6 Jenis Treatment Wajah untuk Mempercantik Kulit

Setiap orang ingin mempunyai kulit bersih, sehat, dan bebas dari masalah. Tapi sayang, banyak orang yang tidak mau repot untuk merawat kulit wajahnya sendiri. Padahal, merawat kulit wajah sangat penting untuk semua kalangan agar menjaga kesehatan kulitnya. Berhubung merawat kulit bukan suatu pekerjaan mudah dan butuh kesabaran yang tinggi, mengetahui beragam macam perawatan pada dokter kulit dan manfaatnya adalah hal yang sangat penting.

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan pada kulit wajah, Anda dapat melakukan beragam perawatan pada klinik kecantikan. Di sini, Anda dapat menemukan beragam jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Mulai dari chemical peeling, mikrodermabrasi, suntik botox dan filler, sampai terapi laser.

Beragam jenis perawatan kulit wajah di klinik kecantikan mempunyai cara kerja, fungsi, dan tujuan yang berbeda-beda dan efek sampingnya tersendiri. Selain itu, jenis perawatan kulit yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah masing-masing pasien. Berikut ini adalah treatment wajah di klinik kecantikan diantaranya :

1.Mikrodermabrasi

6 Jenis Treatment Wajah untuk Mempercantik Kulit

Mikrodermabrasi merupakan sebuah prosedur perawatan wajah yang dilakukan dengan mengelupas jaringan kulit dengan menggunakan alat khusus, sehingga sel-sel kulit wajah yang mati akan terangkat. Metode ini bertujuan untuk merangsang pembentukan pada jaringan kulit wajah yang baru dan sehat.

Mikrodermabrasi pada umumnya dilakukan untuk mengatasi pada beberapa masalah pada kulit, kulit kusam, bekas luka, seperti kerutan, dan bintik-bintik atau flek kehitaman akibat penuaan. Prosedur mikrodermabrasi biasanya akan memakan waktu sekitar 20−30 menit. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda mungkin akan membutuhkan perawatan ini sampai beberapa kali, sesuai dengan anjuran dokter.

2.Chemical peeling

Chemical peeling merupakan sebuah perawatan yang dilakukan untuk mengatasi beragam masalah kulit wajah seperti kulit berjerawat,  kusam, bekas luka, keriput, dan garis-garis halus pada wajah.

Prosedur ini biasanya dilakukan dengan cara mengoleskan cairan kimia yang mengandung asam glikolat dan asam trikloroasetat di kulit. Bahan kimia tersebut akan berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit paling luar Anda akan mengelupas. Kulit yang mengelupas akan diganti dengan lapisan kulit baru yang lebih lembut,muda, dan cerah di bawahnya.

Efek samping yang bisa muncul dari perawatan ini yaitu jika pemilihan jenis cairan peelingnya tidak tepat, sehingga bisa menimbulkan kemerahan atau bekas hiperpigmentasi di kulit. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dulu ke dokter atau spesialis kulit sebelum Anda menjalani prosedur ini.

3.Laser Wajah

6 Jenis Treatment Wajah untuk Mempercantik Kulit

Perawatan di dokter kulit ini mungkin tidak asing lagi. Laser sering digunakan untuk meremajakan kulit wajah mengecilkan dan mengencangkan pori atau mengurangi garis kerutan halus, menghilangkan flek atau melasma, mengatasi jerawat meradang, menghilangkan tato, atau mengatasi tanda lahir. Laser akan menghilangkan lapisan kulit mati dengan menggunakan sinar.

Sel-sel kulit baru yang telah terbentuk selama penyembuhan akan membuat permukaan kulit wajah Anda lebih kencang dan awet muda. Prosedur ini sangat populer karena efektivitasnya dan prosedurnya yang bebas sakit. Seperti banyak perawatan pada dokter kulit lainnya, prosedur ini juga akan menimbulkan beberapa efek samping. Meski demikian, efek samping ini biasanya berlangsung sementara dan mudah diatasi seperti kulit memerah, rasa hangat pada kulit, ataupun bengkak.

4.Botox

Treatment di dokter kulit lainnya yang popular sampai saat ini adalah suntik botox. Tidak hanya bagi wanita saja, treatmeent ini banyak digemari oleh pria agar meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri mereka.

Botox juga digunakan dalam dunia kecantikan kulit untuk mengatasi kerutan di wajah, atau perawatan untuk mencegah agar kerutan tidak cepat muncul. Bukan hanya itu, botox juga bisa untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan lainnya, seperti hyperhidrosis, mata kedutan, migrain kronis, mata juling, dan lain sebagainya.

Suntik botox juga wajib dilakukan oleh dokter yang kompeten dan professional untuk menghindari adanya efek samping. Meskipun prosedur ini minim sayatan, bukan berarti botox tidak mempunyai efek samping.

Efek samping yang bisa muncul dari perawatan ini adalah nyeri, kemerahan, dan kebas di daerah suntikkan. Jika prosedur ini tidak dilakukan oleh dokter profesional, Anda dapat mengalami efek samping alis mata turun, ptosis (tidak bisa membuka mata), hingga wajah jadi tidak simetris.

5.Filler wajah

6 Jenis Treatment Wajah untuk Mempercantik Kulit

Filler wajah merupakan salah satu treatment di dokter kulit yang sedang tren. Perawatan ini dilakukan agar mengisi area-area wajah yang mengalami kekosongan seperti pelipis, pipi, kantong mata, atau area tertentu yang ditonjolkan atau dipertegas seperti dagu, hidung, rahang. Filler wajah ini harus dilakukan oleh dokter yang kompeten dan professional, mengingat adanya efek samping yang fatal bisa terjadi jika penyuntikan dilakukan dengan sembarangan.

Dokter akan menyuntikan cairan yang mengandung asam hialuronat ke dalam beberapa bagian wajah yang akan ditonjolkan agar lebih bervolume. Setelah injeksi selesai dilakukan, Anda mungkin akan mengalami kemerahan dan pembengkakan di area yang disuntik.

Filler wajah bisa menimbulkan efek samping lain, seperti granuloma/benjolan pada kulit, kerusakan jaringan kulit, atau sumbatan pembuluh darah yang akan menyebabkan kematian jaringan kulit. Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter kulit dan pertimbangkan semua risiko yang ada sebelum Anda melakukan setiap treatment kulit.

6.Skin Booster

Selanjutnya adalah treatment skin booster yang tergolong masih baru tapi sudah banyak diminati.  Treatment ini dilakukan dengan menyuntikkan HA (Hyaluronic Acid) yang bisa melembapkan dan menghidrasi kulit.

Setelah melakukan treatment kulit akan terasa lebih kenyal, halus, dan lembap sehingga akan tampak lebih sehat. Selain itu, treatment ini juga diklaim bisa memberikan efek glowing di wajah setelah menjalani perawatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.