Apa perbedaan parfum Garuda asli dan palsu?

ads

Perbedaan parfum Garuda apa bisa diketahui dari aromanya maupun harganya? Bagaimana ciri-ciri parfum Garuda asli? Banyak penjual yang berjualan parfum lewat online. Tak masalah sih kalau sekedar parfum biasa. Masalahnya kalau memakai merk Garuda Indonesia, sedangkan produk tersebut bukan benar-benar dari perusahaan maskapai tersebut.

Tidak susah mencari toko yang menjual parfum Garuda Indonesia. Tinggal cari di Shopee, ada banyak yang menjualnya. Harganyapun beragam, ada yang sampai ratusan ribu, puluhab ribu, bahkan ada yang cuma belasan ribu saja. Bahkan aku cek ada keterangan garansi 100% ori dari Shopee. Adapun kemasannya umumnya menggunakan botol beling, yang mana ini rentan pecah dalam pengiriman. Jadi, packing produk ini harus seaman mungkin, misalnya dibungkus dengan bubble wrap. Bila perlu ditambah packing kayu supaya lebih aman.

Apa perbedaan parfum Garuda asli dan palsu?
Parfum Garuda yang dijual di marketplace itu katanya parfum yang digunakan oleh pramugari, pilot, dan kru maskapai Garuda Indonesia. Ada berbagai pilihan aroma, salah satunya adalah jasmine green tea. Banyak penjual yang mengaku parfum garuda yang mereka jual itu original. Tapi, apakah benar-benar asli? Karena untuk meniru wangi parfum itu sepertinya tidak susah. Buktiknya ada banyak parfum yang aromanya mirip.

Namun, PT Garua Indonesia tidak berbisns parfum. Jadi, parfum dengan logo Garuda Indonesia itu adalah palsu. Penggunaan logo perusahaan maskapai tersebut tanpa izin adalah hal yang tak dibenarkan. Apalagi kalau penjual mengklaim kalau parfum itu asli dari Garuda Indonesia. Beritanya bisa kalian buka di https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5502191/geram-ada-yang-sebar-hoax-garuda-jualan-parfum-dirut-kita-kejar.

Parfum berlogo Garuda Indonesia laris di pasaran. Tak heran jika banyak pembuat parfum yang memanfaatkan hal ini, dengan membuat parfum dengan aroma seperti parfum Garuda. Namun, yang perlu konsumen pahami adalah parfum tersebut bukan parfum dari Garuda Indonesia. Adapun penggunaan logo maskapai tersebut, apakah mau diperkarakan atau tidak, tergantung dari pihak maskapai, apakah mau menuntut para penjual atau pembuat parfum tersebut atau tidak.

Tapi, di Shopee aku nemu lapak jualan parfum Garuda Indonesia yang dilengkapi dengan QR code dan nomor BPOM. Kalau di deskripsinya sih ada pernyataan kalau parfum tersebut original. Adapun harganya adalah Rp28.000 per botol dengan isi 60 ml.

Adapun nomor BPOM yang tercantum di lapak tersebut yaitu NA18200601377 dan NA18200601375. Tapi, setelah aku cek di web BPOM, tidak ada produk yang terdaftar di BPOM dengan nomor tersebut. Padahal kalau bisa dicek, bisa ketahuan produsen parfum tersebut. Di lapak lain, di deskripsinya ada keterangan kalau seller menjual parfum Garuda Indonesia original, dan mengaku sebagai distributor resmi PT Wangata S M. Dari keterangan ini, bisa disimpulkan kalau parfum yang ia jual adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Nah, aku coba cari di Google “PT Wangata S M”, aku tidak menemukannya, tidak ada informasi alamat perusahaan ini. Untuk link penjualnya, maaf aku nggak bisa kasih lihat, karena privasi.

Kalau memang produk yang dijual tidak asli, tak perlu lah mengaku kalau produk yang dijual itu original. Memang sih pembeli itu biasanya ingin yang asli. Sedangkan penjual cukup klaim kalau produk yang ia jual itu asli, tanpa perlu membuktikannya, banyak pembeli yang percaya.

Padahal dari Garuda Indonesia sendiri tidak berbisnis parfum. Jadi, bisa disimpulkan ada oknum yang memanfaatkan merk Garuda Indonesia untuk mendongkrak penjualan parfum. Sebenarnya tak masalah kalau membuat parfum dengan aroma yang mirip dengan parfum lainnya. Tapi, penggunaan logo Garuda Indonesia di kemasan, ini bisa jadi masalah. Ini juga bisa menimbulkan kesalahpahaman bagi konsumen, mengira kalau produk tersebut adalah produk dari Garuda Indonesia.

Namun, apakah pihak Garuda Indonesia bakalan bertindak? Parfum berlogo Garuda Indonesia sudah beredar sejak beberapa tahun lalu, dan hingga kini masih dijual bebas lewat internet. Kalaupun mau menindak para seller yang menjual parfum Garuda, tinggal laporkan saja ke pihak marketplace. Banyak kok produk yang diblokir di marketplace karena menjual barang tidak original menggunakan merk tertentu.

Tapi, penjual parfum Garuda di marketplace seperti dibiarkan saja, tidak ditindaklanjuti. Aku bukan membela Garuda Indonesia. Akupun nggak rugi kalau banyak penjual parfum Garuda. Mau menindak atau tidak, itu urusan mereka.

Di sini aku mengingatkan konsumen, kalau mau mencoba parfum Garuda, tidak usah berharap mendapatkan produk yang original dari Garuda Indonesia, karena pihak maskapai tidak berbisnis parfum. Jangankan parfum Garuda, parfum seharga jutaan rupiah juga bisa ditiru wanginya.

Tapi bagaimana kalau benar-benar ada parfum Garuda Indonesa yang original? Well, kalau bicara soal kemungkinan, memang ada sih kemungkinan ini. Meskipun parfum Garuda Indonesia tidak dijual bebas, bukan tidak mungkin ada yang menjualnya. Sebagai contoh, ransum TNI, itu kan khusus untuk TNI, tidak dijual secara bebas. Tapi nyatanya banyak yang berjualan ransum TNI di marketplace.

Parfum yang terdaftar di BPOM dengan aroma mirip Parfum Garuda
Tak masalah kalau membuat parfum dengan aroma sepeti parfum Garuda. Namun, yang jadi masalah adalah penggunaan mereknya. Ada salah satu merk parfum yang aromanya memang terinspirasi dari parfum Garuda, yaitu parfum merk Barristama yang diproduksi oleh PT. Eropa Fragrance Indonesia. Parfum ini sudah terdaftar di BPOM, dan di kemasannya tidak terdapat logo Garuda Indonesia. Parfum kan yang dicari wanginya. Kalau sekedar ingin parfum yang wanginya mirip parfum Garuda Indonesia, maka lebih baik yang ini, karena pabriknya jelas, dan juga sudah produknya sudah terdaftar di BPOM. Ini bukan edorsement ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *