Apakah Normal Jika Payudara Terasa Gatal Saat Hamil?

Payudara gatal pada saat hamil merupakan hal umum untuk terjadi. Meskipun bisa mengganggu kenyamanan, ibu hamil sebaiknya tidak menggaruknya karena ada cara lain yang bisa lebih aman dalam meredakan rasa gatal yang muncul di payudara. Payudara terasa gatal saat hamil dapat terjadi karena beragam macam faktor, biasanya dipicu oleh peregangan kulit, hormon kehamilan, dan pertambahan berat badan saat hamil. Namun, tidak menutup kemungkinan jika rasa gatal akan muncul karena iritasi kulit pada bahan pakaian, sabun, sampai deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian

Payudara Terasa Gatal Saat Hamil Adalah Normal

Apakah Normal Jika Payudara Terasa Gatal Saat Hamil?

Menurut dari laman American Association of Pregnancy, kehamilan dapat mengubah payudara. Ibu hamil biasanya akan mengeluhkan payudara terasa sakit saat hamil, tetapi hal ini berbeda dengan rasa nyeri payudara saat menstruasi.

Rasa sakit pada bagian payudara ini termasuk satu dari beragam tanda-tanda hamil. Perubahan payudara saat kehamilan meliputi ukuran payudara yang membesar, lebih sensitif, sampai warna areola yang menjadi lebih gelap.

Bukan hanya itu saja, perubahan pada bagian payudara dan pada puting juga bisa menyebabkan rasa gatal pada ibu hamil. Penyebab utama dari rasa gatal pada payudara saat hamil ini adalah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Selain itu, seiring pertumbuhan janin dan naiknya berat badan saat hamil, kulit tubuh Anda juga akan mengalami peregangan. Peregangan pada kulit kemudian akan memunculkan stretch mark yang dapat menyebabkan rasa gatal. Kedua perubahan ini dapat menjadi penyebab payudara dan puting terasa gatal saat hamil.

Jadi, munculnya rasa gatal di payudara saat hamil ini masih tergolong normal dan tidak Anda tidak perlu merasa khawati. Meskipun payudara terasa gatal selama masa kehamilan adalah normal dan umum terjadi, ibu hamil harus tetap waspada jika ada gejala lainnya muncul. Pasalnya, rasa gatal di payudara ternyata dapat menjadi gejala adanya masalah kesehatan lain.

Masalah Lain Payudara Saat Hamil

Apakah Normal Jika Payudara Terasa Gatal Saat Hamil?

Berikut ini adalah beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebab payudara dan puting terasa gatal saat hamil.

1.Prurigo

Penyebab area dada dan puting terasa gatal saat hamil selanjutnya yaitu prurigo. Salah satu penyakit kulit saat hamil ini umum terjadi menyerang pada ibu hamil. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, penyebab prurigo ini adalah sistem kekebalan tubuh yang merespons perubahan hormon yang ada di dalam tubuh selama masa kehamilan.

Prurigo biasanya akan mengakibatkan munculnya benjolan kecil seperti gigitan serangga yang akan menimbulkan rasa gatal. Selain pada area dada, benjolan kecil bisa juga muncul pada area tubuh lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, benjolan pada kulit yang timbul akibat prurigo dapat menyebar dan bisa semakin banyak. Bahkan di beberapa kasus, prurigo dapat tetap muncul setelah melahirkan, baik selesai melahirkan normal ataupun operasi caesar.

2.Intertrigo

Selain prurigo, intertrigo juga dapat menjadi penyebab payudara terasa gatal saat hamil. Intertrigo atau dermatitis intertriginosa biasanya akan terjadi karena kulit yang berkeringat, lembap, dan mengalami banyak gesekan.

Kemungkinan besar intertigo akan terjadi pada ibu hamil yang tinggal di musim panas. Selain rasa gatal, intertrigo juga bisa menimbulkan ruam kulit, kemerahan, dan kecokelatan.

3.PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy)

PUPP merupakan salah satu penyebab rasa gatal saat hamil yang juga dapat terjadi di area payudara dan sekitar puting. Kondisi ini akan menimbulkan adanya benjolan kecil pada kulit yang gatal. Awalnya, PUPP ini akan menyebabkan benjolan kecil muncul pada sekitar perut yang kemudian akan menyebar ke sekitar payudara, paha, dan area bokong.

Walaupun penyebab PUPP ini tidak diketahui dengan pasti, kondisi medis ini kemungkinan bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon selama masa kehamilan. Tidak perlu khawatir yang berlebihan karena PUPP biasanya akan segera hilang setelah selesai melahirkan.

4.Eksim

Eksim merupakan peradangan kulit yang dapat terjadi kapan saja, termasuk saat hamil. Kondisi ini akan menyebabkan kulit terasa gatal disertai munculnya ruam, mengelupas, dan adanya benjolan kecil. Gejalanya bisa terjadi pada bagian kulit tubuh di area mana pun, termasuk pada area payudara.

Kemungkinan munculnya eksim saat hamil ini biasanya akan lebih besar terjadi pada wanita yang sebelumnya pernah mengalami eksim. Jika wanita sudah memiliki eksim, kondisi tersebut akan terus terjadi termasuk saat sedang hamil.

Hal ini artinya, eksim tidak dapat disembuhkan dan ibu hamil juga perlu menjaga kondisi kulitnya agar tetap sehat dan menjauhi segala pemicunya.

Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Payudara

Apakah Normal Jika Payudara Terasa Gatal Saat Hamil?

Cara mengatasi rasa gatal pada payudara tentu berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Secara umum, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1.Jaga Area Payudara Tetap Lembap

Menjaga area payudara tetap lembap penting dilakukan agar bisa mengurangi rasa gatal. Anda dapat menggunakan krim atau losion pelembap yang tersedia di apotek.

Untuk ibu hamil, pemilihan krim dan losion perlu dilakukan dengan lebih hati-hati. Hindari krim yang mengandung bahan kimia berbahaya. Sebaiknya, pilih losion alami dengan kandungan vitamin E, cocoa butter, atau lanolin sehingga area payudara tetap lembap.

2.Jangan Menggaruk Area Payudara

Ketika puting terasa gatal, memang akan terasa sulit menahan diri untuk menggaruknya keras-keras. Namun hal ini sebaiknya harus Anda hindari sebab akan memperparah kondisi bahkan bisa memicu infeksi.

3.Gunakan Bra yang Pas

Bra yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat dan berbahan kasar bisa menjadi salah satu penyebab payudara terasa gatal. Untuk mengatasinya, langkahnya adalah sederhana. Berhentilah untuk menggunakan bra tersebut.

Pilihlah bra yang sesuai dengan ukuran payudara Anda sehingga terasa nyaman digunakan dan mampu mengurangi risiko kulit payudara termasuk area payudara mengalami gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.