Cara Paling Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam yang sering kali mengganggu penampilan, juga dapat berasal dari gangguan pigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kulit Anda menjadi gelap dan kusam. Hal ini dapat memengaruhi bercak kulit dan munculnya bintik-bintik.

Obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi gelap dan menimbulkan flek hitam. Hal ini merupakan masalah kosmetik untuk kebanyakan orang. Area hiperpigmentasi terjadi akibat dari paparan sinar matahari atau, lebih umum, berkembang di area kulit yang sebelumnya meradang.

Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Flek hitam pada wajah membandel atau dikenal juga dengan hiperpigmentasi terjadi pada kulit yang telah memproduksi lebih banyak melanin (pigmen pemberi warna kulit). Nah, karena produksinya yang berlebih, akhirnya menyebabkan munculnya bercak gelap di area kulit wajah. Flek hitam wajah ini sebenarnya merupakan kondisi kulit yang umum, penyebabnya bisa karena faktor usia, genetik, dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Bukan hanya di wajah saja, lho, flek hitam wajah ini juga sangat mungkin muncul pada area kulit lengan, pundak, bahkan area kaki. Flek hitam wajah mungkin saja memudar seiring berkurangnya aktivitas Anda yang terpapar sinar matahari. Namun tidak berarti bisa hilang sama sekali. Tapi Anda jangan khawatir, karena Anda bisa mencegah dan menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan rangkaian perawatan kulit yang tepat.

Cara Menghindari Flek Hitam Pada Wajah

Saat Anda beraktivitas, hindari paparan sinar matahari secara langsung, ya. Wajah merupakan bagian yang paling rentan terhadap paparan sinar UV. Jadi sebaiknya Anda lindungi dengan topi, selendang, atau dengan sunglasses yang mempunyai filter UV. Anda juga tidak boleh lupa untuk mengoleskan tabir surya atau sunscreen sebelum Anda beraktivitas, terutama jika aktivitas Anda banyak dilakukan di luar ruang. Anda dapat mengaplikasikan Olay Regenerist Whips UV. Tidak hanya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB tapi sunscreen ini juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Gunakan sunscreen ini setelah pelembap, di bagian akhir dari rutinitas perawatan kulit pada pagi hari. Flek hitam pada wajah juga bisa terjadi jika Anda suka memencet jerawat, serta mengutak-atik bekas jerawat yang sudah kering. Aktivitas tersebut malah akan semakin meninggalkan noda atau bercak gelap di wajah.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Agar flek hitam tidak mengganggu penampilan, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

1.Bawang Putih

Bawang putih ternyata tidak hanya berkhasiat untuk mengobati beragam penyakit, namun bawang putih juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bawang putih mempunyai kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, bawang putih mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya cukup, oleskan irisan bawang putih atau tumbukan bawang putih pada bintik-bintik hitam di kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas sampai bersih.

2.Lemon

Lemon memang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit dan wajah. Buah yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang dapat membantu membuat warna kulit menjadi lebih rata dan cerah secara alami. Caranya juga cukup mudah, cukup basahi kapas menggunakan air perasan lemon. Selanjutnya, usapkan dengan perlahan di permukaan wajah dengan merata. Biarkan selama beberapa saat sebelum Anda membilas wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3.Kentang dan Madu

Siapa sangka, kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Pasalnya, kentang mengandung banyak zat alami yang dapat membantu membuat kulit Anda lebih cerah. Anda bisa memberikan tambahan madu, teh susu bubuk dan air perasan lemon untuk membuat masker wajah alami dari kentang ini.

Sementara itu, madu mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit, sehingga dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah. Terlebih lagi untuk bagian wajah yang ada noda bekas jerawat. Kandungan pada madu mampu membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit wajah.

4.Lidah Buaya

Tidak harus ke bagian seluruh wajah, flek hitam ini juga bisa muncul pada bagian wajah tertentu, contohnya pada hidung. Agar mengurangi munculnya flek hitam yang mengganggu di area tersebut, Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Kandungan senyawa asam salisilat dan aloin pada lidah buaya dapat membantu menghilangkan flek hitam di area wajah dengan alami. Cara menggunakan lidah buaya ini cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang terdapat flek hitam setiap sebelum tidur malam. Bilas menggunakan air bersih di esok paginya.

5.Cuka Apel

Flek hitam yang muncul di wajah juga dapat terjadi karena efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi tertentu, misalnya KB suntik atau pil. Apabila ini menjadi masalah yang sedang Anda alami, Anda bisa mengurangi flek hitam tersebut dengan menggunakan cuka apel. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Postepy Higieny I Medycyny Doswiadczalnej telah menuliskan bahwa kandungan asam asetat pada cuka apel dapat membantu membuat warna kulit wajah lebih cerah dan merata.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam air pada mangkuk atau wadah. Kemudian oleskan pada area kulit yang terdapat flek hitam atau noda bekas jerawat dengan merata. Diamkan kurang lebih selama sekitar 2 hingga 3 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan dengan rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.