Cara Alami Memutihkan Bokong Hitam dan Berjerawat

Satu jawaban mengapa area pada paha bagian dalam dan juga bokong tampak lebih gelap jika dibandingkan dengan kulit sekitarnya adalah gesekan. Saat kerap mengalami gesekan, kulit Anda akan mengalami hiperpigmentasi. Akibatnya? Akan muncul keluhan bokong hitam.

Selain itu, kelebihan berat badan, kelebihan asupan gula, dan juga perubahan hormon juga menyebabkan warna kulit bokong menjadi hitam. Salah satu cara untuk memutihkan bokong yang hitam bisa dengan cara melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara Memutihkan Bokong Hitam

Cara Alami Memutihkan Bokong Hitam dan Berjerawat

Sebenarnya, hiperpigmentasi pada area bokong merupakan suatu hal yang umum dan tidak perlu diperbaiki. Namun jika Anda ingin mencerahkan area bokong, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1.Rutin Membersihkan Area Bokong

Cara yang paling efektif untuk mencegah hiperpigmentasi menjadi semakin parah adalah rutin membersihkan area bokong, termasuk pada lipatan-lipatannya sampai ke paha bagian dalam. Selain itu, lakukan eksfoliasi dalam 1-2 kali setiap minggunya juga perlu untuk mengangkat sel kulit mati.

Sehari-hari Anda gunakan sabun untuk membersihkan area bokong dan keringkan sampai tuntas. Hal utamanya adalah apabila aktivitas Anda sering membuat tubuh berkeringat, jangan tunda untuk mengganti pakaian dalam dan celana lembap dengan yang kering.

2.Menggunakan Scrub Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal mempunyai keunggulan yang bisa meredakan peradangan sekaligus mampu bertindak sebagai exfoliant. Bahkan, hal ini adalah suatu pilihan yang lebih lembut daripada gula. Sementara yogurt ini mengandung asam laktat yang baik untuk kesehatan kulit tubuh.

Untuk membuat scrub oatmeal dan yogurt sendiri di rumah, berikut ini tahapannya:

  • Buatlah adonan dengan cara menggabungkan oatmeal dan yogurt
  • Saat teksturnya sudah menyerupai pasta, gosokkan ke bokong dan pijat perlahan
  • Bilas sampai bersih

3.Prosedur laser

Sementara untuk perawatan pada klinik, salah satu cara yang efektif adalah dengan mencoba prosedur laser. Fungsinya dapat mengurangi pigmentasi kulit tanpa menimbulkan adanya luka sebagai efek samping. Pada umumnya, dokter akan mendiskusikan lebih dulu prosedur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun terkadang, proses pemulihan akan terasa menjadi kurang nyaman karena area bokong cenderung banyak gesekan. Namun, Anda bisa mengatasi dengan mengenakan pakaian dalam yang mampu menyerap keringat dan celana longgar.

Pada setiap kulit individu tentu dapat bereaksi berbeda terhadap metode-metode di atas. Namun, sebaiknya Anda hindari menggunakan produk pencerah kulit melalui suntik. Tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan tentang efektivitasnya, bahkan bisa saja dapat membahayakan kesehatan.

4.Gunakan Skincare

Bukan hanya digunakan untuk wajah, ada juga produk skin care yang mengandung asam salisilat dan ekstrak green tea yang dapat membantu mencerahkan bokong yang hitam. Hal ini sangat efektif jika hiperpigmentasi terjadi dalam kadar ringan.

Namun jika sudah terjadi peradangan sampai kulit tampak kemerahan, gunakan produk perawatan kulit dengan kandungan asam azaleat. Komposisi ini secara perlahan mampu mengangkat lapisan kulit terluar dan mempunyai khasiat antibakteri dan antioksidan.

5.Kentang

Menggosokkan kentang pada kulit sudah lama diyakini mampu mencerahkan kulit. Semua terjadi berkat adanya kandungan enzim catecholase di dalamnya. Untuk mencoba metode kentang ini, berikut ini adalahcaranya:

  • Iris kentang menjadi beberapa bagian
  • Gosokkan irisan kentang tersebut ke area bokong yang menghitam selama 15 menit
  • Bilas sampai bersih

6.Scrub gula

Gula bisa membantu mengangkat lapisan sel kulit mati. Fungsi utamanya adalah apabila bokong hitam terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati. Cara membuat scrub gula :

  • Campurkan ekstrak lemon, 1 sdt gula, dan 1 sdm madu
  • Secara perlahan gosokkan pada bagian bokong dan paha dalam
  • Bilas sampai bersih

7.Menggunakan Lulur dari Gula

Gula diketahui bersifat abrasif yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pengelupasan alami agar membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Untuk membuat lulur, maka campur sedikit gula dengan minyak kelapa, almond, zaitun atau jojaba untuk menjaga kelembapan kulit bokong. Sediakan juga satu cangkir gula pasir putih dan coklat serta 3 sendok makan minyak alami.

Penyebab Bokong Berjerawat dan Hitam

Cara Alami Memutihkan Bokong Hitam dan Berjerawat

Hampir semua orang mempunyai warna kulit yang tidak sama di seluruh tubuh, terutama pada area lipatan. Penyebab umum dari hiperpigmentasi di area bokong adalah iritasi dan peradangan.

Trauma dan iritasi pada kulit akan menyebabkan hiperpigmentasi pasca peradangan dan akan menciptakan bintik-bintik gelap di bagian bokong. Berikut ini adalah penyebab lain bokong hitam yang perlu Anda ketahui:

1.Duduk yang Terlalu Lama

Duduk dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab sirkulasi darah yang buruk. Selain itu, duduk terlalu lama juga akan memicu gesekan pada bokong yang akan menyebabkan perubahan warna di area bokong tersebut.

2.Sering Menggunakan Pakaian yang Ketat

Pakaian yang ketat menjadi salah satu penyebab paling umum dari bokong hitam. Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh bokong yang terus-menerus bersentuhan dengan celana dalam dan juga celana ketat. Gesekan terus-menerus pada kulit bokong akibat menggunakan pakaian ketat meningkatkan adanya risiko perubahan warna di area tersebut.

3.Pemakaian Produk yang Tidak Cocok

Pemakaian produk tertentu bisa menyebabkan iritasi. Produk yang tidak cocok juga akan menyebabkan meningkatkan produksi melanin agar mampu melindungi kulit dari infeksi. Kondisi tersebut bisa menyebabkan hiperpigmentasi di area bokong.

4.Terkena Paparan Sinar Matahari yan Berlebihan

Paparan sinar matahari akan menyebabkan pembentukan melanin dalam tubuh. Melanin ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak dan sebagai tabir surya alami. Nah, paparan sinar matahari yang berlebihan, bisa mengganggu proses tersebut dan akan mengakibatkan hiperpigmentasi.

5.Tidak Menjaga Kebersihan Bokong dengan Baik

Kebersihan yang tidak terjaga pada area bokong dengan baik menjadi salah satu penyebab bokong hitam. Oleh karena itu, bersihkan pada bagian bokong dengan benar di setiap kali mandi. Bokong yang hitam bisa disebabkan karena akumulasi kulit mati, kotoran, dan lemak di area bokong tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.