7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Ada beragam manfaat dari daun sirih cina untuk kulit wajah. Daun sirih cina atau rumpang air adalah tanaman liar yang tumbuh di pekarangan rumah. Daun sirih ini ditanam oleh masyarakat untuk memperindah halaman rumah. Namun selain memperindah bagian rumah daun sirih cina juga disebut sebagai tanaman herbal yang mempunyai segudang manfaat.

Banyak orang yang bertanya tentang perbedaan antara daun sirih cina dan daun sirih biasa. Rupanya, meskipun mempunyai bentuk daun yang nyaris sama, keduanya ini berbeda lho. Dalam bentuk fisik, daun sirih cina mempunyai bentuk daun yang mirip hati dan ujungnya yang berbentuk lebih tumpul dibandingkan dengan daun sirih biasa yang runcing.

Daun sirih cina memiliki bahasa Latin yaitu Peperomia pellucida, sedangkan untuk daun sirih biasa bernama Piper betle. Daun sirih cina ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata daun sirih cina bermanfaat juga untuk wajah lho. Tanaman sirih cina ini mempunyai kandungan senyawa flavonoid, tanin, dan alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

1.Mengecilkan Pori-pori Wajah

7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang pertama adalah bisa mengecilkan pori-pori. Setiap orang mempunyai pori-pori yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Pori-pori bisa mengeluarkan kelenjar minyak yang bisa membuat kulit wajah tetap terjaga kelembapannya.

Namun, ada efek buruk jika Anda mempunyai pori-pori besar, yaitu bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk. Hal tersebut membuat kelenjar minyak menjadi tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat. Kandungan senyawa antiseptik di dalamnya dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya menggunakan rebusan daun sirih cina yaitu rebus lima lembar daun sirih cina dan cuci wajah dengan air tersebut. Lakukan perawatan ini selama dua kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

2.Mengatasi Jerawat

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang berikutnya adalah mampu mengatasi jerawat. Sebab, daun sirih cina mempunyai  efek farmakologi sebagai anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa memanfaatkan daun sirih cina untuk dijadikan sebagai masker alami. Caranya yaitu siapkan tiga sampai dengan lima lembar daun sirih cina kemudian tumbuk sampai halus, tempelkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas menggunakan air biasa.

3.Menghaluskan Kulit Wajah

7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Daun sirih cina juga bisa membantu untuk menghaluskan kulit. Kandungan di dalamnya bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah sehingga kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut.

Untuk mendapatkan kulit yang halus, Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya, haluskan lima lembar daun sirih cina lalu oleskan ke wajah sampai merata. Diamkan dalam 30 menit dan bilas menggunakan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

4.Memudarkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam pada wajah disebabkan karena banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, gen, salah menggunakan sebuah produk skincare, dan lainnya. Flek hitam memang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan. Anda bisa mengatasi masalah flek hitam tersebut menggunakan daun sirih cina.

Caranya yaitu cukup halus lima lembar daun sirih cina dan tambahkan dengan jeruk nipis. Oleskan ke area wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.

5.Mencegah Munculnya Komedo

7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Munculnya komedo di wajah akan sangat mengganggu penampilan. Komedo biasanya akan muncul di beberapa area wajah mulai dari area hidung, pipi, dahi, dan juga dagu. Komedo kebanyakan berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hitam karena teroksidasi oleh debu dan polusi. Selain melakukan perawatan pada klinik, Anda juga bisa mencegah munculnya komedo di wajah.

Caranya yaitu dengan rebus daun sirih cina, lalu setelah dingin air rebusan tersebut basuhkan ke wajah. Dengan demikian, komedo akan melunak dan mudah untuk dibersihkan.

6.Menyembuhkan Bisul di Wajah

Manfaat yang selanjutnya adalah bisa menyembuhkan bisul di wajah. bisul adalah kondisi kulit dimana ada benjolan yang berisi nanah dan terasa sangat nyeri.

Munculnya bisul di wajah biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang memicu peradangan di folikel rambut. Bagian tubuh yang sering terkena bisul yaitu wajah, ketiak, bokong, leher.

Mengatasi masalah bisul dapat menggunakan bahan alami, yaitu dengan ramuan daun sirih cina. Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada daun sirih cina mampu menyembuhkan bisul dengan maksimal.

Caranya yaitu rebus 10 daun sirih cina, kemudian diamkan hingga dingin. Setelah itu ambil kapas dan basahi kapas menggunakan ramuan air daun sirih cina. Kemudian oleskan ke wajah yang ada bisul. Perawatan ini dapat dilakukan dengan rutin setiap malam sampai bisul mereda.

7.Menghilangkan Lingkar Hitam di Area Mata

7 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Wajah

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering dilihat oleh orang. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang fokus untuk melakukan perawatan pada area mata. Sebab, area mata adalah bagian yang paling sering mengalami masalah seperti lingkar mata yang hitam atau mata yang bengkak. Masalah tersebut terjadi akibat kurangnya jam tidur dan juga terlalu banyak stres.

Daun sirih cina mempunyai sifat anti inflamasi dan antibakteri yang mampu membantu menyehatkan mata. Caranya yaitu cuci bersih dua lembar daun sirih, kemudian rendam menggunakan air hangat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu tempelkan daun sirih ke area mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Perawatan ini dapat dilakukan pada setiap malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.