10 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi Vagina Gatal

Gatal di area kewanitaan dapat mengganggu keseharian. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan terjadi dengan berkelanjutan dan perlu untuk diatasi dengan cara yang benar dan tepat. Pasalnya, gatal pada area vagina bisa terjadi akibat berbagai kondisi, seperti penyakit menular seksual (PMS), iritasi, infeksi jamur, paparan bahan kimia, dan lain sebagainya.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan berlebihan, karena sebagian dari adanya penyebab vagina gatal tersebut dapat diatasi dengan cara alami. Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi vagina gatal :

1.Mandi dengan Air Hangat

10 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi Vagina GatalHentikan penggunaan sabun dengan mengandung parfum ataupun sabun pembersih vagina. Selain itu, disarankan Anda untuk mandi dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 10 menit. Air hangat dapat meringankan rasa gatal yang muncul pada area vagina.

2.Mandi dengan Air Baking Soda

Faktanya, baking soda ini mempunyai sifat anti jamur. Jadi, baking soda ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati rasa gatal di daerah kewanitaan dengan cara alami. Jika Anda sudah mencoba menggunakan mandi air hangat namun rasa gatal pada area vagina tidak kunjung mereda, coba untuk campurkan sekitar kurang lebih 3 sendok makan baking soda ke dalam bak mandi. Kemudian, mandilah dengan menggunakan air tersebut. Baking soda juga diyakini dapat meredakan gatal pada vagina, termasuk hal yang disebabkan oleh infeksi jamur.

3.Gunakan Pakaian yang Terbuat dari Katun

Penggunaan pakaian dalam dengan berbahan katun bisa meningkatkan sirkulasi udara dalam area vagina, sehingga akan membuatnya lebih nyaman. Selain itu, pakaian dalam dengan berbahan katun juga bisa mencegah terjadinya infeksi jamur pada area vagina.

4.Konsumsi Makanan dengan Mengandung Probiotik

10 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi Vagina Gatal

Keseimbangan adanya bakteri baik dan jahat pada area vagina akan sangat berpengaruh pada kesehatan vagina. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt dan kimchi bisa meningkatkan jumlah bakteri baik pada area vagina. Hal tersebut bisa mencegah dan bahkan mampu mengatasi penyebab vagina gatal.

5.Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah menjadi salah satu pilihan obat alami untuk vagina gatal. Minyak kelapa mempunyai efek sebagai pelembap pada kulit yang kering dan juga meredakan gatal. Sementara itu, minyak kelapa juga mempunyai efek antimikroba dan antibakteria.

Penggunaan minyak kelapa cuku aman, karena mengingat minyak kelapa ini merupakan bahan alami. Namun, lebih baik Anda lakukan dahulu uji alergi sebelum Anda mengoleskan minyak kelapa pada area Miss V yang gatal. Oleskan sedikit minyak pada lengan dalam tangan atau pada belakang telinga Anda.

Jika tidak muncul tanda kemerahan, gatal, ataupun tanda-tanda iritasi dalam 24 jam pertama, maka minyak kelapa bisa untuk Anda coba gunakan untuk mengatasi gatal vagina.

6.Mengganti Pakaian Dalam Secara Berkala

Apabila Anda termasuk orang yang mudah untuk berkeringat, cobalah untuk mengganti pakaian dalam Anda pada setiap beberapa jam sekali. Hal ini cukup penting dilakukan, apalagi jika keluhan vagina gatal telah terlanjur terjadi pada area miss V Anda.

Selain itu, Anda juga jangan sampai menggunakan pakaian dalam yang sama dalam berkali-kali. Khususnya jika pakaian dalam tersebut belum dicuci bersih. Celana dalam yang telah digunakan selama berkali-kali tanpa dicuci merupakan suatu media pertumbuhan bakteri jahat.

Bakteri-bakteri tersebut nantinya akan menyebabkan rasa gatal-gatal pada area vagina, serta akan menyebabkan munculnya aroma yang tidak sedap dari organ kewanitaan.

7.Pertimbangkan Penggunaan Pembalut Anda

10 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi Vagina Gatal

Anda juga harus hati-hati dalam penggunaan pembalut. Pembalut yang sudah terlalu lama digunakan atau jarang diganti akan menjadi sarang dari tumbuhnya bakteri dan jamur yang dapat memicu gatal pada area Miss V.

Selain itu, beberapa produk pembalut yang mengandung pewangi juga bisa memicu timbulnya iritasi. Untuk itu, pastikan bahwa Anda telah mengganti pembalut dengan berkala dan memilih pembalut yang bebas dari pewangi.

8.Tidak Menggunakan Celana Dalam yang Ketat

Pemakaian celana dalam yang ketat juga sebaiknya perlu dihindari karena dapat membuat sirkulasi udara pada area vagina menjadi terhambat. Anda dapat memilih celana dalam dengan terbuat dari bahan katun yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi udara pada area vagina.

Apabila Anda terpaksa menggunakan celana yang ketat, cobalah untuk sediakan satu celana dalam cadangan di dalam tas. Hal ini agar Anda dapat segera mengganti ketika celana dalam yang digunakan sudah banyak terpapar keringat atau lembap.

9.Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara untuk menghilangkan rasa gatal pada area kemaluan wanita dengan alami tidak hanya menggunakan air hangat saja. Anda juga dapat memanfaatkan air dingin untuk mengompres area yang terasa gatal.

Basahi kain dengan keadaan bersih menggunakan air es, kemudian kompres di sekitar vagina Anda. Jika Anda menggunakan es batu, pastikan bahwa Anda membalutnya menggunakan kain. Hindari untuk menempelkan es langsung pada kulit, karena bisa saja akan menimbulkan iritasi.

10.Menambahkan Outmeal Dalam Air Mandi

10 Cara Mudah dan Ampuh Untuk Mengatasi Vagina Gatal

Dengan menambahkan oatmeal dalam air mandi Anda juga akan menjadi salah satu cara alami mengatasi gatal pada Miss V. Kandungan dalam oatmeal dapat membantu untuk mengurangi peradangan, sehingga akan meredakan keluhan gatal pada area vagina yang mengganggu.

Anda dapat menggunakan colloidal oatmeal, yang merupakan oatmeal yang telah dihaluskan, sehingga cukup mudah untuk dicampur dengan air dan digunakan. Campurkan 1 sampai 2 sendok makan bubuk oatmeal yang sudah halus, larutkan ke dalam air hangat, rendam kira-kira dalam waktu 20 menit, kemudian oleskan secara perlahan pada area luar vagina yang terasa gatal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.