8 Cara Mengatasi Sakit Bokong Sebelah Kiri Sampai Kaki

Read Beauty – Tidak hanya nyeri punggung, banyak juga orang yang telah mengeluhkan sakit di bagian bokong sebelah kiri. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika sebagian besar waktunya dihabiskan duduk di depan komputer, mengemudi, dan menjahit. Untuk bisa mengatasi kondisinya, Anda hanya perlu tahu penyebab yang mendasarinya. Apa saja penyebab nyeri bokong sebelah kiri?

Penyebab Bokong Sebelah Kiri Terasa Sakit

8 Cara Mengatasi Sakit Bokong Sebelah Kiri Sampai Kaki

Pada dasarnya, bokong Anda memiliki fungsi menjadi bantalan untuk tulang ekor, yaitu tulang yang akan menopang tubuh ketika duduk. Selain itu, bokong juga menjadi tempat untuk bisa menyimpan cadangan lemak.

Adanya masalah di bokong, tentu akan sangat mengganggu jika sedang duduk dan tidur. Padahal, sebagian besar aktivitas Anda sangat mungkin dihabiskan duduk dan tidur.

Di beberapa kasus, nyeri pada bokong bisa berlangsung cepat dengan gejala ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Sebagian kasusnya lainnya bersifat kambuhan dan semakin parah seiring berjalannya waktu. Berikut ini beberapa kondisi yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit di bokong sebelah kiri sampai kaki.

1. Otot Gluteal yang Menegang atau Cedera

Otot gluteal merupakan otot penting yang berfungsi untuk mengatur gerakan pinggul. Aktivitas yang berlebihan, seperti melompat dan berlari juga bisa menyebabkan terjadinya peregangan dan robekan pada otot gluteal. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri di bokong, entah itu di sisi sebelah kiri ataupun kanan.

Rasa nyeri nantinya akan muncul saat berjalan, turun dari tangga, dan duduk. Sering juga muncul saat Anda menggerakan kaki ke belakang. Untuk bisa mengatasi kondisi ini, Anda perlu beristirahat dan menghindari aktivitas yang akan memicu munculnya gejala, contohnya tidak melakukan olahraga lari namun menggantinya dengan berenang.

Selain istirahat yang cukup, rasa nyeri dapat diredakan dengan cara menempelkan kompres air dingin dan minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproksen. Sebelum Anda melakukan aktivitas, kompres bokong yang terasa nyeri memakai air hangat setidaknya dalam waktu 10 menit.

2. Sciatica

Penyebab rasa sakit pada bokong sebelah kiri sampai kaki ini terjadi karena terjepitnya jalur saraf siatik yang akan bercabang dari bagian punggung bawah dengan melalui pinggul, bokong, sampai ke kaki.

Biasanya rasa nyeri akan mempengaruhi satu sisi tubuh, di sisi kiri saja dan bahkan kanan saja. Penyempitan bisa terjadi akibat taji tulang pada tulang belakang yang menekan bagian saraf, dan ujungnya menyebabkan peradangan.

Meskipun rasa sakit yang muncul parah, sebagian besar kasus sciatica dapat sembuh dengan perawatan nonbedah selama beberapa minggu. Rasa sakit yang muncul berawal dari bagian bokong dan menjalar sampai ke area belakang kaki. Terkadang gejala nyerinya diikuti dengan mati rasa, kelemahan otot, dan kesemutan.

Gejalanya bisa memburuk saat bersin, batuk, dan duduk dalam waktu yang lama. Untuk bisa sembuh, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengurangi ketegangan otot, mengatasi peregangan, dan obat anti kejang. Selain itu, injeksi kortikosteroid, terapi fisik, dan operasi mungkin diperlu dilakukan.

3. Ischial bursitis

Penyebab rasa sakit pada bokong sebelah kiri sampai kaki yang selanjutnya adalah bursitis. Kondisi ini biasanya mengarah ke peradangan yang terjadi di kantung yang berisi cairan (bursae). Bursae ini biasanya di sekitar pinggul, siku, lutut, bahu, dan bokong Anda. Bursae di bokong dikenal sebagai bursae iskia.

Jika bursae di area ini mengalami peradangan, kondisinya disebut dengan ischial bursitis. Rasa sakitnya akan muncul saat duduk, berbaring, dan dapat menjalar ke area belakang paha. Terkadang terlihat bengkak dan menjadi kemerahan di area bursae bokong.

Sama seperti peradangan lainnya, ischial bursitis dapat diredakan gejalanya dengan minum obat pereda nyeri golongan NSAID dan istirahat. Kompres dingin juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan diikuti terapi fisik, serta perubahan kebiasaan tertentu yang bisa mempengaruhi postur tubuh.

4. Hernia diskus

Hernia diskus merupakan salah satu penyebab munculnya rasa sakit di bokong sebelah kiri. Kondisi ini akan mengacu pada masalah di salah satu bantalan (cakram) uang yang berada di antara menyusun tulang belakang dan tulang yang menumpuk.

Terjadinya hernia diskus ini bisa di bagian mana pun, Namun pada tulang belakang, yang paling sering menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung bagian bawah. Rasa sakitnya dapat menyebar sampai ke bokong dan betis. Bahkan, kaki juga bisa ikut terasa sakit.

Pengobatan pertama selalu diresepkan dengan obat pereda nyeri, seperti  ibuprofen dan acetaminophen. Jika tidak mempan, dokter akan meresepkan obat lain, seperti obat untuk masalah injeksi kortikosteroid, neuropati, dan obat untuk bisa mengurangi ketegangan otot. Fisioterapi dan operasi bisa diperlukan jika gejalanya parah.

5. Skoliosis

Bokong sebelah kiri yang terasa sakit juga dapat disebabkan karena adanya skoliosis yang parah. Kelainan ini bisa membuat tulang menjadi huruf C atau huruf F. Tanpa melakukan perawatan, skoliosis dapat menyebabkan stenosis tulang belakang (penyempitan di tulang belakang).

Keduanya bisa menyebabkan kompresi (penekanan) saraf pada tulang belakang yang bisa menimbulkan rasa nyeri kesemutan, menusuk, dan mati rasa di bokong sampai kaki.

Untuk mengatasi, penderitanya harus menjalani terapi bracing, yaitu memakai alat penjepit yang dipakai di punggung. Tujuannya adalah agar kelengkungan pada tulang belakang tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Sakit Bokong Sebelah Kiri Sampai Kaki

  • Melakukan stretching atau peregangan yang aman untuk sakit pinggang
  • Pakai korset pinggang
  • Makan makanan yang tinggi kalsium seperti susu, keju dan suplemen kalsium serta vitamin D3
  • Perbaiki posisi tubuh ketika aktivitas, duduk dan posisi tidur yang benar
  • Kompres hangat di pinggang
  • Minum obat pereda nyeri. Contohnya, ibuprofen paracetamol, dan asam mefenamat
  • Bisa menakau teknik akupuntur utntuk bisa meredakan nyeri
  • konsumsi air putih yang cukup

Leave a Reply

Your email address will not be published.