8 Cara Paling Ampuh untuk Memutihkan Kulit Wajah

Meskipun cantik tidak selalu identik dengan kulit wajah yang putih, masih banyak orang yang mencari cara agar dapat memutihkan wajah. Tentunya Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan cara agar kulit tampak putih dan cerah. Kulit putih dan cerah identik dengan kesan lebih terawat dan lebih menarik.

Wajah kusam merupakan salah satu keluhan dermatologis yang paling umum. Kondisi ini ditandai dengan adanya kulit yang kehilangan kilaunya. Kulit kusam juga terlihat menua dan tidak sehat, atau mungkin juga mempunyai tekstur yang tidak rata. Berikut ini adalah cara untuk memutihkan wajah agar tidak terlihat kusam.

1.Membersihkan Wajah Secara Rutin

8 Cara Paling Ampuh untuk Memutihkan Kulit Wajah

Untuk mencerahkan kulit wajah, pastikan Anda dengan rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Hal ini merupakan salah satu langkah awal melakukan perawatan kulit wajah untuk menghilangkan kotoran yang telah menempel di kulit.

Anda dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Misalnya, pembersih wajah dengan kandungan pelembap untuk jenis kulit berminyak atau produk berlabel hypoallergenic untuk kulit yang sensitif.

Saat mencuci wajah, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Pijat wajah dengan gerakan melingkar dengan lembut, bilas wajah secara menyeluruh, kemudian keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut.

2.Menggunakan Toner

Setelah wajah dibersihkan, Anda dapat menggunakan toner yang berguna untuk menyehatkan, melembapkan, serta untuk memberi nutrisi pada kulit. Teknik double cleansing ini juga akan menghilangkan sisa make up atau kotoran yang tertinggal oleh pembersih wajah biasa.

Beberapa toner juga bisa mengatasi masalah kulit, seperti halnya kulit kusam, jerawat, dan kulit rusak akibat paparan sinar matahari. Hasilnya, kulit wajah tidak hanya terlihat lebih sehat, tetapi juga akan lebih cerah, bersih, dan lembut.

3.Minum Air Putih yang Cukup

8 Cara Paling Ampuh untuk Memutihkan Kulit WajahMencerahkan kulit wajah tidak cukup jika hanya melakukan perawatan dari luar saja, tetapi juga perlu didukung oleh perawatan dari dalam. Salah satunya yaitu dengan memenuhi asupan cairan yang akan dibutuhkan tubuh.

Orang dewasa juga disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari supaya tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Ketika asupan cairan tubuh tercukupi, sel kulit akan turut bekerja dengan baik sirkulasi dan aliran darah pun juga akan menjadi lebih lancar. Dengan demikian, kulit dan wajah juga akan terlihat lebih sehat dan cerah.

4.Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Selain minum air putih yang cukup tubuh, untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak awet muda dan cerah juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kulit. Misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang berptotein tinggi.

Hal ini karena aneka nutrisi pada makanan sangat berperan penting dalam perbaikan jaringan kulit dan merangsang adanya pembentukan kolagen.

5.Mengendalikan Stres

Stres rupanya juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Stres yang tidak terkontrol dengan baik dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya berbagai masalah kulit, seperti halnya kulit kusam, jerawat, eksim, psoriaris, dan rosacea.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres, misalnya tidur yang cukup dan luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Anda jangan lupa juga untuk berolahraga dengan rutin, ya.

6.Menggunakan Masker Wajah Alami

8 Cara Paling Ampuh untuk Memutihkan Kulit WajahAnda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker wajah, misalnya  lemon, daun sirih, teh hijau, madu, mentimun, susu, yoghurt, minyak zaitun, gandum, lidah buaya, dan kopi.

Jika dilakukan dengan rutin, perawatan masker wajah menggunakan bahan alami juga bisa mencerahkan kulit Anda. Hal ini karena kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, serta antioksidan, dalam bahan masker alami tersebut mampu untuk membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit wajah.

Meski umumnya aman, penggunaan masker wajah yang alami juga tidak boleh sembarangan, sebab beberapa orang mungkin saja alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Oleh karena itu, lakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan bahan alami yang akan digunakan ke kulit tangan. Tunggu sampai hingga 24 jam dan lihat bagaimana kulit Anda akan bereaksi. Jika muncul tanda-tanda kemerahan, bentol, dan gatal, sebaiknya Anda hentikan penggunaan bahan tersebut dan coba menggunakan bahan lainnya.

7.Retinol

Menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol akan membuat rangkaian skincare routine untuk mencerahkan wajah akan menjadi lebih efektif. Produk dengan kandungan bahan retinol akan meningkatkan fungsi dari adanya rangkaian produk skincare routine yang akan dipakai. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan pelembab setelahnya.

Produk skincare routine juga mengandung retinol yang menjadi favorit adalah Skin Medica 0.5. Pasalnya, produk ini tidak akan menimbulkan iritasi. Ada juga skincare Clark’s Botanicals Retinol Rescue yang telah dijual seharga US$ 98 atau sekitar Rp 1,4 juta. Produk ini telah mengandung colloidal oatmeal yang bisa mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu dapat juga menggunakan produk CeraVe Skin Renewing Night Cream.

8.Tabir surya

Tabir surya adalah salah satu produk yang paling penting dan tidak bisa dihilangkan dari skincare routine pada pagi hari. Tabir surya akan melindungi kulit dari beragam kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu tabir surya juga mmpunyai peran penting untuk membuat kulit wajah terlihat lebih muda, cerah serta tidak kusam.

Naissan O. Wesley, ahli dermatologi bedah dan penasihat ilmiah di Arbonne, telah merekomendasikan Nivea Japan Water Gel Sunscreen. Selain karena mempunyai tekstur ringan, produk skincare tersebut juga mempunyai kandungan SPF yang tinggi, yaitu SPF 50.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.