebagai info, kosmetik itu bukan sekedar yang dipakai untuk merias wajah, tetapi mencakup produk perawatan, termasuk sabun, cream wajah, bahkan pasta gigi juga termasuk golongan kosmetik.

Kenapa Indomaret dan Alfamart tidak jual Scarlett Whitening?
Scarlett sebagai brand kosmetik yang kini lagi booming memang banyak dicari. Apalagi pihak Scarlett menggandeng artis Korea sebagai bintang iklannya. Scarlett kini bukan hanya menyediakan body lotion, serum, facial wash, body wash, body wash, shampoo, dan conditioner saja, tetapi kini juga sudah mengeluarkan produk cream wajah dan toner. Variasi produk juga makin banyak.

Tapi, kenapa hingga kini produk Scarlett belum tersedia di Indomaret dan Alfamart? Sebenarnya keputusan untuk memasukkan produk-produk Scarlett ke minimarket tersebut bergantung pada pihak Scarlett, apakah mau mendistribusikan produk-produknya ke minimarket tersebut atau tidak. Dengan nama yang sebesar itu, saya yakin pihak minimarket tidak menolak tawaran dari pihak Scarlett.

Apalagi Indomaret dan Alfamart memiliki banyak cabang. Bahkan dalam satu kecamatan bukan hanya satu atau dua saja, bisa sampai lima, atau bahkan lebih. Di kecamatan saya saja, Alfamart ada lebih dari 5.

Namun, ada kekurangan dan kelebihan kalau Scarlett dijual di Indomaret / Alfamart? Kalau dari segi pembeli, diuntungkan karena mereka tidak perlu pesan lewat online untuk beli Scarlett, tinggal ke minimarket. Tapi, kalau sebagai penjual, berarti mereka harus bersaing dengan minimarket tersebut dalam berjualan Scarlett. Mending kalau misalnya minimarket tersebut menjual produk Scarlett dengan harga konsumen seperti toko official Scarlett, yakni Rp75.000. Kalau lebih murah dari itu, misal Rp55.000, maka ini bisa menyulitkan penjual Scarlett dengan modal kecil.

Sebagai informasi, harga grosir Scarlett adalah Rp50.000 per item. Sedangkan rekomendasi harga jualnya adalah Rp75.000. Meskipun begitu, banyak yang menjualnya dengan harga lebih murah, hingga Rp55.000, supaya laris meskipun keuntungannya sedikit.

Pro dan Kontra Jika Scarlett Dijual di Indomaret Alfamart
Nama Scarlett menjadi besar tak lepas dari peranan para reseller-nya. Jika pihak Scarlett memutuskan untuk mendistribusikan produk-produknya lewat Indomaret dan Alfamart, ini bisa menyulitkan para reseller, karena harus bersaing dengan minimarket tersebut.

Tapi, pembeli bisa memesan Scarlett lewat online, kemudian bayar lewat Indomaret, dan ambil paketnya juga di Indomaret. Dalam hal ini, Indomaret bukan sebagai penjual, tetapi sebagai perantara pembayaran. Di marketplace seperti Shopee tersedia pilihan pembayaran Indomaret.

Caranya, kalian pesan Scarlett di Shopee, pilih pembayarannya melalui Indomaret. Pilih yang menyediakan pengiriman via Indopaket (jasa pengiriman barang melalui Indomaret).  Kemudian ambil Scarlett yang kalian pesan di Indomaret jika sudah sampai.

Setuju atau tidak?
Kalau sebagai penjual, saya tidak setuju kalau Scarlett didistribusikan di Indomaret dan Alfamart. Banyak skincare yang terkenal di internet, yang tidak didistribusikan di kedua minimarket tersebut, misalnya saja MS Glow. Kalau merk yang satu ini mungkin karena alasan harganya yang terlalu mahal ketimbang kosmetik sejenis yang dijual di Indomaret / Alfamart. Selain itu, MS Glow juga memiliki sistem pemasaran tersendiri, ada sistem keanggotaannya.

Tapi kalau Scarlett tidak menggunakan sistem pemasaran seperti MS Glow. Di Scarlett tidak ada keanggotaan resmi, tidak ada yang namanya agen resmi. Kalau mau pesan grosir, ya tinggal pesan saja, tidak ada sistem keanggotaan, tidak ada kartu member, pembeli juga tidak perlu repot-repot menggunggah data diri seperti KTP. Tinggal pesan seperti memesan barang lewat online pada umumnya.

Lalu bagaimana kalau sebagai pembeli? Apakah kalian setuju kalau produk-produk Scarlett dijual di Indomaret dan Alfamart?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *