Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Mempunyai wajah yang mulus dan bersih agar terlihat cantik dan mempesona adalah impian bagi setiap wanita. Selain munculnya jerawat kemunculan flek hitam di wajah bisa menurunkan kecantikan wajah Anda dan otomatis juga bisa membuat Anda tampil tidak percaya diri.

Flek hitam adalah noda atau bercak berwarna kehitaman yang ada di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Kondisi ini umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan diri bagi para penderitanya.

Penyebab Flek Hitam

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi pada kulit wajah yang disebabkan karena peningkatan melanin, zat yang ada di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen). Hiperpigmentasi terjadi saat area tertentu di wajah rusak. Hal tersebut dikarenakan kulit akan memproduksi melanin yang berlebih sehingga flek hitam pada wajah akan terlihat lebih jelas.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama munculnya flek hitam di wajah. Paparan sinar matahari secara langsung akan menyentuh kulit wajah dan akan mendorong kulit memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian akan memunculkan flek hitam pada wajah.

Tidak hanya itu, wajah yang terkena sinar matahari secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kanker kulit. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum Anda keluar rumah.

3. Bekas Jerawat

Tidak hanya jerawat yang bisa mengganggu penampilan kulit pada wajah. Begitu juga dengan adanya bekas jerawat. Bekas jerawat ini seringkali meninggalkan bintik yang lama-kelamaan menjadi flek hitam. Biasanya bekas jerawat akan membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, dan jika Andad tidak berusaha menghilangkan bekas jerawat maka menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.

4. Faktor Genetik

Tidak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan flek hitam, tapi faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam di wajah. Orang yang mempunyai faktor ini dalam tubuhnya cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang dikarenakan paparan sinar matahari, alergi ringan, ataupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya akan lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih cerah atau putih.

Ciri – Ciri Flek Hitam di Wajah

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Tidak sulit agar bisa mengenali ciri -ciri flek hitam. Berikut ini adalah ciri – ciri dari flek hitam di wajah :

  • Berwarna kecoklatan atau kehitaman. Biasanya flek hitam pada wajah sebelum muncul akan berwarna kecoklatan terlebih dahulu dan kemudian akan berwarna hitam.
  • Berbetuk bintik atau bercak. Ukuran yang bersimetris.
  • Ada di sekitar pipi, biasanya pada tulang pipi, dekat dengan hidung atau dibawah mata.
  • Berjumlah cukup banyak karena pada bentuknya seperti bintik atau bercak.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Jika Anda ingin menghilangkan flek hitam di wajah secara menyeluruh memang akan sulit. Pemakaian produk perawatan kulit juga tidak cukup untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa Anda lakukan:

1.Chemical peeling

Chemical peeling ini dilakukan dengan cara menggunakan cairan kimia, seperti asam glikolat, asam salisilat, atau asam trikloroasetat. Bahan ini akan bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit yang bermasalah dan mendorong regenerasi kulit yang lebih merata dan lebih sehat.

Secara umum, penanganan flek hitam wajib dilakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain dapat memberikan manfaat, penanganan ini juga berisiko bisa menyebabkan efek samping, salah satunya adalah iritasi kulit. Jika Anda mengalami efek samping tersebut, maka segera untuk periksakan diri ke dokter.

2.Menggunakan Sunscreen

Manfaat dari penggunaan tabir surya atau sunscreen sudah dirasakan oleh banyak orang. Selain dapat melindungi kulit terbakar oleh paparan sinar UV matahari, sunscreen juga bisa membantu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Anda bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 agar aktivitas Anda di luar ruangan tidak menstimulasi terjadinya produksi melanin lagi.

3.Terapi Laser

Terapi laser juga bisa menjadi pilihan buat Anda yang ingin menghilangkan flek hitam pada wajah. Terapi laser akan bekerja dengan cara menjadikan bintik-bintik gelap sebagai target dari adanya energi cahaya yang telah terkonsentrasi. Jika disederhanakan, terapi laser akan membakar lapisan kulit yang gelap.

Terapi laser bisa diaplikasikan di jenis kulit yang ringan. Energi laser hanya bisa membedakan kulit berwarna pada umumnya dengan warna bintik hitam. Sementara untuk sesorang yang memiliki kulit sensitif dan cenderung berwarna gelap, terapi laser tidak mudah diterapkan. Disarankan juga untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan metode lain.

Menghilangkan flek hitam menggunakan metode terapi laser mempunyai efek samping. Wajah bisa menjadi kemerahan dan akan mengalami pembengkakan. Anda tidak perlu khawatir, karena efek samping tersebut normal. Dalam jangka waktu beberapa hari ke depan, bintik hitam akan mengelupas sendiri seperti bubuk kopi.

4.Memakai Masker Alami Lidah Buaya

Selain dapat menyembuhkan jerawat dan komedo pada wajah, khasiat dari lidah buaya juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi flek hitam yang membandel di wajah. Lidah buaya ini memang dikenal mempunyai banyak khasiat pada kesehatan, terlebih lagi untuk kesehatan kulit.

Adanya kandungan senyawa aloin dan asam salisilat di lidah buaya mampu menghilangkan flek hitam dengan alami. Cara penggunaannya juga cukup sederhana. Anda hanya cukup mengoleskan gel lidah buaya ini ke permukaan kulit wajah yang terdapat flek hitam. Cara ini perlu Anda lakukan secara rutin dan konsisten agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.