Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Hitam

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang sering muncul, terutama di wajah. Masalah kulit satu ini dapat mengganggu penampilan, apalagi jika yang muncul adalah jenis komedo hitam di sekitar hidung. Untungnya beragam cara dapat dilakukan agar dapat menghilangkan komedo hitam di hidung, baik dengan cara medis maupun cara alami.

Apa Itu Komedo Hitam?

Komedo sering muncul karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh tumpukan sel kulit mati, debu, sisa make up serta minyak (sebum) yang dihasilkan oleh folikel rambut. Massa yang menyumbat tersebut bertekstur lunak sampai mengeras, sesuai dengan lamanya berada di kulit.

Pada awalnya, semua komedo berwarna putih, namun ada beberapa komedo yang menjadi kuning kehitaman. Hal tersebut terjadi pada komedo yang berada di dekat permukaan kulit. Paparan udara luar dan proses oksidasi membuat komedo berubah warna kekuningan hingga menghitam. Inilah yang kemudian disebut sebagai komedo hitam blackhead. Sementara itu, yang tetap berada di dalam kulit hanya akan membentuk tonjolan yang telah dikenal sebagai komedo putih (whitehead).

Penyebab Homedo Hitam di Area Hidung

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo HitamKomedo hitam pada umumnya muncul di area kulit yang terdapat banyak folikel rambut seperti halnya wajah, tengkuk, punggung, dada dan hidung. Beragam kondisi bisa meningkatkan risiko kemunculan komedo hitan pada hidung, berikut ini adalah penyebabnya:

  • Kulit wajah terlalu banyak memproduksi minyak.
  • Terjadi adanya pertumbuhan bakteri Proionibacterium acnes di permukaan kulit.
  • Iritasi pada folikel rambut yang elah menyebabkan pelepasan sel kulit mati terganggu dan terjadi penimbunan.
  • Perubahan hormon menyebabkan tingginya produksi minyak kulit. Pada umumnya terjadi pada remaja puber, menstruasi, ataupun ketika mengonsumsi pil kontrasepsi.
  • Sedang dalam pengobatan menggunakan obat jenis kortikosteroid, lithium ataupun androgen.
  • Konsumsi makanan tertentu seperti produk susu dan makanan dengan adanya kandungan gula dan lemak yang tinggi juga ditengarai bisa memicu komedo hitam di hidung.
  • Sering menekan jerawat atau menggunakan chemical peels juga dapat beresiko menyebabkan komedo hitam.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo HitamKomedo hitam sering kali membuat kesal dan rasa percaya diri menjadi turun. Banyak cara yang dapat menghilangkan komedo hitam di hidung yang populer. Namun, apakah cara tersebut benar-benar aman? Sebaiknya jangan melakukan ekstraksi komedo hitam ini sendiri, yang ada pori-pori akan jadi membesar dan mudah tersumbat yang akan membentuk jerawat lain.

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo hitam, yaitu dengan perlahan dan lembut. Setidaknya tidak akan membuat kerusakan baru di kulit wajah. Pahami juga, untuk menghilangkan komedo memang tidak instan. Mungkin diperlukan waktu yang cukup lama.

1.Menggunakan Masker Outmeal

Oatmeal Jorunal of Drugs in Dermatology telah menyebutkan bahwa oatmeal juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Oatmel juga mempunyai kandungan antiinflamasi, pengelupasan kulit dan menyejukkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari oatmeal, Anda disarankan untuk dicampur dengan yoghurt alami atau dengan minyak zaitun. Cara pemakaiannya yaitu campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yoghurt alami, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan bahan campuran tersebut ke kulit berkomedo yang sudah dilembabkan. Kemudian biarkan kurang lebih selama 15 menit.

2.Masker Gula

Gula juga bermanfaat untuk menghapus komedo pada wajah. Karena gula merupakan exfoliator alami yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Cara penggunannnya yaitu cukup campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit, minyak almond, seperti minyak zaitun, atau minyak jojoba. Setelah kering, bilas masker menggunakan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik, oleskan masker atau scrub ini dalam jangka waktu seminggu sekali yang berguna untuk membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo.

3.Masker Madu

Madu juga dapat digunakan untuk membantu menjaga kulit tetap lembap, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga bisa membantu menghilangkan komedo. Cara penggunaannya yaitu Anda hanya perlu mengoleskan madu pada kulit yang berkomedo. Kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas masker madu menggunakan air jika sudah selesai. Lakukan perawatan ini dengan teratur 3-4 kali dalam seminggu.

4.Masker Stroberi

Stroberi telah mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak yang berlebih. Sementara itu, asam salisilat dalam stroberi juga telah diyakini berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan juga menghilangkan komedo. Cara menggunakannya yaitu Anda hanya perlu menambah masker stroberi dengan madu atau dengan air perasan lemon. Kemudian oleskan pada wajah dengan sedikit dipijat. Setelah 10-15 menit, bersihkan masker menggunakan air hangat.

5.Cuci Muka Dua Kali Sehari

Rutin mencuci wajah dapat membantu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori. Mencuci wajah merupakan salah satu dari tiga langkah yang terpenting dalam rutinitas perawatan kulit untuk alasan yang baik. Membersihkan kulit dengan teratur dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, minyak, bakteri, atau riasan yang tertinggal pada wajah.

6.Gunakan Strip Pori dengan Hati-hati

Produk strip pori-pori atau pore strip telah menggunakan perekat untuk merobek sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Perlu Anda ketahui, penggunaan produk ini sebenarnya agresif untuk kulit. Oleh karena itu, masih banyak ahli yang pro dan kontra.

Bagaimana pun produk ini telah dijual dengan bebas dan mudah dibeli. Jika ingin menggunakannya, hal ini hanya efektif untuk komedo baru. Jika Anda mempunyai komedo hitam yang sudah lama, sebaiknya Anda harus melakukan cara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.