Ingin Melakukan Akupunktur Wajah? Kenali Manfaatnya Lebih dulu

Terapi akupunktur sudah di kenal sejak lama dan merupakan bagian yang penting dalam pengobatan tradisional Cina. Terapi ini bertujuan untuk membantu mengobati rasa sakit di hampir seluruh tubuh, sakit kepala, dan bahkan mual. Salah satu manfaat dari pengobatan alternatif ini yaitu membantu mengatasi masalah kulit wajah. Akupunktur wajah dilakukan untuk membuat kulit wajah tampak lebih awet muda. Apakah benar demikian?

Apa Itu Akupunktur Wajah?

Ingin Melakukan Akupunktur Wajah? Kenali Manfaatnya Lebih dulu

Akupunktur wajah merupakan salah satu perawatan yang dapat membantu kulit wajah menjadi terlihat lebih muda, halus, dan sehat. Tidak jauh berbeda dengan akupunktur pada umumnya, akupunktur wajah ini dilakukan dengan cara jarum-jarum akan dipasang di bagian pipi.

Perawatan akupunktur ini sebaiknya dilakukan setelah Anda melakukan perawatan akupunktur pada seluruh tubuh secara teratur. Jika Anda hanya meletakkan jarum dalam jumlah besar pada wajah dan bukan di seluruh tubuh, hal ini akan mengakibatkan aliran energi yang tidak lancar pada wajah Anda.

Hal ini bisa mengakibatkan sakit kepala, kelesuan, dan ketidaknyamanan. Saat Anda melakukan akupunktur pada tubuh, Anda akan mengalami aliran energi dengan merata yang membantu untuk mendukung akupunktur wajah.

Akupunktur wajah biasanya dilakukan dengan memasukkan 40-70 jarum kecil pada bagian pipi dan tanpa rasa sakit. Saat jarum mulai menusuk kulit, nantinya akan menimbulkan luka, yang disebut sebagai mikrotrauma positif.

Saat tubuh Anda merasakan luka-luka ini, tubuh Anda akan masuk ke dalam fase perbaikan yang dipercaya mampu membuat wajah menjadi cerah dan lebih awet muda.

Tusukan ini akan merangsang ke dalam sistem limfatik dan peredaran darah. Dan akan bekerja untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel kulit Anda, sehingga akan memberi kulit yang bergizi dari dalam ke luar. Metode ini juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit dan meningkatkan kilau pada kulit Anda.

Mikrotrauma positif juga dapat merangsang produksi kolagen, yang bisa membantu meningkatkan elastisitas, dan meminimalkan garis-garis halus dan juga kerutan.

Manfaat Akupunktur Wajah

Ingin Melakukan Akupunktur Wajah? Kenali Manfaatnya Lebih dulu

Manfaat utama dari melakukan akupunktur wajah yaitu untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah. Seolah kulit akan terbangun dari tidur yang panjang, semua darah segar dan oksigen akan membanjiri wajah.

Namun tidak seperti suntik Botox ataupun filler, akupunktur wajah bukanlah suatu perawatan yang menghasilkan perubahan dengan cepat. Fokusnya yaitu untuk menciptakan perubahan dalam jangka panjang dalam kesehatan kulit dan tubuh, bukan untuk perbaikan cepat dalam jangka pendek. Berikut ini adalah manfaat melakukan perawatan akupunktur wajah :

1.Mencerahkan Kulit Wajah

Apakah ingin wajah Anda tetap cerah? Anda bisa lakukan terapi akupunktur wajah. Hal ini akan membantu menyamarkan noda pada wajah, mencegah wajah tampak kusam, dan mampu menjaga kulit tetap cerah.

2.Menjaga Kulit Agar Tetap Kencang

Tidak hanya untuk mencerahkan kulit, ternyata terapi ini juga mampu menjaga elastisitas kulit sehingga akan memicu pembentukan kolagen yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang.

3.Mencegah Jerawat

Percaya atau tidak jika terapi ini juga dapat mencegah dan mengobati jerawat. Gangguan keseimbangan hormone terutama pada saat menjelang menstruasi, bisa memicu timbulnya jerawat. Nah, akupunktur ini dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga masalah jerawat dapat teratasi.

4.Menghaluskan Kulit Wajah

Selain bisa membuat peredaran darah menjadi lancar, terapi ini juga mampu merangsang saraf dan mampu meningkatkan produksi kolagen, senyawa alami yang ada pada tubuh yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal dan halus.

5.Meningkatkan Kualitas Tidur

Sejak kapan Anda tahu bahwa akupunktur wajah dapat meningkatkan kualitas tidur? Benar, terapi ini bisa juga untuk mengurangi stres dan mampu meningkatkan kualitas tidur, lho. Apalagi, untuk penderita insomnia terapi ini sering dianjurkan.

6.Mencegah Munculnya Garis Keriput

Apakah Anda khawatir kulit wajah menjadi keriput? Lakukan saja peraturan akupunktur wajah. Hal ini karena terapi akupunktur dapat merelaksasi otot wajah sehingga mampu mencegah dan menyamarkan garis halus dan keriput pada wajah. Hal ini dipercaya oleh para wanita sehingga wajah akan tampak awet muda.

7.Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Apakah Anda mempunyai masalah dengan kantung mata? Sebaiknya Anda mencoba perawatan ini. Akupunktur wajah dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga akan memengaruhi otot-otot mata menjadi lebih rileks dan garis hitam pada mata akan berkurang.

Efek Samping Melakukan Akupunktur Wajah

Ingin Melakukan Akupunktur Wajah? Kenali Manfaatnya Lebih dulu

Meskipun akupunktur wajah ini bermanfaat untuk membantu kulit wajah memproduksi kolagen yang mampu mencegah penuaan, metode pengobatan ini juga mempunyai efek samping. Meski jarang terjadi atau hanya terjadi pada 20 persen orang, akupunktur wajah bisa meninggalkan bekas memar pada titik yang sudah ditusukkan jarum.

Namun, efek samping dan risiko ini cukup jarang dan terjadi pada orang yang memiliki kondisi tertentu. Sebagai contoh, adanya gangguan perdarahan atau diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol. Kemudian, ada efek yang kemungkinan muncul pada saat Anda melakukan akupunktur wajah yang tidak sekaligus dengan anggota tubuh yang lainnya, seperti:

  • Kulit yang terlihat kusam.
  • Adanya sakit kepala.
  • Ketidaknyamanan

Pastikan bahwa Anda melakukan perawatan ini dengan ahli akupunktur yang sudah berpengalaman dan berlisensi. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko yang akan terjadi.

Berapa Kali Akupunktur Dilakukan?

Melakukan Akupuntur wajah sebaiknya dilakukan dengan sebanyak sekali dan dua kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jika Anda telah mempunyai kerutan atau masalah kulit lainnya, maka disarankan untuk melakukan 15 kali perawatan.

Setelah perawatan akupunktur, Anda bisa melanjutkan ke spa sebagai tahap untuk pemeliharaan kulit wajah yang dilakukan dalam 4-8 minggu. Perawatan ini akan memungkinkan tubuh untuk bersantai dan pemulihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.