8 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat

Read Beauty – Panu di wajah dapat mengganggu penampilan dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi, Anda tidak perlu merasa khawatir jika mengalaminya, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan mengatasi panu di wajah dengan cara mencegahnya agar tidak muncul kembali.

Panu di wajah biasanya ditandai dengan bercak berwarna lebih terang dan lebih gelap dari kulit wajah di sekitarnya. Penyakit kulit ini memang tidak berbahaya dan tidak menular. Namun, keberadaannya akan sangat mengganggu penampilan. Selain di wajah, panu juga dapat muncul di bagian punggung, leher, dada, dan lengan bagian atas.

Kenali Penyebab Panu di Wajah

8 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat

Panu umumnya panu disebabkan karena infeksi jamur Malassezia yang ada di permukaan kulit kemudian berkembang dengan cepat. Selain itu, ada juga beberapa faktor risiko yang bisa memicu munculnya panu pada wajah, yaitu:

  • Cuaca yang panas dan lembap
  • Produksi keringat yang berlebih dan hiperhidrosi
  • Kulit berminyak
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Terjadinya perubahan hormon
  • Pemakain produk perawatan wajah yang kurang tepat

Selain faktor risiko di atas, panu juga bisa dipengaruhi karena faktor genetik sehingga dapat muncul jika mempunyai anggota keluarga dengan riwayat penyakit panu.

8 Cara Menghilangkan Panu di Wajah

8 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat

1. Kunyit

Kunyit bisa digunakan untuk menghilangkan panu di wajah. Kandungan volatile yang dalam kunyit bisa bermanfaat untuk anti inflamasi. Selain itu, kandungan kurkumin yang ada di dalamnya juga antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas penyebab panu.

Cara membuat: Tumbuk sampai halus kunyit dan tempelkan di bagian yang terinfeksi oleh jamur. Kemudian diamkan dalam waktu 15 menit dan bilas sampai bersih memakai air hangat.

2. Lengkuas

Cara menghilangkan panu juga dapat menggunakan lengkuas. Lengkuas memiliki senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang bisa mengatasi jamur dan bakteri.

Cara membuat: Belah lengkuas menjadi beberapa bagian. Kemudian sisi belahan tersebut gosokkan pada area panu. Gosok kulit sampai sedikit memerah dan terasa pedih.

3. Krim dan Sampo Anti Jamur

Krim dan sampo anti jamur adalah obat panu yang umum digunakan. Penggunaan produk ini cukup efektif dalam mengobati infeksi yang disebabkan karena jamur Malassezia.

Pilihlah krim dan sampo anti jamur yang mempunyai kandungan selenium sulfida miconazole, atau clotrimazole. Untuk bisa mengurangi risiko efek samping yang bisa terjadi di kulit, selalu untuk konsultasikan ke dokter lebih dulu sebelum menggunakannya.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai kandungan yang bersifat anti inflamasi dan anti jamur, Kedua kandungan tersebut sangat efektif membantu mencegah pertumbuhan jamur. Lidah buaya juga sangat baik digunakan untuk penyembuhan adanya infeksi kulit yang rusak.

Cara pemakaian: Ambil gel daun lidah buaya lalu oleskan gel pada kulit yang terinfeksi jamur. Tunggu sampai beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih. Anda bisa melakukannya 2 kali sehari dalam beberapa minggu.

5. Bawang Putih

Menghilangkan panu juga di wajah juga bisa memakai bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa anti bakteri yang bisa membunuh jamur dan bakteri di kulit wajah. Memakai bawang putih untuk menghilangkan panu juga bisa Anda gunakan pada bayi.

Cara pemakaian: Potong 1 siung bawang putih. Lalu gosok beberapa menit ke bagian dalam bawang putih yang sudah dipotong ke area yang terinfeksi jamur.

6. Jeruk Nipis

Memakai jeruk nipis juga dapat Anda gunakan untuk bisa menghilangkan panu. Jeruk nipis mempunyai senyawa antioksidan yang bisa berfungsi melindungi tubuh dari adanya radikal bebas. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis juga bisa menjadi anti jamur dan anti bakteri. Kandungan vitamin C yang tinggi merupakan senyawa lain yang bisa membantu Anda untuk bisa membasmi panu.

Cara menggunakannya: Campur jeruk nipis dengan belerang. Hal ini karena belerang bisa membantu membunuh kuman karena memiliki kandungan zat keratolitik. Campur sampai berbentuk krim dan oleskan pada kulit yang terkena panu. Kemudian diamkan sampai kering dan bilas dengan air hangat.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimiliki tea tree oil sangat bermanfaat menghambat penyebaran infeksi.

Cara menggunakannya: Pakai tetesan tea tree oil di area panu. Anda juga bisa mencampurkan tea tree oil dengan minyak zaitun. Biarkan sampai mengering dan bilas menggunakan air hangat.

8. Yoghurt

Cara menghilangkan panu bisa menggunakan yoghurt yang biasa Anda konsumsi. Yoghurt yang digunakan adalah yoghurt polos dan tanpa ada rasa dan pemanis. Kandungan probiotik yang di dalam yoghurt bisa menghambat pertumbuhan jamur.

Cara pemakaian: Oleskan yoghurt di kulit yang terinfeksi jamur atau panu. Diamkan dalam 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mencegah Panu di Wajah

8 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat

Perlu Anda ingat, panu di wajah bisa muncul kembali meski sudah diobati. Untuk bisa mencegahnya datang kembali, sangat penting bagi Anda untuk mencegah faktor pemicu munculnya panu. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya panu di wajah:

  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang bisa memicu produksi minyak yang berlebih.
  • Usahakan untuk selalu berada di ruangan yang kering dan sejuk.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan pakai tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.
  • Bersihkan wajah Anda secara rutin dan keringkan pakai handuk berbahan lembut. Jika wajah Anda sering berkeringat, jangan lupa langsung mengeringkannya agar jamur penyebab munculnya panu tidak mudah tumbuh.

Jika beberapa cara di atas tidak efektif dalam menghilangkan panu di wajah dan bahkan panu menjadi semakin meluas dan tak kunjung membaik, maka Anda harus konsultasikan ke dokter untuk bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.