3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Tidak Mulus, Dijamin Ampuh

Memiliki kulit wajah yang mulus dan bersih tentunya menjadi sesuatu hal yang membuat bahagia bagi setiap wanita. Namun, seringkali berbagai noda dan kerusakan pada kulit wajah yang membuatnya menjadi tampak tidak sempurna.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit wajah, seperti perawatan rutin yang dilakukan di setiap harinya. Tidak hanya itu saja, rutinitas yang dilakukan sehari-hari juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit wajah Anda.

Terkadang wanita yang tidak menyadari aktivitas yang dilakukannya dapat merusak kulit dan menjadi tidak mulus. Melakukan perawatan secara rutin dengan datang ke dokter kulit bisa menjadi cara mudah untuk membuat kulit Anda kembali indah. Namun, cara ini tidak bertahan lama jika masih melakukan aktivitas yang sama yang bisa merusak kulit.

Penyebab Kulit Wajah Tidak Mulus

3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Tidak Mulus, Dijamin Ampuh

1.Pakai Produk yang Tidak Sesuai

Pakailah produk yang sesuai jenis kulit Anda. Jika Anda mempunyai kulit berminyak, pakailah produk yang sesuai dan cocok untuk kulit berminyak, dan untuk jenis kulit berjerawat, kering, dan lainnya. Sangat penting untuk mengetahui jenis kulit wajah sebelum Anda memutuskan membeli produk kecantikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan konsultasi ke dokter spesialis kulit. Disana Anda bisa mengetahui karakter kulit wajah Anda. Selain itu, perhatikan juga produk kecantikan yang akan Anda gunakan, jangan sampai produk tersebut kadaluwarsa karena bisa merusak kulit wajah.

2.Tidak Konsisten

Gunakan produk kecantikan yang membuat kulit wajah Anda menjadi lebih baik secara konsisten. Jika Anda mencoba sebuah produk dan produk tersebut memberikan dampak positif pada kulit wajah, maka gunakan produk tersebut secara konsisten dan jangan mencoba produk lain. Kebanyakan para wanita sering tergoda dengan berbagai jenis produk dengan melalui iklan yang dilihatnya. Biasanya mereka cenderung mencoba berbagai produk dan akan melihat dampaknya pada kulit. Hindari hal ini dan coba untuk konsisten pada satu produk kecantikan saja.

3.Jarang Mencuci Wajah

Setelah melakukan beragam aktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk mencuci wajah Anda pada saat kembali pulang. Wajah yang berkeringat dan terlalu terkena banyak debu di jalan nantinya akan menimbulkan banyak kotoran yang menempel. Mencuci wajah bisa menyingkirkan kumpulan kotoran di permukaan wajah. Jika Anda tidak mencuci wajah setelah beraktivitas maka hal tersebut menyebabkan kulit wajah Anda menjadi tidak mulus.

4.Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Menyentuh wajah terlalu sering dapat menambah kotoran di wajah Anda meningkat. Tangan Anda menyimpan banyak kotoran yang tidak terlihat karena banyak memegang benda. Kotoran yang mengandung bakteri bisa berdampak tidak baik untuk kulit wajah. Anda tidak mungkin mencuci tangan pada setiap akan menyentuh wajah bukan? Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi menyentuh kulit wajah dan jangan terlalu sering.

5.Mengalami Stres Kronis

Salah satu alasan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus adalah bebas dari stres. Kondisi pikiran yang stres dapat menyerang kulit Anda secara internal. Faktor dari dalam akan sangat berpengaruh sangat besar untuk kesehatan kulit. Buat kondisi diri Anda yang santai dan mungkin membutuhkan semacam refreshing agar membuat pikiran Anda menjadi lebih segar.

Cara Mengatasi Kulit Tidak Mulus

3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Tidak Mulus, Dijamin Ampuh

1.Rutin Membersihkan Wajah

Tahukah Anda, kulit wajah dibiarkan kotor akibat makeup atau debu yang menempel juga dapat menyebabkan munculnya jerawat, bruntusan, kulit kering dan kusam. Maka dari itu, melakukan double cleansing dengan rutin adalah suatu cara untuk menghaluskan wajah yang wajib Anda lakukan setiap hari! Lalu, bagaimana tahapan pada double cleansing yang tepat dan benar?

  • Langkah pertama yaitu gunakan pembersih wajah setelah Anda selesai beraktivitas. Anda bisa memilih pembersih wajah yang berbahan dasar susu (milk cleanser), minyak (cleansing oil), dan air (micellar water), sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Hal ini sangat penting untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran yang mampu menyumbat pori-pori di lapisan permukaan kulit wajah.
  • Tahap yang kedua, membersihkan wajah dengan menggunakan facial foam yang menjadi lembut di wajah. Meskipun sudah membersihkan sisa makeup dan kotoran dengan menggunakan pembersih wajah, Anda tetap mencuci muka dengan menggunakan facial foam untuk memastikan seluruh kotoran di wajah benar-benar terangkat dari kulit wajah.

2.Menguapi Wajah Secara Rutin

Cara untuk menghaluskan kulit wajah dengan yang satu ini jarang diketahui  banyak orang, namun ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kulit wajah. Di antaranya yaitu membuka pori-pori untuk menghilangkan kotoran pada wajah menjadi lebih mudah, mampu melancarkan peredaran darah pada wajah, dapat meluruhkan minyak di kulit, dan bantu untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga kulit wajah tetap kenyal dan lembut. Lalu, bagaimana cara untuk menguapi wajah dengan sederhana dan mudah di rumah? Caranya  sangat gampang banget loh :

  • Siapkan air panas di mangkuk atau steamer wajah.
  • Berikan minyak esensial dan rempah-rempah (opsional) untuk memberikan relaksasi ekstra di kulit wajah.
  • Pastikan Anda melakukan double cleansing.
  • Lakukan pose wajah menunduk di atas mangkuk dan tutup kepala dengan menggunakan handuk agar uap bisa terperangkap dengan baik.
  • Lakukan selama kurang lebih 5-10menit.
  • Setelah pori-pori wajah terbuka, lanjutkan dengan mengaplikasikan toner dan moisturizer dengan tujuan untuk menutup pori-pori kembali.

3.Gunakan Pelembap Wajah

Cara menghaluskan kulit wajah yang berikutnya yaitu dengan menggunakan pelembap di setiap hari. Seperti yang Anda tahu, pelembap atau yang dikenal dengan moisturizer mempunyai fungsi untuk mengembalikan protein keratin di wajah, yang dibutuhkan agar kulit wajah tetap lembap, halus dan sehat. Oh iya, pastikan juga Anda memilih produk moisturizer yang sama dengan tipe kulit wajah Anda. Anda bisa menggunakan moisturizer dengan tekstur gel jika kulit wajah Anda berminyak dan kombinasi, serta moisturizer dengan tekstur krim jika Anda mempunyai kulit wajah yang kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.