Apasih Perbedaan dari Face Wash dan Facial Foam ?

Tahapan awal dalam urutan skincare routine tidak lain yaitu proses cleansing untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup pada kulit wajah. Berbagai pilihan produk facial wash dan facial foam telah dipercaya efektif untuk membersihkan dan mencerahkan kulit wajah. Sama-sama berfungi untuk membersihkan kulit wajah, kedua produk perawatan wajah ini ternyata mempunyai perbedaan, lho! Penasaran apa perbedaannya dari kedua produk tersebut? Simak ulasan singkat selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Apasih Perbedaan dari Face Wash dan Facial Foam ?

Sebelum Anda membeli produk pembersih wajah, pastikan Anda mengetahui berbagai perbedaan antara facial wash dan facial foam. Tujuannya yaitu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Anda dan agar tidak salah pilih.

1.Berdasarkan dengan Teksturnya

Salah satu perbedaan yang mendasar kedua produk pembersih wajah ini terletak pada tekstur yang telah dimiliki. Facial wash telah hadir dengan dua tekstur yang berbeda, yaitu gel dan creamy. Tekstur creamy mengandung moisturizer yang sangat cocok bagi pemilik kulit kering dengan adanya tanda penuaan dini. Sedangkan tekstur gel yang ringan cocok untuk kulit yang sensitif. Kandungan anti jerawat di dalamnya juga sangat cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Facial foam mempunyai tekstur yang lebih lembut dan lebih menghasilkan busa. Produk ini aman untuk digunakan sebagai pembersih wajah harian karena mampu untuk mengangkat segala kotoran serta sisa makeup yang menempel. Keunggulan dari tekstur foam yaitu mampu untuk menyerap kelebihan minyak dan sebum berlebih pada wajah tanpa harus mengeringkan wajah.

2.Berdasarkan dengan Fungsinya

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, perbedaan antara kedua produk pembersih wajah ini terletak pada bagian fungsi yang dimiliki. Facial wash ini berfungsi mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan kelembapan alami pada wajah. Karena bersifat untuk melembapkan, cocok untuk kulit kering dan kulit sensitif. Sedangkan, facial foam ini bertujuan untuk mengangkat minyak yang berlebih atau sebum pada wajah, mencerahkan kulit wajah, serta efektif menarik keluar sel kulit mati. Sementara itu,

3.Berdasarkan dengan Jenis Kulit

Facial wash bersifat untuk melembapkan dan menghidrasi sangat cocok untuk kulit wajah normal, kering, dan sensitif. Kulit wajah akan menjadi tetap lembap dan tidak akan mengalami iritasi pada kulit sensitif.

Tekstur facial foam yang lembut dan berbusa, efektif untuk mengangkat minyak yang berlebih dan kotoran di permukaan wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Pembersih wajah ini sangat cocok untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

4.Cara Penggunaan

Bedanya facial wash dan facial foam juga bisa diketahui dari cara penggunaannya. Anda tidak bisa menggunakan facial foam layaknya seperti facial wash, karena efek busanya akan berkurang. Agar lebih maksimal, untuk facial wash ini sedikit berbeda cara penggunaannya dengan facial foam.

  • Basahi wajah Anda dengan air hangat.
  • Oleskan facial wash dengan merata, hindari menggunakan bahan yang bisa membuat kulit iritasi.
  • Diamkan selama kurang 10 menit, kemudian bersihkan.
  • Setelah kering, barulah Anda gunakan toner untuk membuat kulit wajah Anda tetap lembab dan ternutrisi dengan baik.

Anda bisa menggunakan facial foam dengan cara berikut ini.

  • Cuci tangan menggunakan sabun agar bersih.
  • Siapkan air hangat, kemudian basuh seluruh area wajah agar memudarkan kotoran yang menempel.
  • Oleskan facial foam pada area wajah dan gosok secara perlahan sampai wajah berbusa. Agar lebih rileks, Anda juga bisa mencoba memijat wajah mulai dari area dagu, pipi, hitung, kemudian dahi.
  • Setelah 10 menit, bersihkan wajah sampai kering.

Bahan-bahan Kandungan Facial Wash

Apasih Perbedaan dari Face Wash dan Facial Foam ?

Seperti yang sudah disebutkan, facial wash ini bertekstur creamy yang biasanya dilengkapi dengan moisturizing agent. Kandungan pelembap ini dapat membuat produk facial wash juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan tidak membuat kulit wajah kering. Sedangkan, facial wash dengan adanya tekstur gel umumnya diperkaya dengan kandungan anti jerawat yang akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah dan membantu untuk meredakan peradangan kulit.

Bahan-bahan Kandungan Facial Foam

Karena facial foam ditujukan untuk membersihkan kulit wajah yang berminyak, maka bahan-bahan kandungannya juga akan disesuaikan agar bisa mengangkat minyak yang berlebih dari kulit wajah tanpa membuat kering. Busa yang lembut ini juga telah dipercaya dapat membersihkan sisa makeup lebih optimal.

Facial foam juga akan membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Jadi Anda bisa mendapatkan kulit yang bersih menyeluruh dan juga tampak lebih cerah. Apalagi jika Anda menggunakan produk facial foam untuk mencerahkan wajah yang berkualitas.

Kapan Facial Foam dan Facial Wash Bisa digunakan?

Apasih Perbedaan dari Face Wash dan Facial Foam ?

Anda bisa menggunakan produk facial foam dan facial wash pada pagi hari dan malam hari. Jika Anda menggunakan make up sebelumnya, gunakan lebih dulu sabun pembersih wajah ini setelah melakukan double cleansing tahap pertama. Pastikan kedua tangan Anda sudah dalam keadaan bersih dengan mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dulu. Selanjutnya, lakukan cara mencuci muka dengan membasahi seluruh bagian wajah menggunakan air suam-suam kuku (air hangat) terlebih dahulu. Kemudian, gunakan facial foam atau facial wash pada wajah Anda. Jika Anda menggunakan facial foam, usap terlebih dahulu pada bagian telapak tangan agar busa dari facial foam keluar.

Bagi Anda yang akan menggunakan facial wash, langsung usapkan sabun pembersih pada permukaan wajah tanpa harus mengusapnya. Bersihkan wajah seperti memijat kulit dengan lembut. Bilas wajah Anda menggunakan air sampai bersih. Lalu, tepuk-tepuk wajah Anda dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.