Efek samping cream Turbo aman atau berbahaya untuk wajah?

ads

Jika mendengar kata “turbo”, apa yang terbayang di pikiran kalian? Kalau dicari artinya di KBBI tidak ada, kata ini belum dicantumkan di KBBI. Turbo berkaitan dengan putaran mesin yang dipercepat. Lalu apa kaitannya dengan kosmetik? Nah, ada salah satu kosmetik yang menggunakan merk turbo. Penggunaan merk ini memberi kesan bahwa hasil pemakaian produk ini bisa tampak dalam waktu cepat.

Lalu apakah cream Turbo aman digunakan? Adakah efek samping cream Turbo untuk wajah? Pembahasan ini untuk orang yang peduli dengan keamanan kosmetik. Kalau untuk pecinta skincare abal-abal boleh lah baca, untuk menambah wawasan dan lebih berhati-hati dalam memilih skincare. Jadi, sebelum memakai skincare itu penting untuk mengetahui keamanan produk tersebut. Kalau tidak aman, sebaiknya dihindari, ketimbang kulit jadi kenapa-kenapa.

Apakah cream Turbo terdafar di BPOM?
Kalau dari segi kemasannya, sebenarnya kemasan cream Turbo cukup bagus, tampak seperti skincare yang ber-BPOM. Adapun paket cream Turbo terdiri dari krim malam yang diklaim bermanfaat untuk membuat wajah terlihat lebih cerah dan putih, menghilangkan noda bekas jerawat, dan memudarkan bintik hitam. Sedangkan krim siang Turbo diklaim bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mencegah pigmentasi, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Namun, meskipun kemasannya cukup baik, ternyata cream Turbo tak terdaftar di BPOM. Meskipun produk ini masih dijual lewat marketplace, tapi minim informasi terkait produk ini, karena penjualnya juga tidak banyak memberikan informasi produk ini di deskripsi produk. Jangankan nomor BPOM, komposisi, bahkan cara pakainya pun tidak disebutkan di deskripsi. Masa sih aku harus beli dulu untuk sekedar melihat komposisi krim Turbo?

Tapi, aku nggak perlu melakukan itu. Karena ada seorang dokter yang sudah mengulas krim Turbo dengan cukup jelas, aku bisa menggunakan kata-kata dari dokter tersebut sebagai referensi. Dokter yang aku maksud adalah dr. Richard Lee, yang sudah dikenal sebagai Youtuber yang suka review skincare. Bukan sekedar review biasa, apalagi review endorse, melainkan dibahas dari segi ilmu kedokteran, juga ada hasil tes laboratoriumnya. Jadi, kalau dr. Richard bilang kalau suatu produk berbahaya, itu tidak asal bicara, tetapi ada buktinya, dapat dipertanggungjawabkan.

Apakah cream Turbo mengandung merkuri?
Berdasarkan temuan dr. Richard, ternyata cream Turbo mengandung merkuri 3,1%, sehingga berbahaya. Lalu berapa sih batas aman merkuri untuk skincare? Tidak ada batas amannya, merkuri tidak boleh digunakan dalam produk skincare. Kalau skincare bermerkuri nekat didaftarkan ke BPOM, yang ada malah ditolak.

Jadi, sebaiknya hindari saja ya, nggak usah pakai cream ini. Mau sebagus apapun klaimnya, dan sekalipun penjualnya bilang kalau produk ini aman, abaikan saja. Apa buktinya kalau produk ini aman? Sebenarnya cara mudah untuk membedakan apakah suatu skincare itu aman atau tidak, kita cari tahu apakah produk tersebut terdaftar di BPOM atau tidak. Kalau tidak ada nomor BPOM-nya, maka lebih amannya dihindari saja. Klaim aman dari penjual itu sama sekali tidak membuktikan kalau suatu skincare aman.

Selain itu, usahakan untuk mendapatkan produk yang asli. Karena meskipun suatu produk skincare sudah terdaftar di BPOM, kalau kalian malah beli yang palsu, itu juga keamanannya diragukan. Produk palsu bisa jadi mengandung bahan yang berbahaya. Biasanya produk skincare palsu lebih murah ketimbang produk yang asli.

Penutup
Demikian pembahasan tentang cream Turbo. Jika kalian terlanjur memakai produk ini, sebaiknya hentikan saja pemakaiannya. Jika kalian sudah terlanjur membeli, kemudian berpikir ketimbang dibuang sayang, mending dipakai, lebih baik ubah pikiran kalian. Lebih baik sayangi wajah, jangan sampai wajah rusak karena pemakaian cream abal-abal. Bukan hal yang susah untuk merusak wajah, tetapi bukan hal yang mudah untuk memperbaiki wajah.

Jika kalian tidak setuju dengan artikel ini, silakan kasih tanggapan. Jika tidak setuju dengan pernyataan kalau cream Turbo itu tidak aman, silakan berikan argumentasi dan alasan kenapa cream ini aman. Bila perlu sertakan bukti supaya lebih meyakinkan. Testimoni hasil pemakaian dari pengguna cream Turbo tidak bisa jadi pembuktian kalau cream ini aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *