10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah telah dikenal sejak dulu. Minyak asli mediterania ini telah dibuat dari penggilingan tanaman zaitun dengan adanya kandungan antioksidan dan nutrisi yang cukup tinggi.

Minyak zaitun sangat aman digunakan pada wajah. Sebab bahan alami dan kandungan vitamin E, K, zat besi dan sumber polifenol di dalamnya baik untuk kulit dalam melindungi sel-sel dari kerusakan. Demi memperoleh kesehatan dan kecantikan yang alami, terapkan cara pakai minyak zaitun ini dengan tepat. Sekaligus mencegah berbagai masalah kulit wajah dan kerusakan oleh adanya radikal bebas. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk wajah:

1.Mengencangkan Kulit Wajah

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit WajahManfaat dari minyak zaitun untuk wajah dapat membuat kulit wajah lebih kencang, karena mempunyai kandungan zat linoleic acid.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang tinggi dan ikut membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Langkah mudah pemakaiannya, campurkan minyak zaitun dengan madu. Aplikasikan sebagai masker dan tunggu sampai kering, kemudian dibilas.

Serta dapat membuat masker minyak zaitun dengan campuran lemon. Campurkan 2 sdm minyak zaitun, 1 sendok makan jus lemon, dan sejumput garam. Beri pijatan wajah dan ulangi pemakaian sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

2.Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat dari minyak zaitun untuk wajah yang selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Sebab pori-pori yang besar sering kali mengganggu penampilan dan salah satu penyebab timbulnya masalah kulit wajah lain, seperti kulit berkomedo dan berminyak.

Guna untuk memperoleh manfaat dari minyak zaitun, cukup mengoleskan pada area wajah yang berminyak dan berpori besar. Lakukan secara rutin setelah selesai membersihkan wajah.

3.Menghapus Riasan Pada Wajah

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit WajahManfaat dari minyak zaitun untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai penghapus riasan make up dengan bahan alami. Caranya cukup mudah, gunakanlah minyak zaitun murni setelah selesai menggunakan makeup sehari-hari, cukup dioleskan dan dipijat dengan lembut menggunakan kapas pada wajah.
Setelah selesai dibersihkan dengan minyak zaitun, kemudian bilas menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat. Selain itu juga dapat menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun.

4.Menghaluskan Wajah

Manfaat dari minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah bisa menjadi penghalus kulit alami. Hasilnya akan lebih maksimal apabila dicampur dengan buah pepaya, sebab enzim papain yang terkandung pada buah pepaya akan membantu meregenerasi kulit.

Selain itu terdapat kandungan vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah. Pepaya dapat menjadi sunscreen atau tabir surya yang alami. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat wajah menjadi halus seketika.

Langkahnya sangat mudah, cukup haluskan buah pepaya dan campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dengan merata dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

5.Sebagai Scrub untuk Kulit Kering

Manfaat dari minyak zaitun yang selanjutnya adalah dikhususkan untuk Anda yang mempunyai jenis kulit kering. Minyak zaitun akan melembabkan dan mengatasi kulit gatal yang meradang tipe kulit bersisik ataupun kering.

Sebaiknya Anda menggunakan scrub wajah alami dengan racikan minyak zaitun dan garam laut. Campurkan 3 sdm zaitun murni dengan 5 sdt garam laut.

Kemudian, pijat dengan lembut pada area sisi hidung dan bagian wajah lain yang kering. Campuran garam dan minyak akan dapat membantu mengelupas kulit kering, serta dapat meningkatkan kelembaban wajah Anda.

6.Melembabkan Wajah

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit WajahManfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah untuk melembabkan kulit. Karena mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat memelihara kesehatan kulit dan mampu membantu mengurangi keriput pada wajah.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Minyak zaitun ini juga mudah meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.

7.Menghilangkan Tanda Bekas Jerawat

Ketika melakukan perawatan kulit profesional telah bertebaran di berbagai tempat, Anda juga masih bisa mengobati bekas jerawat Anda di rumah menggunakan perawatan sederhana. Caranya cukup mudah hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit wajah, kemudian gunakan jari Anda untuk memijat kulit dan membantu penyerapan yang lebih baik. Ada catatan ketika menggunakannya di wajah. Minyak ini bisa diterapkan ke kulit sekitar lima sampai sepuluh menit, tapi jangan sampai meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

8.Menumbuhkan Bulu Mata

Minyak zaitun ini kaya akan asam lemak esensial yang bertindak sebagai emolien untuk melembabkan, menumbuhkan, dan melembutkan bulu mata Anda. Cara termudah untuk mengoleskan minyak zaitun yaitu dengan menggunakan sikat bulu mata yang telah dibalur dengan minyak kemudian sapukan ke bulu mata Anda.

9.Mempertebal Alis

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit WajahMinyak zaitun bisa bermanfaat untuk alis karena telah mengandung asam lemak serta vitamin E dan K, yang semuanya dapat berfungsi untuk menebalkan, melembabkan, memperbaiki, melembutkan, dan melindungi alis. Vitamin A dan E juga bisa membantu rambut alis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih tebal serta dapat membantu membuatnya tetap gelap. Untuk menggunakan minyak zaitun, cukup oleskan minyak pada alis dan pijat dengan lembut selama 5 menit sebelum tidur.

10.Melembutkan Bibir

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, minyak zaitun mempunyai zat antioksidan, vitamin E, dan squalene yang baik untuk melembutkan serta menangkal radikal bebas. Manfaat dari minyak zaitun bisa dirasakan juga untuk perawatan bibir. Gunakan minyak zaitun murni untuk melindungi bibir dari kekeringan atau bibir pecah-pecah. Oleskan minyak zaitun dengan secukupnya pada bibir Anda setiap kali terasa kering, gunakan pada malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.