9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Cepat dan Ampuh

Read Beauty – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori besar pada wajah yang sangat mudah dilakukan. Selain mampu menurunkan rasa percaya diri orang yang mengalaminya, pori-pori wajah yang besar juga membuat kulit wajah menjadi sering muncul komedo dan jerawat.

Pori-pori mempunyai fungsi yang penting untuk mengeluarkan sebum yang bisa menjaga kulit menjadi tetap kenyal, lembap, dan sehat. Tetapi, produksi sebum yang berlebihan juga bisa menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar, sehingga kulit wajah akan terlihat kusam dan mudah timbul jerawat.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

9 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Cepat dan Ampuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori besar pada wajah, diantaranya yaitu :

1. Rutin Membersihkan Wajah Secara Rutin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah yaitu menjaga kebersihan kulit wajah. Jika wajah jarang dibersihkan, kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak dapat menumpuk di kulit wajah yang bisa menyumbat pori-pori, sehingga tampak membesar.

Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk membersihkan wajah dalam dua kali sehari dengan menggunakan sabun muka yang berbahan lembut. Setelah dibersihkan, keringkan wajah Anda dengan menggunakan handuk bersih dan tepuk-tepuk.

2. Pakai pelembap

Salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang yang mempunyai kulit wajah berminyak yaitu tidak pakai pelembap, karena khawatir kulit wajah akan semakin berminyak.

Padahal, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik juga bisa memicu produksi minyak yang berlebih dan akan menyebabkan pori-pori wajah semakin membesar. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah agar bisa mengecilkan pori-pori sekaligus bisa menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

Hal ini sangat penting dilakukan agar kulit wajah tidak menjadi kering. Selain itu, hindari juga mengeksfoliasi kulit ketika jerawat sedang meradang, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pakai Masker Wajah

Memakai masker wajah secara rutin dalam 1–2 kali seminggu bisa mengatasi pori-pori besar pada wajah. Ada banyak masker wajah yang bisa Anda gunakan.

Salah satu contohnya yaitu dengan memakai masker tanah liat. Jenis masker ini dinilai bisa mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati di kulit wajah, sehingga bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Tidak hanya itu, masker wajah yang terbuat dari bahan alami seperti oatmeal dan tomat,  juga bisa mengurangi minyak yang berlebih pada wajah dan mampu mencegah pori-pori tersumbat dan terlihat besar.

4. Jangan Menyentuh Wajah Tanpa Cuci Tangan

Cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun sampai bersih terlebih dahulu sebelum Anda menyentuh wajah. Jika sering menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang kotor bisa membuat kuman dan bakteri pada tangan berpindah ke wajah.

Tidak hanya memicu penyumbatan pada pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih mudah muncul. Selain menjaga kebersihan, melakukan perawatan kulit wajah dari luar, Anda juga disarankan untuk mengatasi pori-pori besar di wajah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Anda dianjurkan minum cukup air putih dan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang tinggi lemak, kalori, dan garam, karena makanan jenis ini bisa membuat wajah Anda berminyak dan pori-pori menjadi tersumbat dan tampak lebih besar.

5. Pakai Tabir Surya

Pakai tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 setidaknya dalam waktu 15 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang bisa mengurangi elastisitas kulit wajah dan membuat pori-pori wajah tampak lebih besar.

Anda juga harus pastikan, tabir surya yang Anda pakai bisa menghalau sinar UVA dan UVB dengan baik untuk melindungi kulit Anda dari penuaan dini dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker kulit.

6. Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara sederhana untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat dan terlihat lebih besar. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah, cukup dalam 1–2 kali saja dalam seminggu dan tetap pakai pelembap setelahnya.

7. Jangan Pakai Makeup Saat Tidur

Apakah Anda adalah salah satu orang yang malas dalam membersihkan makeup dan memilih untuk cepat-cepat tidur setelah beraktivitas? Tertidur dengan makeup yang tidak dibersihkan bisa membuat kotoran, minyak, dan bakteri menumpuk sehingga akan menyebabkan pori-pori Anda menjadi tersumbat. Hal ini kemudian membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar pada pagi hari saat Anda terbangun.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu mencuci muka dan membersihkan makeup Anda sampai benar-benar bersih, tidak peduli seberapa lelah Anda setelah Anda melakukan aktivitas seharian.

8. Facial Wajah

Cara mengecilkan pori-pori wajah ini dapat dilakukan dengan cepat, jika Anda ingin hasil yang instan.

Untuk membuat pori-pori pada wajah mengecil yaitu dengan mengeluarkan kotoran yang menyumbat di dalam pori. Cara ini merupakan salah satu cara terbaik terbaik untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Lakukan facial dengan dokter yang sudah terpercaya. Namun, Anda juga harus tetap berhati-hati saat melakukan facial, ya.

9. Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika ada beragam perawatan yang disebutkan di atas tidak juga membantu Anda dalam mengecilkan pori-pori maka berkonsultasi ke dokter spesialis kulit merupakan pilihan terbaik. Dokter spesialis kulit bisa merekomendasikan prosedur tertentu agar bisa membatu Anda mengatasi pori-pori yang besar, seperti melakukan perawatan microneedling dan laser.

Jika masalah jerawat Anda yang menyebabkan pori-pori Anda membesar, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik atau obat retinoid untuk bisa membantu Anda dalam membersihkan kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.