Apakah bebra.store penipuan? Penawaran HP Huawei P40 murah

Apakah bebra.store penipuan? Sebelumnya saya sudah pernah membahas topik sejenis, tentang penawaran smartphone dengan harga murah, jauh lebih murah dari harga standarnya. Saya menemukan ada situs lain yang menawarkan hal serupa, namun smartphone yang ditawarkan adalah Huawei P40. Kalau dibilang penipuan sih, sepertinya bukan. Maksudnya dalam artian barang benar-benar dikirim.

Kenapa? Karena bebra.store ini metode pembayarannya COD, sehingga kalau misalnya barang tidak dikirim / pesanan tidak diproses, pembeli tidak rugi. Saya menemukan website ini ketika saya berkunjung ke sebuah website, kemudian ada penawaran menarik yang ditampilkan di web tersebut, saya buka, ternyata mengarah ke web bebra.store.

HP Huawei P40 yang ditawarkan di Bebra Store jauh lebih murah ketimbang harga aslinya. Saya cek harganya di kisaran 8 juaan. Bahkan saat baru dirilis, HP Huawei P40 dibanderol dengan harga 10 juta. Sedangkan di bebra.store, HP ini harganya cuma Rp2.750.000, jauh lebih murah kan? Katanya itu diskon 50%, dan yang 2.750.000 itu harga promo.

Di bawah keterangan harga, ada waktu hitung mundur, yang katanya sih batas waktu promosinya. Padahal hari ini saya kunjungi web itu, harga yang ditawarkan juga masih sama seperti kunjungan saya sebelumnya. Bisa disimpulkan, itu cuma trik marketing saja.

Ada tiga pilihan warna HP Huawei P40 yang ditawarkan, yaitu hitam, biru, dan putih es. Kemudian ada juga informasi terkait sepsifikasi HP ini, seperti ukuran kamera depan yang sampai 8 MP, RAM 8 GB, dimensi, ukuran layar, sistem operasi, kapasitas baterai, dan sebagainya.

Dengan harga yang jauh lebih murah, apakah HP Huawei P40 yang dikirimkan itu benar-benar asli? Ini yang jadi pertanyaan. Di bebra.store tidak disebutkan kalau HP yang dijual adalah HP replika. Kalau cuma replika, berarti spesifikasinya kan tidak akurat.

Untuk pemesanan, pengunjung harus memasukkan nama dan nomor telepon / HP. Tidak ada keterangan pengiriman dari mana, nomor yang bisa dihubungi pun tidak ada. Satu-satunya cara pemesanan harus mengisi formulir tersebut. Saya pun mencoba mengisi nama dan nomor HP.

Beberapa waktu kemudian, ada nomor yang menghubungi saya, untuk mengonfirmasi pesanan saya, karena data saya sudah masuk sebagai pemesan. Si penelepon bilang kalau dia dari toko online, begitu saya tanya toko online apa, dia tidak menjawab. Tidak lama kemudian, penelepon menutup teleponnya.

Tak cukup sampai di situ, ada nomor telepon berbeda yang menghubungi saya, tujuannya sama. Tapi begitu saya tanya nama toko online-nya, tidak dijawab.

Banyak panggilan yang masuk, tapi hanya beberapa saja yang saya angkat. Ada juga yang menyebutkan nama toko online-nya, yaitu Bebra Store. Ada juga yang sampai menghubungi saya lewat chat WhatsApp untuk konfirmasi pemesanan HP Huawei P40. Saya dikirimi video produknya. Saya tanya “Dikirim dari mana?”, katanya sih dari Jakarta Utara. Kemudian saya tanya nama tokonya apa, dia tidak membalas.

Ada lagi panggilan telepon masuk dengan tujuan yang sama. Setelah saya bilang kalau saya tidak jadi memesan, baru deh tidak ada lagi telepon yang masuk.

Jadi, jika kalian memasukkan nomor HP di website tersebut, maka pihak Bebra Store akan menghubungi nomor Anda. Jika tidak jadi memesan, sebaiknya langsung bilang saja, agar tidak ada CS lain yang menghubungi Anda.

Kalau masalah barang dikirim atau tidak, kemungkinan dikirim, karena kan pakai sistem pembayaran COD. Masalahnya, dengan harga semurah itu, apakah benar yang dikirim itu HP Huawei P40 baru dan original atau bukan. Saya tidak mau mengeluarkan uang hanya sekedar untuk membuktikan kalau HP yang ditawarkan di toko online tersebut benar-benar seperti yang ditawarkan atau tidak. Buat kalian yang pernah memesan HP Huawei P40 di Bebra Store dan barang sudah sampai, coba komentar ya, apakah sesuai dengan yang dijelaskan di website atau tidak.

Lagipula tidak ada nomor yang bisa dihubungi. Kalau misal ada kerusakan saat pengiriman, atau klaim garansi, lalu bagaimana mengurusnya? Memang sih pembayarannya COD. Tetapi, biasanya penerima tidak boleh membuka isi paket sebelum membayar pesanannya kepada kurir.

Kalau lewat marketplace kan lebih enak, kalau mau komplain, ada pihak marketplace yang menengahi. Lagipula, kalau mereka menawarkan HP dengan harga jauh lebih murah ketimbang harga resminya, kenapa mereka tidak berjualan di marketplace?

Menurut Anda, apakah bebra.store penipuan atau tidak?

3 Comments

  1. Saya pernah pengalaman beli di Bebra.store yg datang HP rekondisi tidak seperti yg ditawarkan, saya malas melapor jadi sekarang HP tersebut sudah saya buang karena tidak bisa dipakai, jadi kesimpulannya penipuan.

  2. Haduh hampir aja gw ketipu untung gw cek2 terus karena penasaran ya walaupun gw udah terlanjur kasih info lengkap alamat dan mengiyakan pesanan tapi beruntungnya belum nyampe paketnya jadi berkat tulisan ini dan coment bang odang gw ga jadi ketipu .. terimakasih banyak atas sharing pengalamanbya 🙏

  3. Baru semenit yg lalu dapat telp dari bebra.store ini. Sebelumnya memang kecurigaan besar karena dapat undian klik, diskon 70% untuk samsung S20. Tapi ntah ada tulisan atau replika nya atau tidak. Tapi sangat jelas harga 6.9jt diskon menjadi 1.1jt sekian.
    Dan persis yg disampaikan, pembayaran COD, diminta alamat saya. Menit sebelum saya kasih alamat, saya tanyain kok bisa promo sebesar itu (too good to be true)? Akhirnya saya kasih jg alamatnya.
    Tapi kalau itu replika, saya ga mau.. untung ada artikel ini, begitu search bebra store di google. jadi kita prepare dulu. Thanks banget admin info begini

Leave a Reply

Your email address will not be published.