Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Punggung

Selain pada wajah, jerawat juga muncul pada area leher, punggung, dan area dada. Jerawat pada punggung bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan. Bahkan, jerawat punggung akan terasa lebih menyakitkan dan akan menimbulkan masalah yang lebih serius daripada jerawat di wajah. Hal ini karena terkadang orang tidak menyadari bahwa punggungnya muncul jerawat dan tidak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkannya.

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Punggung

Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat punggung, ada baiknya Anda untuk mengetahui dulu apa saja faktor yang akan menyebabkan munculnya jerawat punggung. Sebagian besar penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Perlu Anda ingat, penyebab munculnya jerawat di area punggung tidak selalu sama diantara satu orang dengan yang lain.

1.Faktor Hormon

Pada umumnya, jerawat muncul pada saat produksi hormon mengalami peningkatan secara signifikan, seperti pada saat pubertas (usia 10–13 tahun), dan pada wanita yang sedang menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang mempunyai jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat pada punggung terjadi akibat ketidakstabilan hormon yang cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

Orang yang menjalani terapi hormon dan mengonsumsi suplemen yang mengandung hormon juga bisa menyebabkan lebih berjerawat. Hal ini karena produksi minyak pada kulit mereka semakin bertambah sehingga memicu timbulnya jerawat di punggung, wajah, dan dada.

2.Genetik

Faktor genetik juga bisa menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Jika orang tua Anda mempunyai jenis kulit berminyak, misalnya, Anda akan mempunyai jenis kulit yang sama dan kemungkinan akan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3.Konsumsi obat tertentu

Beberapa jenis obat dan suplemen bisa memengaruhi produksi hormon yang pada akhirnya akan memicu pertumbuhan jerawat. Contoh obat yang bisa memicu timbulnya jerawat punggung yaitu antidepresan, suplemen yang mengandung hormon, suplemen bubuk protein, atau pil KB dengan efek samping yang akan menimbulkan jerawat.

Jerawat yang muncul pada punggung tidak selalu sama. Jerawat yang meradang juga akan berwarna kemerahan, bengkak, dan sakit saat disentuh. Hal ini merupakan jenis-jenis jerawat punggung:

  • Komedo putih (whitehead)
  • Komedo hitam (blackhead)
  • Nodul (benjolan pada kulit yang berukuran besar)
  • Papula (bintik merah)
  • Kista (benjolan besar yang berisi air dan nanah, biasanya akan terasa sakit)

4.Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, guling, dan kasur wajib untuk dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, maka tempat tidur Anda menjadi kotor, lembap, dan berminyak yang disukai oleh bakteri untuk tinggal dan berkembang biak.

Menjaga kebersihan tempat tidur adalah salah satu langkah yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan juga mencegah timbulnya masalah kulit. Termasuk jerawat di area punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling di setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur Anda.

5.Pakaian

Munculnya jerawat di area punggung terkadang bukan hanya disebabkan oleh faktor fluktuasi hormon dan faktor genetik. Penggunaan pakaian yang ketat juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di area punggung.

Pakaian yang ketat membuat kulit menjadi sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Jika keringat tersumbat, maka akan memicu adanya pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian yang ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat pada punggung, melainkan juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah lebih dulu muncul.

Pakaian yang tidak ketat dan basah oleh keringat juga menyebabkan munculnya jerawat pada punggung. Misalnya, tidak langsung mengganti pakaian setelah melakukan olahraga. Hal ini juga bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Penyakit yang basah oleh keringat juga akan menyebabkan ruam pada kulit, infeksi jamur, dan daya tahan tubuh yang melemah.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Punggung

Setelah Anda mengenali penyebabnya, saatnya Anda mengetahui cara untuk menghilangkan jerawat di punggung dengan tepat. Pada dasarnya, tersedia beberapa cara untuk menghilangkan jerawat di punggung yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati jerawat. Cara untuk menghilangkan jerawat punggung ini sangat mudah untuk diikuti, dan dinilai sangat efektif untuk mengobati jerawat. Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat di punggung dengan tepat.

1.Bersihkan Kulit Menggunakan Scrub

Membersihkan area punggung dan bahu dengan menggunakan scrub juga bisa dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan jerawat di punggung. Hal ini karena scrub bisa membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati dan akan membuka pori-pori kulit yang menyumbat.

2.Ikat Rambut Anda

Bagi Anda yang mempunyai rambut panjang, alangkah baiknya untuk mengikat dan mencepol rambut sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat punggung. Jika Anda memiliki rambut panjang, Anda mungkin tidak akan menyadari jika rambut bisa menempel pada area kulit punggung.

Pasalnya, pada rambut yang mungkin ada debu dan kotoran yang menempel pada area kulit punggung sehingga bisa menyumbat pori-pori. Rambut juga mengandung minyak yang bisa memicu jerawat.

3.Gunakan Pakaian yang Longgar

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang longgar. Pasalnya, pakaian yang Anda gunakan bisa berpengaruh pada pembentukan jerawat di badan.

Oleh karena itu, menggunakan baju yang longgar akan mengurangi risiko terbentuknya jerawat di punggung. Dengan hal ini, keringat tidak akan terperangkap di dalamnya.

4.Jaga kebersihan tubuh

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat di punggung yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh.  Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keringat, minyak, dan kotoran yang menumpuk pada kulit setelah Anda melakukan aktivitas seharian bisa menyumbat pori-pori kulit sehingga akan membuat jerawat di punggung menjadi mudah muncul.

Oleh karena itu, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh dengan mandi agar menyingkirkan bakteri penyebab jerawat berkumpul. Anda dapat menggunakan air hangat pada saat mandi untuk membuka dan membersihkan pori-pori kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.