Apakah Orang Hamil Bisa Dilihat Dari Raut Wajah ? Berikut Ciri-cirinya

Ada sejumlah ciri-ciri orang hamil yang dapat dilihat dari raut wajah. Mengingat adanya perubahan kehamilan tidak hanya dilihat dari perubahan payudara maupun berat badan.
Hal ini telah disebabkan oleh peningkatan produksi hormon pada saat hamil yang membuat kondisi tubuh akan mengalami perubahan, termasuk pada area wajah. Diketahui, ciri-ciri orang hamil dari raut wajah itu bisa terjadi dalam selama sembilan bulan lamanya. Seperti apa sih?
Pada umumnya tanda kehamilan ketika telat datang bulan. Namun, sebagian yakin ciri ciri orang hamil tedapat pada raut wajah bisa terlihat.

Pada saat seorang wanita mulai mengandung, Anda bisa melihat dari beberapa perubahan pada tubuh dan perilakunya. Hal ini karena adanya efek hormonal, serta kondisi fisik lainnya. Untuk menengarai sejak awal bahwa wanita sedang hamil, ternyata bisa juga terlihat pada wajah lebih dulu sebelum tampak di tubuh. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang hamil jika dilihat dari raut wajah.

1.Munculnya Flek Hitam Pada Wajah

Apakah Orang Hamil Bisa Dilihat Dari Raut Wajah ? Berikut Ciri-cirinya

Melasma atau chloasma adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh orang orang hamil. Melasma adalah suatu kondisi wajah yang mengalami bercak gelap dan flek hitam pada beberapa bagian wajah. Selain itu, melasma juga sering disebut dengan ‘topeng kehamilan’.

Melasma ini biasanya terjadi pada area dahi, hidung, pipi, dagu dan leher. Perlu Anda ketahui, melasma ini tidak berbahaya untuk kesehatan kulit karena nantinya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika Anda terganggu, ibu hamil  dapat periksa ke dokter kulit dan diobati menggunakan salep yang telah direkomendasikan.

Ada beberapa cara yang bisa membuat melasma tidak tambah parah dan meminimalkan perubahan warna pada wajah. Ibu hamil dapat menggunakan makeup untuk menutupi area tertentu, sunscreen dengan kandungan SPF 30, dan menggunakan topi lebar yang dapat melindungi wajah. Namun perlu diingat, sesuaikan produk sunscreen dan make up yang aman untuk ibu hamil.

2.Kulit Wajah berminyak (pregnancy glow)

Ketika sedang hamil, tubuh akan menghasilkan darah lebih banyak yaitu dengan sebesar 50%. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi darah yang lebih banyak ke tubuh sehingga akan menyebabkan wajah menjadi lebih cerah. Tubuh juga akan memproduksi hormone dalam jumlah yang cukup banyak sehingga kelenjar minyak nantinya akan bekerja berlebihan dan membuat wajah ibu hamil menjadi berkilau.

Pregnancy glow adalah suatu hal wajar yang terjadi pada ibu hamil. Namun peningkatan minyak pada wajah bisa membuat kulit terlalu berminyak dan tidak jarang memicu munculnya jerawat. Jika mengalami hal ini, ibu hamil dapat menggunakan pembersih wajah bebas minyak yang aman digunakan untuk ibu hamil.

3.Munculnya Jerawat Pada Wajah

Apakah Orang Hamil Bisa Dilihat Dari Raut Wajah ? Berikut Ciri-cirinya

Munculnya jerawat pada wajah juga menjadi salah satu ciri-ciri orang yang sedang hamil. Biasanya jerawat muncul pada kulit wajah pada masa awal kehamilan, umumnya selama trimester pertama dan trimester kedua.  Munculnya jerawat menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil karena adanya peningkatan pada hormon androgen yang menyebabkan kelenjar di kulit tumbuh dan menghasilkan sebum (zat berminyak) lebih banyak. Sebum bisa menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Tidak perlu merasa khawatir, biasanya jerawat pada ibu hamil ini hanya bersifat sementara dan akan hilang setelah kadar hormon menjadi stabil. Ibu hamil juga disarankan menggunakan pengobatan alami untuk menghilangkan jerawat. Salah satu caranya yaitu bisa dengan menggunakan cuka sari apel.

Campurkan cuka sari apel dengan air bersih sehingga nantinya menghasilkan toner yang kaya dengan enzim alami. Kemudian rendam bola kapas menggunakan campuran cuka dan oleskan pada kulit untuk menyerap minyak. Namun jika kulit wajah menjadi kering, hentikan penggunaannya.

Ibu hamil juga dapat menggunakan madu yang mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik sehingga dapat menenangkan kulit. Untuk mengaplikasikannya, bilas wajah menggunakan air hangat. Oleskan madu pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Gunakan minyak kelapa yang bersifat antijamur dan antibakteri. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa seperti pelembap sebelum menjelang tidur.

4.Bengkak Pada Bagian Wajah

Apakah Orang Hamil Bisa Dilihat Dari Raut Wajah ? Berikut Ciri-cirinya

Pembengkakan pada bagian wajah adalah ciri-ciri orang hamil yang dapat dilihat dari raut wajah. Kondisi ini disebabkan karena tubuh akan memproduksi sekitar 50% lebih banyak cairan tubuh dan darah demi memenuhi kebutuhan si bayi.

Kondisi yang sering disebut edema ini biasanya terjadi pada bagian wajah, tangan, dan kaki. Edema dapat dihindari dengan menggunakan kompres dingin pada area yang bengkak. Dan jangan lupa minum air putih yang cukup untuk mengurangi retensi air dan mengurangi asupan garam yang berlebih.

5.Akan Terlihat Pembuluh Darah Kemerahan (spider veins)

Spider veins merupakan salah satu kondisi pada saat pembuluh darah kemerahan bercabang ke arah luar. Spider veins yang disebabkan oleh adanya peningkatan sirkulasi darah ini biasanya dialami di bagian wajah, dada, leher, dan lengan atas. Spider veins ini tidak akan menimbulkan rasa sakit dan biasanya akan segera hilang setelah ibu hamil melahirkan. Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil biasanya meningkatkan asupan vitamin C dan tidak menyilangkan kaki pada saat duduk.

6.Kulit Wajah Menjadi Sensitif

Ciri-ciri orang hamil yang bisa dilihat dari raut wajah yang selanjutnya, yaitu kulit wajah menjadi lebih sensitif selama masa kehamilan. Hal ini dapat membuat kulit wajah menolak produk kecantikan yang biasa digunakan sebelum hamil. Jika masih tetap menggunakan produk kecantikan, disarankan Anda untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah produk yang digunakan aman untuk kehamilan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.