Bagaimana Cara Memilih Pembalut yang Aman? Berikut Tips dan Caranya

Kesalahan dalam memilih pembalut bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada area vagina. Sementara itu, agar Anda tidak mengalaminya, mari kenali beberapa ciri-ciri pembalut yang aman digunakan, termasuk dengan cara pemakaian yang tepat.

Pemakaian pembalut dengan tepat dapat memberikan manfaat untuk kesehatan wanita. Selain dapat mencegah terjadinya iritasi pada area miss V, penggunaan pembalut yang aman dan tepat juga bisa untuk mencegah terjadinya infeksi.

Tips Memilih Pembalut yang Aman

Bagaimana Cara Memilih Pembalut yang Aman? Berikut Tips dan Caranya

Di Indonesia, pembalut yang masuk dalam kategori aman adalah pembalut yang telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pasalnya sebelum pembalut diedarkan, produk pembalut tersebut harus diuji terlebih dahulu supaya tetap aman saat dikenakan.

Anda mungkin tidak tahu dengan detail mengenai uji keamanan yang telah dilakukan oleh pemerintah. Namun, ada beberapa tips yang harus diketahui terkait dengan cara mengenali dan memilih pembalut yang aman digunakan, di antaranya:

1.Pastikan pada produk pembalut yang akan dibeli apakah tercantum tulisan SNI.

2.Pastikan pada produk pembalut yang akan dibeli tidak kedaluwarsa dan kemasannya aman tanpa ada kerusakan.

3.Pastikan bahwa serabut pada pembalut yang akan dibeli tidak lepas pada saat akan digunakan dan juga tidak berbau.

4.Perhatikan pada kebersihan pembalut yang akan dibeli. Pastikan juga pembalut yang akan digunakan tidak terpapar oleh debu dan kotoran.

Selain hal tersebut, Anda juga disarankan agar membeli pembalut yang tidak mengandung deodoran, parfum, atau wewangian. Pembalut yang bebas dari bahan kimia telah dianggap lebih ramah untuk kulit area vagina, sehingga bisa meminimalkan terjadinya iritasi pada area vagina.

Cara Pemakaian Pembalut dengan Benar dan Tepat

Bagaimana Cara Memilih Pembalut yang Aman? Berikut Tips dan Caranya

Selain mengenal pembalut yang aman, Anda juga harus mengetahui cara pemakaian pembalut yang benar dan tepat. Berikut ini adalah caranya:

1.Sebelum Anda menggunakan pembalut, bersihkan vagina Anda menggunakan air dan kemudian keringkan dengan handuk berbahan lembut.

2.Pakailah pembalut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih merasa nyaman ketika menggunakan pembalut yang “bersayap”, maka pilihlah pembalut dengan jenis tersebut.

3.Harus rutin untuk mengganti pembalut pada saat sedang haid. Anda juga disarankan untuk mengganti pembalut pada setiap 3 atau 4 jam sekali, meskipun darah haid yang sedang keluar tidak deras.

4.Apabila darah haid yang keluar sedang deras-derasnya, seringlah untuk mengganti pembalut. Hal ini dilakukan agar mencegah kebocoran, penumpukan oleh bakteri, dan bau yang tidak sedap pada vagina.

Rekomendasi Pembalut yang Aman Digunakan

Bagaimana Cara Memilih Pembalut yang Aman? Berikut Tips dan Caranya

1.Softex Daun Sirih Slim

Rekomendasi produk pembalut pertama yang aman digunakan adalah Softex Daun Sirih Slim. Pembalut wanita ini bisa menyerap dan mengunci cairan seketika, menjaga area miss V agar tetap kering selama menstruasi berlangsung. Kandungan ekstrak daun sirih alami dapat mencegah munculnya bau yang tidak sedap dan membuat Anda tetap segar dan lebih percaya diri.

Pembalut ini juga telah mengandung antiseptik yang berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Anda juga akan tetap merasa nyaman dan bebas untuk beraktivitas seharian. Keunggulan lain dari produk ini yaitu telah teruji secara hypoallergenic sehingga tidak akan menimbulkan alergi pada kulit.

2.Laurier Healthy Skin Night Wing

Laurier ini termasuk produk lama dalam pasar pembalut di Indonesia. Merek ini terus melakukan inovasi dan pengembangan pada produk mereka demi memberikan produk terbaik untuk para konsumennya. Salah satu produknya yang paling populer adalah Laurier Healthy Skin Night Wing.

Keunggulan yang telah ditawarkan antara lain adalah inovasi 3D dengan adanya pori-pori bergelombang yang dapat menyerap cairan seketika. Produk ini juga mampu meningkatkan sirkulasi udara sampai hingga 80% untuk menjaga permukaannya agar tetap kering dan tidak lembap.

Produk ini tersedia dalam 2 macam pilihan yaitu dengan panjang 30 cm dan panjang 35 cm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bagian belakang pembalut Laurier ini telah dibuat lebih lebar untuk mencegah agar tidak tembus ketika sedang tidur di malam hari.

3.Bagus Nina Night Wing

Menstruasi merupakan salah satu siklus bulanan yang terjadi pada wanita yang berusia produktif. Datang dalam sebulan sekali dan berlangsung selama kurang lebih 5 sampai 7 hari. Selama itu, wanita wajib untuk menggunakan pembalut pada organ intimnya dengan tujuan untuk menyerap perdarahan dari menstruasi. Pada periode ini, wanita juga akan mengalami ketidakstabilan hormon yang membuat mereka lebih mudah marah, lebih sensitif, dan akan mudah lelah.

Akibatnya, semangat untuk melakukan aktivitas menjadi ikut menurun. Namun dengan menggunakan pembalut yang tepat, Anda akan merasa nyaman meski tetap aktif selama menstruasi.

Bagus Nina Night Wing merupakan salah satu pembalut yang aman dan berkualitas yang bisa Anda pilih. Varian yang satu ini juga telah dilengkapi dengan sayap untuk mencegahnya bergeser. Dengan daya serap ekstra yang menjaga Anda agar tetap kering, tidak bocor, dan nyaman selama beraktivitas.

4.Longrich Anion Superbklean Day Use

Produk yang satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa untuk Anda yang sedang menstruasi. Longrich Anion Superbklean Day Use ini bisa mencegah terjadinya bau yang tidak sedap, infeksi, miom, gatal-gatal, dan kanker serviks. Pembalut ini juga mempunyai daya serap tinggi yang dijamin tidak akan mudah bocor dan menjaga area miss V tetap kering dan nyaman sepanjang hari.

Anda yang sering mengalami nyeri bahkan kram perut ketika menstruasi juga disarankan menggunakan produk ini. Pembalut ini terbuat dari bahan arang bambu alami yang nyaman dan aman. Keunggulan lain dari pembalut ini adalah terdiri dari 8 lapisan yang masing-masing lapisan mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.