Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cepat dan Permanen

Cara menghilangkan jerawat tidak harus selalu dengan obat-obatan. Ada beberapa bahan alami yang telah dipercaya mampu membantu mengatasi bekas jerawat. Contohnya yaitu seperti putih telur, bawang putih, air perasan lemon, dan madu.

Jerawat adalah salah satu masalah umum yang sering terjadi pada kalangan remaja. Bahkan, masalah jerawat ini bisa saja mengikuti pada seseorang yang telah beranjak dewasa. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai salah satu cara ampuh untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Cara Menghilangkan Jerawat Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami Cepat dan Permanen

Banyak bahan alami yang bisa membantu menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah. Berikut ini diantaranya :

1.Menggunakan Bawang Putih

Penggunaan bawang putih adalah cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami untuk mengobati infeksi dan mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan kuman.

Bawang putih ini mengandung senyawa organosulfur yang mempunyai efek antibakteri dan antiinflamasi alami. Senyawa organosulfur ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, yang membantu tubuh untuk melawan infeksi. Caranya sangat mudah, potong satu siung bawang putih, kemudian tempelkan pada jerawat di kulit wajah. Tunggu dalam waktu 15 menit, lalu bersihkan.

2.Menggunakan Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Madu ini digunakan untuk mengobati kondisi kulit selama ribuan tahun. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Lalu, bagaimana caranya? Teteskan madu ke kapas, kemudian gosokkan dengan perlahan ke jerawat. Biarkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

3.Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang daunnya bisa menghasilkan gel bening. Gel ini dapat dijadikan salep, lotion, krim, dan sabun.

Menurut hasil penelitian, gel lidah buaya biasanya digunakan untuk mengobati lecet, luka bakar, ruam, dan peradangan kulit. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan belerang, keduanya bisa digunakan secara luas untuk pengobatan jerawat dan bekasnya.

Bagaimana caranya? Ambil gel lidah buaya dengan sendok. Oleskan gel ke kulit sebagai pelembab. Ulangi 1 sampai 2 kali per hari agar hasilnya lebih maksimal.

4.Menggunkan Minyak Kelapa

Seperti obat jerawat alami lainnya, minyak kelapa ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa ini bisa membuat minyak kelapa menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Minyak kelapa juga bisa mempercepat penyembuhan luka jerawat yang terbuka. Caranya sangat mudah, oleskan minyak kelapa murni langsung pada area yang berjerawat.

5.Teh Hijau

Teh hijau ini diketahui kaya dengan antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan di kulit, sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan konsentrasi tinggi dari kelompok antioksidan polifenol yang biasa disebut katekin.

Biasanya, jerawat bisa terjadi karena seseorang mempunyai terlalu banyak sebum atau minyak tubuh alami pada pori-pori mereka dan tidak cukup antioksidan.

Antioksidan bisa membantu tubuh untuk memecah bahan kimia dan zat-zat yang bisa merusak sel-sel sehat. Teh hijau juga bisa membantu membersihkan beberapa kotoran dan limbah yang menumpuk di luka jerawat yang terbuka. Caranya sangat mudah, oleskan air rebusan teh hijau ini dengan kapas. Diamkan dalam 10 menit dan bilas dengan air bersih.

6.Alpukat

Alpukat diketahui bisa digunakan sebagai masker kulit yang bisa mengobati jerawat. Kandungan vitamin E yang ada pada alpukat bisa melembutkan kulit dan mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Caranya sangat mudah, haluskan buah alpukat dan jadikan masker kulit, kemudian tambahkan satu sendok madu. Lalu, oleskan campuran ini ke wajah Anda, diamkan selama 20 sampai 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

7.Menggunakan Tomat

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami yang berikutnya adalah menggunakan tomat. Kandungan vitamin A dan C pada tomat mampu membantu menghilangkan jerawat.

Caranya sangat mudah, cukup ambil satu buah tomat, potong menjadi dua bagian. Lalu, oleskan tomat ke seluruh kulit wajah, kemudian diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

8.Kulit Jeruk

Kandungan vitamin A dan C yang ada pada kulit jeruk bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami. Untuk mencobanya, jemur kulit jeruk sampai kering, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan bubuk kulit jeruk ke wajah sama seperti menggunakan masker. Diamkan dalam waktu 15 sampai 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

9.Kurangi Stres

Stres merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Stres dapat menyebabkan kadar hormon androgen menjadi meningkat. Hormon ini bisa merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak pada pori-pori, sehingga aan meningkatkan resiko jerawat.

Mengurangi stres merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Ada beberapa cara dalam mengelola stres, antara lain:

  • Membatasi konsumsi alkohol dan juga kafein
  • Tidur yang cukup urang lebih selama 8-9 jam per hari
  • Makan makanan yang sehat dan gizi yang seimbang
  • Berolahraga dengan teratur
  • Berlatih pernapasan dalam, perhatian, yoga, atau meditasi

10.Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup juga sangat penting untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Dengan konsumsi air putih yang banyak juga membuat luka jerawat akan lebih mudah sembuh. Minum air putih setidaknya dalam porsi delapan gelas sehari bisa menjadi cara paling ampuh dalam menghilangkan jerawat.

Kulit yang kering bisa mengakibatkan jerawat. Dengan minum air putih yang banyak bisa memastikan sel-sel kulit baru berkembang dengan benar dan tepat saat luka sembuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.