7 Cara Mengecilkan Payudara yang Sehat dan Ampuh

Beberapa wanita mungkin akan lebih merasa percaya diri saat mempunyai payudara yang besar alami. Namun, ada juga sebagian dari mereka yang merasa terganggu karena memicu terjadinya nyeri pada bahu, leher, dan punggung. Ada beberapa gerakan sederhana yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengecilkan payudara. Payudara wanita terbentuk pada dua jaringan. Jaringan pertama yaitu adiposa berisi lemak.

Jaringan kedua yaitu glandular dengan berisi kelenjar ASI. Besar kecilnya ukuran payudara pada seorang wanita disebabkan adanya perubahan pada kedua jaringan tersebut. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perubahan pada kedua jaringan tersebut, adalah kenaikan berat badan, mengalami menstruasi, menyusui, dan kehamilan. Jika berat badan Anda mengalami penurunan, otomatis lemak pada jaringan adiposa juga akan berkurang.

Kondisi tersebut bisa berujung pada mengecilnya ukuran payudara. Selain dalam menurunkan berat badan, lemak pada jaringan adiposa bisa berkurang dengan cara menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh dengan melakukan olahraga yang rutin. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengecilkan payudara:

1.Operasi Mengecilkan Payudara

7 Cara Mengecilkan Payudara yang Sehat dan Ampuh

Operasi mammoplasty bisa menjadi salah satu pilihan cara untuk memperkecil payudara dengan cepat dan ampuh. Melalui operasi ini, dokter akan membedah payudara Anda dan akan mengangkat kelebihan jaringan lemak dan kulit payudara. Cara ini dapat Anda pilih jika Anda mengalami keluhan kesehatan yang akibat ukuran payudara yang terlalu besar, misalnya nyeri pada punggung yang parah dan sesak napas. Selain itu, operasi pengecilan payudara ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan aktivitas seksual Anda.

Menurut studi Journal of Plastic, Recontructive & Aesthetic Sugery wanita yang mempunyai ukuran payudara kecil putingnya akan lebih sensitif terhadap rangsangan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani operasi untuk mengecilkan payudara ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya dokter bedah plastik yang berpengalaman luas dan bersertifikat.

2.Chest binding

Chest binding bisa menjadi cara alternatif untuk mengecilkan payudara yang dapat Anda coba. Cara penggunaannya cukup mirip seperti bedong bayi, yaitu dengan cara melilitkan kain binder dengan mengelilingi payudara sehingga dada akan tampak lebih rata. Tapi, ada beberapa efek kesehatan yang perlu diwaspadai akibat chest binding ini. Melilitkan kain secara ketat di sekeliling dada bisa membuat Anda merasakan sesak dan menghambat jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Selain itu, ada juga risiko terjadinya nyeri punggung dan perubahan bentuk ruas tulang belakang jika Anda terlalu sering menggunakannya dalam waktu yang lama. Sementara itu, lilitan yang terlalu kencang juga bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi, pahamilah risikonya sebelum Anda mencoba cara ini dan sebaiknya minta pertimbangan pada dokter lebih dulu.

3.Mengganti Bra

7 Cara Mengecilkan Payudara yang Sehat dan Ampuh

Bra memang tidak bisa mengecilkan ukuran payudara wanita dengan permanen. Namun, dengan menggunakan bra yang tepat, seperti bra minimizer, bisa membuat payudara Anda terlihat lebih kecil dan tidak terlalu besar. Bra minimizer merupakan salah satu jenis bra yang mampu membuat bentuk payudara terlihat lebih rata. Bra minimizer ini juga dapat terlihat lebih tinggi dari dada serta dapat menjaga payudara tidak kendur. Beberapa bra minimizer juga telah menawarkan tali bra besar sehingga bisa mengurangi nyeri punggung dan leher. Menggunakan bra yang pas dan sesuai untuk ukuran payudara besar bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, percaya diri, dan bisa mengurangi rasa sakit pada punggung dan leher.

4.Menghentikan Pemakaian Alat Kontrasepsi

Estrogen merupakan sebuah hormon yang berperan penting dalam perkembangan dari jaringan payudara. Beberapa orang yang mempunyai masalah ke tidak seimbangan hormon akan berisiko mengalami pembesaran payudara yang berlebih. Ke tidak seimbangan hormon ini bisa terjadi akibat adanya efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi hormonal, Seperti pil KB dalam jangka waktu panjang. Untuk mengecilkan payudara, cobalah untuk berhenti minum obat-obatan tersebut. Namun sebelumnya, Anda pastikan dulu untuk berkonsultasi ke dokter.

5.Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

7 Cara Mengecilkan Payudara yang Sehat dan Ampuh

Di samping melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan yoga, Anda perlu untuk mengatur pola makan yang sehat untuk membantu Anda dalam mengecilkan payudara. Mulailah untuk kurangi makanan yang berlemak dan berminyak, kemudian ganti menggunakan makanan yang bergizi tinggi seperti sayur dan buah-buahan yang segar. Pola makan yang sehat bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan mampu membatasi keinginan Anda untuk ngemil makanan yang berkalori tinggi. Menyantap makanan yang berkalori tinggi bisa menambah timbunan lemak. Hal ini bisa menyebabkan berat badan Anda akan bertambah dan payudara akan semakin besar.

6.Kurangi Berat Badan Agar Tubuh Ideal

Meski tidak berlaku untuk semua wanita, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan ukuran payudara membesar. Oleh karena itu, menjalani diet agar bisa mengurangi berat badan juga menjadi salah satu cara untuk mengecilkan payudara wanita dengan aman dan sehat. Namun, sebelum Anda memulai diet, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter dan ahli gizi terpercaya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rekomendasi pola diet sehat dan terbaik sesuai dengan kebutuhan.

7.Rutin Melakukan Olahraga

7 Cara Mengecilkan Payudara yang Sehat dan Ampuh

Payudara sebagian besar tersusun dari suatu jaringan lemak. Nah, melakukan olahraga juga dapat membantu membakar lemak pada bagian dada sekaligus memperkuat otot di bawah payudara agar ukurannya menjadi lebih kecil. Olahraga yang bisa Anda coba yaitu bersepeda, senam, lari, dan latihan kekuatan seperti push-up. Hal tersebut bertujuan untuk melatih otot dada Anda agar payudara menjadi lebih padat dan menyusut.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga selama 30 menit dengan jumlah frekuensi 4 kali dalam seminggu. Melakukan olahraga dengan teratur juga menjadi cara ampuh untuk mengecilkan payudara yang aman dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.