9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah. Salah satu yang dipercaya oleh banyak orang yaitu bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah. Pasalnya, jeruk nipis telah mengandung beragam nutrisi dan zat yang baik untuk kesehatan kulit.

Jeruk nipis telah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, magnesium, fosfor, karbohidrat, gula, kalsium, kalium, dan kolin. Sementara itu, buah yang rendah kalori ini juga telah mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, serta antioksidan.

Perawatan kulit wajah dengan jeruk nipis ini dilakukan dengan memanfaatkan air hasil perasannya. Anda hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah, biarkan selama beberapa menit sampai kering. Kemudian bilas hingga bersih. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah:

1.Menyamarkan Flek Hitam

9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit WajahManfaat jeruk nipis untuk wajah flek hitam ini berasal dari zat pemutih alami di dalam jeruk nipis, yang telah dianggap mempunyai sifat pencerah kulit alami dan dapat menyamarkan flek hitam.

Anda hanya perlu mengoleskannya ke wajah, terutama pada area kulit wajah yang tidak merata lalu biarkan kurang lebih selama 30 menit, kemudian bilas bersih menggunakan air mengalir. Namun sebelum itu, pastikan Anda terhindar dari paparan sinar matahari.

Sebab, jeruk nipis akan membuat wajah Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Anda juga disarankan untuk menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Jeruk nipis juga bisa Anda gunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

2.Melembabkan Wajah

Tidak hanya ampuh untuk menyamarkan flek hitam, jeruk nipis juga mampu untuk menghidrasi kulit dengan maksimal. Pada jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Oleskan air perasan jeruk nipis dengan rutin sebagai masker pada kulit wajah, maka kelembaban akan terjaga dan bebas dari masalah kulit yang kering. Anda bisa menggunakannya setidaknya selama seminggu sekali.

3.Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Jerawat dan noda-noda pada wajah disebabkan karena menumpuknya kotoran, minyak, serta sel-sel kulit mati yang telah menyumbat pori-pori. Kondisi ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada para wanita maupun pria.

Oleh karena itu, manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat dapat mencegah dan menghambat adanya pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat asam yang dimiliki oleh jeruk nipis juga dapat membantu mengontrol minyak yang berlebih pada wajah.

4.Mencegah Penuaan Dini

9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah

Seperti yang Anda ketahui bahwa jeruk nipis kaya akan antioksidan. Dengan adanya senyawa ini dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda adanya penuaan dini.

Terlebih kandungan vitamin C yang tinggi juga telah dipercaya dapat menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Mengonsumsi jeruk nipis juga bisa meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit wajah supaya tetap kencang. Sehingga tanda-tanda penuaan dini dapat terhindarkan.

5.Mengangkat Sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati dapat menjadi salah satu penyebab wajah menjadi kusam. Oleh karena itu, perlu dilakukan eksfoliasi supaya terhindar dari penyumbatan pori-pori dan dapat mencegah kemunculan jerawat ataupun noda bekas jerawat.

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis juga dianggap dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sehingga wajah akan tampak lebih cerah dan bercahaya.

6.Mengencangkan Pori-pori Kulit

9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit WajahTidak banyak orang yang tahu bahwa jeruk nipis ini bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori kulit. Adanya zat yang bersifat astringen berfungsi untuk mengencangkan pori-pori, dan dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih cerah, mulus, dan bersih.

Selain itu, Jeruk nipis untuk wajah juga dapat Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan yang ada dalam jeruk nipis berperan sebagai astringen sehingga tampilan kulit Anda akan menjadi lebih halus. Selain itu, pori-pori yang mengecil juga dapat menurunkan produk minyak kulit yang berlebih.

7.Memperbaiki Struktur Kulit

Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan antioksidan pada jeruk nipis dapat mengembalikan lapisan kulit yang sehat. Artinya, jeruk nipis ini akan membantu meremajakan kulit dan akan melindungi kulit dari infeksi.

Agar kulit sehat dan tampak bercahaya, Anda hanya perlu meminum segelas air hangat dengan sedikit madu dan perasan jeruk nipis pada pagi hari dengan teratur.

8.Menyamarkan Bekas Luka

9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit WajahManfaat lain kandungan vitamin C dalam jeruk nipis untuk wajah adalah dapat mempercepat penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka. Dalam sebuah penelitian telah disebutkan bahwa mengoleskan gel vitamin C pada kulit setiap hari selama 6 bulan dapat membuat bekas luka operasi menjadi terlihat samar dan perlahan hilang.

9.Mengatasi Produksi Minyak yang Berlebih

Manfaat jeruk nipis lainnya untuk wajah adalah dapat mengatasi produksi minyak yang berlebih. Sari jeruk nipis mempunyai sifat astringen yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, mengencangkan otot serta dapat membantu mengurangi minyak berlebih. Dengan produk perawatan berbahan dasar jeruk nipis, minyak berlebih pada wajah dapat segera diatasi.

Waspadai Efek Samping Penggunaan Jeruk Nipis

Meski alami, penggunaan dari jeruk nipis sebagai perawatan pada kulit wajah juga mempunyai beberapa risiko. Mengoleskan jeruk nipis pada wajah dapat berisiko membuat kulit menjadi kering, kemerahan, perih, iritasi, dan sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jeruk nipis untuk wajah, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda mempunyai kulit wajah yang sensitif. Jika setelah diolesi air jeruk nipis, kulit wajah menjadi perih dan merah, segera bilas  dengan air dan hentikan pemakaiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.