8 Cara Menghilangkan Perut Buncit yang Wajib Anda Coba

Perut buncit adalah suatu permasalahan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Mengecilkan perut buncit bukanlah sekadar untuk mementingkan penampilan, tetapi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, mempunyai perut yang ramping mampu membuat tubuh merasa menjadi lebih bugar dan ringan.

Perut yang membuncit merupakan salah satu hal normal jika terjadi setelah melakukan makan besar karena lambung akan penuh untuk menampung makanan. Setelah makanan diproses secara keseluruhan, perut akan menjadi normal kembali.

Perut buncit juga bisa dialami siapa saja, bahkan pada orang kurus sekalipun. Pasalnya ada beragam hal yang menjadi salah satu penyebab perut buncit, mulai dari faktor genetik dan gaya hidup. Selain itu, pola makan dengan kandungan gizi yang seimbang ternyata tidak akan cukup untuk mencegah perut buncit. Anda harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga untuk membakar lemak di perut.

Cara Menghilangkan Perut Buncit

8 Cara Menghilangkan Perut Buncit yang Wajib Anda Coba

1.Minum Air Mineral Yang Cukup dan Teratur

Minum air mineral yang cukup bisa membantu Anda dalam mengkonsumsi makanan lebih sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan. Terutama jika Anda minum air mineral sebelum Anda makan. Sebuah studi pada orang dewasa telah mengemukakan bahwa minum setengah liter air dalam sekitar 30 menit dapat membantu mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

Pada penelitian tersebut, peserta yang minum air mineral sebelum makan dapat menurunkan 44 persen lebih banyak berat badan pada periode 12 minggu. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan cara mengecilkan perut ini.

2.Tidur yang Cukup

Lagi-lagi, tidur mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk sebagai salah satu tips untuk mengecilkan perut.Penelitian dari jurnal Metabolism telah melaporkan bahwa kurang tidur akan memengaruhi hormon yang akan mengatur nafsu makan. Hal ini bisa membuat Anda merasa lebih lapar. Para peneliti juga telah mencatat bahwa dengan meningkatkan durasi dan kualitas tidur bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku saat ingin membakar lemak viseral pada perut.

3.Mengunyah Makanan dengan Pelan

Tahukah Anda jika makan yang terlalu cepat dikunyah bisa menyebabkan tubuh mendapatkan asupan kalori yang berlebihan? Pasalnya, makan dengan terlalu cepat dapat membuat otak menjadi tidak mendapatkan waktu untuk mengirim sinyal pada kenyang ke tubuh.

Sementara itu, dalam mengunyah makanan secara perlahan juga bisa membantu mencegah perut kembung. Jika makanan tidak dikunyah dengan tepat dan benar, tubuh akan mengalami kesulitan mencernanya. Jadi, Anda harus coba untuk mengunyah makanan secara perlahan agar bisa mengecilkan perut yang buncit.

4.Menjalani Gaya Hidup yang Sehat

Beragam tips mengecilkan perut buncit di atas tidak akan berhasil jika Anda tidak melakukannya dengan rutin. Walaupun bukan suatu kondisi yang berbahaya, perut buncit dapat menjadi salah satu gejala dari adanya masalah kesehatan.

Oleh karena itu, Anda harus konsisten dalam menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, dan rutin berolahraga. Para ahli telah menekankan bahwa gaya hidup, terutama olahraga, adalah cara terbaik untuk melawan perut buncit.

Jika Anda kesulitan dalam merancang pola makan, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi. Ahli gizi bisa membantu Anda mendapatkan menu makanan yang sesuai pada kondisi kesehatan Anda. Sehingga perut yang buncit bisa diatasi dengan mudah.

5.Memperbanyak Asupan Protein dan Serat

Tidak hanya olahraga, Anda dapat mulai memperbanyak makanan dengan konsumsi kandungan protein dan serat. Serat akan membantu Anda dalam menghasilkan perasaan kenyang yang lebih lama. Alhasil, Anda bisa mengurangi jumlah makan Anda. Tidak hanya itu, serat juga menjaga fungsi sistem pencernaan yang bisa mengurangi perut kembung dan membuat perut menjadi tampak kecil.

Sementara itu, protein bisa membantu memperbaiki jaringan otot dan bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini sudah dibuktikan dengan melalui penelitian kecil dari Nutrition and Metabolism. Penelitian tersebut telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, dan daging mempunyai kadar lemak perut yang lebih rendah.

6.Mengonsumsi Buah Semangka

Buah semangka mengandung asam amino arginin yang bisa menurunkan berat badan. Para peneliti telah melakukan penelitian dengan arginin selama tiga bulan. Penelitian tersebut telah menemukan bahwa kandungan tersebut mampu mengurangi peningkatan lemak pada tubuh dengan sebesar 64%.

Dengan mengonsumsi buah semangka, tubuh bisa meningkatkan oksidasi lemak dan glukosa. Dan buah semangka juga bisa meningkatkan massa otot sehingga bisa membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Camilan semangka pada musim panas, dan makan sumber arginin lainnya, seperti kacang-kacangan, makanan laut, dan biji-bijian mampu mengecilkan perut buncit.

7.Minum Air Lemon

Selain minum air putih, minum air lemon juga bisa membantu Anda mengecilkan perut buncit. Antioksidan polifenol pada lemon bisa mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah yang tinggi dan mengurangi resistensi insulin. Resep sederhana untuk air lemon yaitu campur dua gelas air dan jus setengah lemon.

Peras lemon ke dalam air, parut sebagian kulitnya dan campur dengan air (opsional). Polifenol juga bisa ditemukan pada jeruk nipis, sehingga dapat menjadi pengganti yang bagus untuk lemon jika Anda lebih menyukai rasa jeruk yang lebih lembut.

8.Konsumsi Kunyit

Konsumsi kunyit dengan teratur bisa membantu meningkatkan produksi cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati lalu disimpan di kantong empedu. Hal tersebut membantu dalam pengemulsi lemak dan metabolismenya sehingga bisa mengecilkan perut buncit.

Selain itu, kurkumin pada kunyit bisa menekan pertumbuhan jaringan lemak dan mengatur kadar gula. Konsumsi kunyit juga bisa mencegah resistensi insulin sehingga kelebihan lemak tidak disimpan pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.