Apa perbedaan serum Somethinc asli dan palsu?

ads

Bagaimana ciri-ciri serum Somethinc asli? Mau beli produk Somethinc tapi takut mendapatkan barang palsu? Apakah perbedaan serum Somethinc asli dan palsu bisa diketahui dari kemasan, harga, maupun isi produknya?

Mahal atau murahnya suatu produk, bisa dijadikan patokan untuk mengetahui keaslian produk tersebut. Namun, hal ini tidaklah mutlak. Karena dengan level persaingan yang tinggi, apalagi para seller yang berjualan di marketplace, seringkali melakukan banting harga, yaitu menjual barang dengan harga semurah mungkin supaya bisa bersaing di marketplace. Hal ini juga terjadi pada seller yang berjualan kosmetik. Ada banyak kosmetik yang dijual di marketplace dengan harga jauh di bawah harga ecernya,

Misal, suatu kosmetik yang seharusnya dijual dengan harga Rp100.000, tapi ada seller yang menjualnya dengan harga Rp60.000. Tentu ini selisih yang lumayan jauh. Bisa jadi seller tersebut menjual produk palsu sehingga bisa menjual barang dengan harga lebih murah. Tapi bisa jadi juga karena seller tersebut ambil barang dalam jumlah banyak, sehingga mendapatkan harga yang lebih murah. Banyak seller yang tak masalah ambil untung cuma Rp5.000, ketimbang ambil untung Rp50.000 tapi laku cuma sedikit.

Kalau seller menjual kosmetik asli dengan harga lebih murah, ini memang yang diuntungkan adalah pembeli. Namun, yang perlu pembeli waspadai adalah, jangan sampai membeli kosmetik yang ternyata palsu. Kosmetik palsu dalam hal ini adalah kosmetik tiruan yang dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya. Kemasannya dibuat semirip mungkin, meskipun seringkali adanya perbedaan dengan kemasan aslinya. Apalagi kalau produk yang ditiru memiliki kode verifikasi untuk mengecek keasliannya.

Meskipun kemasannya mirip, biasanya isinya berbeda dengan produk aslinya. Ini sangat wajar karena komposisi produknya berbeda. Dan tentu saja kualitasnya juga berbeda.

Bagaimana dengan serum Somethinc? Apakah sudah ada serum Somethinc yang palsu?
Serum Somethinc cukup banyak diminati di pasaran. Dari kemasannya, serum ini kelihatan seperti skincare asal Korea. Tapi, ternyata Somethinc itu brand lokal lho. Serum Somethinc merupakan brand skincare yang dimiliki oleh PT Royal Pesona Indonesia. Adapun untuk urusan produksinya, perusahaan ini bekerjasama dengan sejumlah perusahaan industri kosmetik lokal, seperti PT. Nose Herbalindo, PT. Ayara Beauty Indonesia, PT. Neo Kosmetika Industri, dan beberapa perusahaan lainnya.

Selain itu, perusahaan ini juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan industri kosmetik asal China, yakni Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd..

Cara Mendapatkan Serum Somethinc Original
Serum Somethinc asli bisa kalian beli melalui offical shop Somethinc di Shopee. Kalian juga bisa beli melalui website resminya yang beralamat di somethinc.com. Kalian tidak harus membelinya di toko official, tetapi juga bisa lewat reseller Somethinc. Untuk melihat informasi para seller Somethinc, kalian bisa buka somethinc.com/id/stockist. Di situ kalian bisa melihat informasi seller Somethinc di berbagai wilayah, seperti Jabodetabek, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Lombok, dan Papua.

Apakah bisa mengecek keaslian Somethinc dengan barcode / QR code?
Barcode pada suatu produk merupakan identitas produk, merupakan pembeda dari satu produk dengan produk lainnya. Jadi, kalau produk asli, berarti barcode-nya terdaftar. Sayangnya, Somethinc tidak menyediakan layanan untuk mengecek barcode. Dan barcode juga bisa dipalsukan. Misalnya, pemalsu produk menggunakan barcode produk asli.

Sedangkan QR code pada produk kosmetik biasanya untuk mengecek legalitas produk tersebut di BPOM. QR Code tersebut di-scan melalui aplikasi resmi BPOM. Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, maka akan muncul keterangan seputar produk tesebut. Jadi, QR code bukan untuk mengecek keaslian produk. Tapi jika ada suatu produk kosmetik yang QR code-nya tidak valid, maka patut dicurigai.

Apakah bisa cek keaslian serum Somethinc menggunakan aplikasi HiddenTag?
Ada aplikasi untuk mengecek keaslian produk kosmetik, nama aplikasinya adalah HiddenTag. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mengecek keaslian kosmetik yang merknya terdaftar di layanan tersebut. Sedangkan Somethinc tidak terdaftar di HiddenTag, sehingga kita tidak bisa mengecek keaslian produk Somethinc di aplikasi HiddenTag.

Apakah ada serum Somethinc palsu?
Seorang pengguna TikTok dengan username @dindaadinda277 menyatakan kalau ia mendapatkan serum Somethinc palsu. Jadi ceritanya, ia itu ingin membeli serum Somethinc Niacinamide Moisture Sabi Beet yang isi 40 ml. Tapi karena susah mencari serum tersebut, akhirnya ia membeli yang versi edisi terbatas, yaitu edisi christmas. Ia menganggap kalau serum Somethinc yang ia beli itu palsu, dengan membandingkannya dengan produk sejenis.

Ia beranggapan kalau serum Somethinc asli dan palsu itu warna dan wanginya berbeda. Yang palsu punya aroma seperti pewangi pakaian dan warnanya lebih keruh. Sedangkan serum Somethinc yang asli, warnanya jernih dan tidak wangi.

Saya tidak bisa memastikan kalau dia mendapatkan produk yang palsu. Ada dua kemungkinan, bisa jadi memang benar ada produk yang palsu, bisa jadi itu juga produk asli. Kalau asli kenapa warna serumnya berbeda? Terkadang dalam pembuatan suatu produk, ada produk yang berbeda dari lainnya, entah itu karena kesalahan atau penyebab lainnya.

Setelah saya cek komposisi serum Somethinc Niacinamide Moisture Sabi Beet, ternyata memang tidak mengandung parfum / fragrance. Jadi, seharusnya serum ini tidak wangi. Lagipula pewangi itu tidak penting dalam pembuatan serum. Jadi, sudah umum kalau serum itu tidak wangi.

Jika memang ada produk yang palsu, dari pihak Somethinc harusnya kasih informasi tentang perbedaan serum Somethinc asli dan palsu. Tapi hingga postingan ini di buat, saya tidak menemukan postingan tentang Somethinc palsu di akun Instagram resmi Somethinc (@somethincofficial).

Tapi jika kalian mau beli Somethinc, tapi takut mendapatkan produk palsu, kalian bisa beli Somethinc di toko resminya, atau di seller resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *