7 Manfaat Totok Wajah Bagi Kesehatan Kulit

Read Beauty – Totok wajah telah dikenal sejak lama sebagai salah satu cara pengobatan tradisional di Cina. Terapi ini telah dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bisa membantu mengobati beragam penyakit. Namun, faktanya totok wajah juga dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Totok atau acupressure ini sering disebut juga dengan akupuntur tanpa memakai jarum. Totok akan melibatkan penekanan di titik-titik tertentu di tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat khusus. Nah, titik tekan tersebut akan tersebar di wajah. Namun, Anda juga harus pahami dulu manfaat dan risiko totok wajah sebelum Anda melakukannya, ya.

Manfaat Melakukan Totok Wajah

7 Manfaat Totok Wajah Bagi Kesehatan Kulit

Berikut ini merupakan beberapa manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan wajah:

1. Mampu Mengatasi Sakit Kepala Ringan

Salah satu cara alami yang bisa mengatasi sakit kepala yaitu dengan melakukan totok wajah. Terapi alternatif ini telah diduga mampu meringankan sakit kepala yang disebabkan karena mata lelah atau sinusitis.

Titik yang ditekan merupakan titik di antara kedua alis biasanya selama satu menit, atau bisa juga untuk menekan kedua sisi pangkal hidung dalam waktu 10 detik.

2. Menghilangkan Stres dan Rasa Cemas

Stres dan rasa cemas yang berlebihan dapat dikurangi dengan melakukan totok wajah. Terapi alternatif ini bisa membantu Anda untuk mengurangi ketegangan otot, melancarkan aliran darah, dan membantu Anda untuk merasa lebih relaks.

Totok wajah juga bisa untuk mengurangi stres yang dilakukan dengan cara memijat titik di antara kedua alis dengan melakukan gerakan melingkar dalam waktu 5–10 menit, atau dengan cara menekan titik di telinga bagian atas dalam waktu dua menit. Ketika mencoba totok wajah di bagian tersebut, lakukan tarik napas dalam lalu embuskan. Kemudian, Atur irama sampai Anda merasa lebih tenang.

3. Membuat Kulit Wajah Menjadi Lebih Bercahaya

Totok wajah juga bermanfaat untuk menstimulasi otot-otot pada wajah dengan membawa oksigen ke area yang berisiko akibat terkena penuaan dini. Kelancaran aliran darah dan oksigen tersebut mampu membuat kulit wajah lebih berenergi, sehingga akan memberikan efek kulit bercahaya yang cerah, sehat dan alami.

4. Mampu memperindah Bentuk Wajah

Beberapa wanita mempunyai bentuk wajah tertentu, misalnya bentuk chubby atau bahkan kurang simetris yang di akibatkan alis tinggi sebelah. Nah, manfaat totok wajah dengan rutin juga bisa meningkatkan tonus otot sekaligus kontur pada wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih simetris dan tirus.

5. Mampu Meningkatkan Detoksifikasi di Kulit Wajah

Setiap hari tanpa Anda sadari terpapar oleh polusi, stres, dan makanan yang kurang sehat. Hal tersebut dapat meningkatkan racun yang juga bisa berdampak langsung ke kulit wajah. Penekanan di titik wajah tertentu bisa membantu Anda meningkatkan drainase limfatik untuk mengeluarkan racun-racun di kulit wajah.

6. Mampu Meredakan Migrain

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa totok wajah juga bisa meredakan sakit kepala kronis yang diakibatkan migrain. Totok wajah juga bisa membantu Anda melancarkan aliran darah di kepala dan wajah, sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

Meskipun demikian, pengobatan migrain juga tetap membutuhkan obat-obatan dari dokter, dan tidak bisa mengandalkan totok wajah saja.

7. Bisa Membuat Kulit Wajah Bercahaya

Memijat area wajah selama tiga kali dalam seminggu dalam waktu 30–60 detik dipercaya dapat membuat kulit wajah Anda menjadi tampak lebih bercahaya dan sehat. Hal ini karena totok wajah bisa memperlancar pengiriman nutrisi dan oksigen ke kulit wajah, meningkatkan aliran darah, serta membantu merangsang pembentukan kolagen pada wajah.

Untuk menghasilkan kulit wajah yang cerah dan merona, titik tekan totok wajah berada di lekukan belakang daun telinga, di antara kedua alis, dan di bagian atas tulang pipi.

Proses Totok Wajah

7 Manfaat Totok Wajah Bagi Kesehatan Kulit

Perawatan kecantikan dengan melakukan totok wajah juga membutuhkan keterampilan tertentu dan wajib dilakukan oleh ahlinya. Praktisi totok wajah dengan menggunakan jemari untuk merangsang titik tekanan di seluruh permukaan wajah.

Berikut ini adalah tahapan totok wajah yang benar dan tepat :

1. Tahap Pertama

Setelah wajah Anda dibersihkan dengan lembut, terapi akan dimulai dengan beberapa pijatan ringan di tubuh agar mengendurkan otot. Terapis harus memastikan Anda merasakan nyaman dengan tingkat tekanan yang akan diberikan.

Pijatan biasanya berfokus di daerah wajah, leher, dan punggung bagian atas. Pijatan tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

2. Tahap Kedua

Selanjutnya adalah melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang akan distimulasi, cara ini telah dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens.

Sama seperti dipijat, terapis akan membagi daerah wajah Anda menjadi kanan dan kiri. Pada fase ini, biasanya terapis akan memberikan krim nutrisi.

Selain itu, sebagian besar titik tekanan yang akan dirangsang selama totok wajah ada di area sekitar alis dan mata, serta tulang pipi, sepanjang sisi dahi, dan dagu. Kemudian, terapis akan mengaplikasikan masker agar meningkatkan kesegaran dan manfaat totok wajah untuk kecantikan menjadi lebih maksimal.

3. Tahap Ketiga

Langkah yang terakhir, terapis akan melakukan pemijatan di beberapa area wajah, seperti area pelipis, alis bagian atas, garis senyum, dan daerah pangkal hidung.

Apakah Totok Wajah Berbahaya?

7 Manfaat Totok Wajah Bagi Kesehatan Kulit

Pada umumnya, totok wajah ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit jika wajah Anda ditekan secara perlahan dan lembut. Namun, sebagian orang akan merasa pusing setelah melakukan totok wajah ini.

Bahkan terkadang, totok wajah juga bisa menimbulkan nyeri atau memar di beberapa titik yang sudah ditekan. Oleh sebab itu, totok wajah tidak boleh dilakukan di atas kulit wajah yang memiliki luka terbuka, memar, atau bagian wajah yang bengkak.

Selain itu, totok wajah juga tidak dapat dilakukan ke semua orang. Mereka yang sedang hamil atau menderita  gangguan pada pembekuan darah, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, patah tulang pada bagian wajah, kanker, dan tekanan darah tinggi harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published.