Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Hampir semua orang ingin mempunyai kulit yang bersih, terawat, dan tanpa noda. Kenyataannya, hal ini tidaklah mudah untuk didapatkan. Salah satu hal yang sangat cukup mengganggu penampilan dan sulit untuk dihilangkan yaitu komedo. Baik itu komedo yang hitam ataupun putih, keduanya merupakan mimpi buruk untuk mereka yang ingin tampil sempurna.

Namun, banyak orang di luar sana yang meyakini bahwa komedo dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan pasta gigi. Anda hanya perlu mengoleskannya pada area yang berkomedo dan kemudian tunggu hingga mengering, lalu dibersihkan. Benarkah metode sederhana ini dapat membantu menghilangkan komedo? Lantas, apakah aman untuk kulit wajah?

Fakta Membersihkan Komedo dengan Pasta Gigi

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta GigiFaktanya, pasta gigi ampuh untuk mengatasi komedo yang membandel pada kulit wajah. Pasta gigi dapat membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasalnya, pasta gigi mempunyai efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat menjadi andalan. Namun, cara ini tidaklah disarankan. Beberapa bahan aktif dalam pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan efek samping lain yang akan merugikan. Terdapat bahan pasta gigi yang dapat menyebabkan iritasi jika diaplikasikan pada kulit, yaitu:

1.Triclosan

Senyawa ini merupakan agen antibakteri dan anti jamur yang kuat dengan adanya sifat anti-inflamasi ringan. Namun, penggunaannya dalam produk perawatan kulit telah dianggap kontroversial.

2.Hidrogen Peroksida

Sama halnya dengan triclosan, hidrogen peroksida ini bersifat antibakteri. Ia mampu membunuh sel melalui proses yang disebut sebagai stres oksidatif. Sayangnya, stres oksidatif juga dapat merusak sel-sel sehat sehingga dapat menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo.

3.Sodium Bikarbonat

Soda bikarbonat ini bertindak sebagai pengelupas yang ringan. Sayangnya, natrium bikarbonat bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan.

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta GigiMunculnya komedo pada wajah disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja, dari penggunaan makeup secara berlebihan, tidak cocok dengan produk kecantikan yang sedang digunakan, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula serta lemak.

Banyak cara untuk menghilangkan komedo, bahkan di antaranya ada yang sangat menyakitkan. Namun ada satu cara yang terbilang ampuh untuk menghilangkan komedo, yaitu menggunakan pasta gigi. Ada dua cara untuk menghilangkan komedo dengan pasta gigi berikut ini adalah penjelasannya.

1.Pasta Gigi

Berikut ini adalah langkah-langkah menghilangkan komedo menggunakan pasta gigi:

1.Pilihlah jenis pasta gigi yang aman dan benar

2.Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan pasta gigi yang tepat

3.Pilihlah jenis pasta gigi putih dan bukan gel

4.Selanjutnya, usahakan untuk memilih pasta gigi yang paling polos, bukan pasta gigi yang digunakan hanya untuk memutihkan gigi atau diformulasi untuk gigi yang sensitif.

5.Pasta gigi beraroma min juga boleh untuk digunakan.

6.Oleskan pasta gigi dengan secukupnya pada area yang komedo

7.Sikat secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi sekitar kurang lebih 5-10 menit

8.Bilas dengan air bersih

Metode pasta gigi ini sangat direkomendasikan oleh sejumlah pakar DIY dan banyak orang, tetapi tidak disarankan oleh dokter. Alasan di balik khasiat pasta gigi dalam menyingkirkan komedo dan jerawat merupakan kandungan bahan-bahan yang membantu mengeringkan pori yang terinfeksi. Namun, seperti yang dapat Anda bayangkan, pasta gigi juga telah mengandung bahan lain yang bisa berpotensi menyebabkan masalah kulit lainnya, termasuk reaksi alergi. Jika Anda ingin mencoba “metode pasta gigi” ini, ketahui bahwa dokter mungkin tidak akan menyarankannya. Jika Anda khawatir, cobalah beberapa rekomendasi lain yang hanya menggunakan bahan alami yang murni.

2.Pasta Gigi dan Garam

Pasta gigi dan garam adalah kombinasi yang pas untuk Anda yang ingin menghilangkan komedo. Yodium yang terkandung pada garam bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sedangkan fluoride yang ada pada pasta gigi berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit wajah yang telah disebabkan oleh komedo. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1.Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi mint, lalu aduk hingga rata

2.Aplikasikan campuran keduanya pada area wajah yang berkomedo

3.Biarkan kurang lebih selama 5 menit

4.Kemudian, pijat area yang telah diolesi secara lembut

5.Bilas dengan air yang dingin

6.Lalu, lakukan bilas kembali dengan air hangat

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta GigiKomedo muncul pada berbagai jenis kulit dan usia. Biasanya muncul pada bagian hidung dan area di mana pori-porinya besar. Komedo ini dapat membuat wajah terlihat kotor dan berbintik. Jika Anda sudah mendapatkan wajah yang dipenuhi dengan komedo, itu tandanya Anda harus segera merawat kulit Anda. Lalu apa saja yang menyebabkan munculnya komedo? Berikut ini adalah penjelasannya.

1.Produksi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat memicu adanya komedo pada hitung dan pada area wajah lainnya. Ketika wajah Anda terasa lengket akibat minyak, maka kotoran dengan mudah akan menempel dan pori-pori akan mudah tersumbat dan menyebabkan jerawat maupun komedo.

2.Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu pemicu kesehatan kulit. Ketika sedang stres, kulit akan menjadi lebih kering dan kurang sehat yang akan menimbulkan komedo.

3.Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan suatu hal yang paling penting untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin dapat memberikan kelembapan pada kulit wajah.

4.Malas Membersihkan Makeup

Sisa make up di wajah merupakan salah satu penyebab munculnya komedo. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk selalu membersihkan wajah Anda secara maksimal, agar wajah terhindar dari komedo.

5.Menekan Komedo Keluar

Menekan komedo merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Namun memaksa mengeluarkan komedo dengan cara menekannya justru malah dapat memperparah kondisinya. Apalagi jika tangan Anda belum tentu bersih, sehingga bisa saja kotoran yang ada di tangan malah akan masuk ke dalam pori-pori dan memicu adanya masalah yang lebih parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.